SELEBRITI
9 Agustus 2019

Uki Keluar dari NOAH, Ini 6 Personel Band yang Juga Memutuskan Hengkang

Keluarnya Is dari Payung Teduh karena merasa tidak satu visi lagu dengan personel lainnya

Sumber: instagram.com/uki_kautsar

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Uki Kautsar memberikan pengumuman yang menggemparkan pecinta musik Indonesia, khususnya NOAH, karena ia memutuskan untuk hengkang dari band-nya tersebut.

Uki mengumumkan dirinya yang mundur dari NOAH melalui unggahan di Instagram. Ia mengetik beberapa paragraf yang menceritakan dirinya diajak oleh Ariel, sahabatnya sejak SMP, masuk menjadi anggota band Peterpan.

Kisah Uki berlanjut ketika nama Peterpan dikenal luas, sampai memutuskan untuk mengganti nama NOAH. Ia pun juga turut mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang membesarkan namanya.

Dalam tulisan tersebut, Uki memang tidak menjelaskan alasan pasti mengapa ia keluar. Namun ia mengatakan kini tujuan hidupnya sudah berubah.

"Sudah 20 tahun lebih saya sudah bergelut di sini dengan niat ingin menjadi musisi yang sukses, begitulah doa saya ketika kecil. Semua itu sudah terwujud dan sudah cukup satu goal dalam hidup saya sudah tercapai," tulis Uki.

"Sekarang, rambut saya sebagian sudah mulai memutih, pengalaman hidup bertambah dan pengetahuan pun harus bertambah, maka tujuan hidup pun mulai berubah. Semua yang sudah terjadi saya sangat syukuri karena membawa kepada diri saya yang sekarang," lanjutnya.

Tidak hanya Uki dan NOAH, setiap band membangun karier mereka dengan cara yang berbeda-beda, dan kekompakkan mereka jadi salah satu kunci keberhasilan untuk menjadi band yang dikenal masyarakat luas.

Sayangnya, karena satu dan lain hal, setelah sekian tahun bersama beberapa personel band berikut ini juga memutuskan untuk hengkang dari band mereka.

Baca Juga: Anak Anji Didiagnosis Autism Spectrum Disorder, Apa Penyebab dan Gejalanya?

1. Anji Keluar dari Drive Band

keluar dari band-.jpg

Foto: instagram.com/duniamanji

Drive Band merupakan band yang berdiri pada tahun 2003. Lagu "Bersama Bintang" menjadi sebuah single yang mengangkat Drive Band, terutama Anji.

Karena lagu ini, Drive langsung terkenal hingga mereka sanggup membuat tiga album, sampai akhirnya pada tahun 2010, Anji memilih hengkang karena ingin bersolo karier.

Lagu "Dan Ternyata Cinta" merupakan karya Anji yang langsung laris dan laku di pasaran. Kini, Anji masih memfokuskan diri bersolo karier juga membuat konten di kanal YouTube pribadinya.

2. Donnie Sibarani Keluar dari ADA Band

keluar dari band-3.jpg

Foto: instagram.com/donniesibarani

Vokali ADA Band, Donnie Sibarani, juga memutuskan keluar dari band yang terbentuk pada 2003 itu. Keputusan Donnie mundur disampaikan oleh pemain bas ADA Band, Suriandika Satjadibrata.

Menurut Suriandika, keputusan Donnie mundur disebabkan kesibukannya dengan kegiatan keagamaan. Ia bahkan sudah tak mengisi posisi vokalis ADA Band sejak November 2017.

"Donnie lebih religius sekarang. Jadwal bermusik kami sering berseberangan," kata Suriandika, mengutip Tribun Seleb.

Baca Juga: Kompak Mendalami Agama, 7 Pasangan Artis Ini Hijrah Bersama

3. Charly van Houten Keluar dari ST12

keluar dari band-4.jpg

Foto: kapanagi.com

ST12 merupakan band yang terbentuk tahun 2004, band ini memiliki perjalanan karier yang menjulang tinggi, mengingat awalnya band ini berasal dari jalanan.

Ia pun merilis lagu-lagu yang dikenal masyarakat Indonesia, sebut saja seperti "PUSPA", "Rasa yang Tertinggal", "Aku Tak Sanggup Lagi" beberapanya.

Namun, di tahun 2011 sang vokalis, Charly van Houten memilih mundur dari band dan digantikan posisinya oleh Ridho. Sayangnya, pergantian vokalis ini membuat karier ST12 semakin meredup.

4. Sammy Keluar dari Kerispatih Karena Kasus Narkoba

keluar dari band-5.jpg

Foto: instagram.com/sammysimorangkir

Kerispatih menjadi salah satu band yang terkenal akan lagu-lagu patah hati, penuh romantis, dan galau. Hal ini yang membuat banyak penggemarnya berasal dari kalangan remaja dan dewasa muda.

Berdiri dari tahun 2003, band Kerispatih harus mengalami cobaan karena sang vokalis, Sammy Simorangkir, tersandung kasus narkoba pada 2010 dan keluar dari band.

Meskipun posisi Sammy sudah digantikan oleh Fandy. Sayangnya, band Kerispatih sulit untuk kembali terkenal seperti dulu.

Baca Juga: Berusia 9 Bulan, Ini Potret Menggemaskan Anak Sammy Simorangkir dan Viviane

5. Giring Vakum dari Nidji Band

keluar dari band-6.jpg

Foto: instagram.com/giring

Giring Ganesha merupakan vokalis yang terkenal lincah saat menyanyikan lagu-lagu dari band Nidji. Namun, ia mengatakan dirinya ingin istirahat dari band.

Diakui Giring bahwa ia ingin fokus menjalankan perusahaan kincir miliknya, dan masuk ke dunia politik.

“Gue sudah bicarain lama. Udah bilang ingin vakum buat kincir dan sekarang pilihan untuk berpolitik,” kata Giring mengutip Jawa Pos.

Beruntung, rekan personel Nidji lainnya mendukung langkah Giring, dan ia juga mendapat respon yang baik terkait keputusan vakumnya tersebut.

6. Mohammad Istiqamah Djamad (Is) Keluar dari Payung Teduh

keluar dari band-7.jpg

Foto: instagram.com/pusakata

Pada November 2017, kabar mengejutkan datang dari vokalis band Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad atau akrab disapa Is.

Pasalnya, Payung Teduh kala itu sedang menikmati masa kejayaannya sebagai band indie yang dikenal oleh kalangan anak muda di Indonesia.

“Petualangan dengan Payung akan berakhir di 2018, saya yang mundur sih. Tetapi mereka tetap berjalan. Maksud gue mereka tetap jalan, tanpa gue,” kata Is, mengutip Jawa Pos.

Menurut Is, langkah ini ia ambil karena ia merasa sudah tidak memiliki visi yang sama dengan personel Payung Teduh lainnya.

“Saya merasa Payung Teduh sudah kehilangan spirit berkarya,” imbuh Is mengutip Jawa Pos.

Itu dia, personel band Indonesia yang keluar dari band yang telah membesarkan nama mereka.

Artikel Terkait