GAYA HIDUP
27 September 2019

Vitamin-Vitamin Ini Larut dalam Lemak. Ketahui Ragam Manfaatnya

Tak hanya baik untuk Si Kecil, Moms dan Dads juga membutuhkan vitamin-vitamin berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Vitamin adalah zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik Si Kecil, Moms, dan Dads membutuhkannya agar tetap fit menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, sayangnya banyak sekali yang mengabaikan pemenuhan asupan zat gizi yang satu ini.

Vitamin sendiri terbagi menjadi dua, yaitu yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air ialah vitamin C dan B kompleks, sedangkan yang larut dalam lemak adalah A, D, E, K.

Apa sih yang dimaksud dengan vitamin yang larut dalam lemak? Maksudnya jenis vitamin yang larut dalam lemak ini adalah yang paling banyak terdapat dalam makanan berlemak tinggi dan akan jauh lebih baik diserap ke dalam aliran darah ketika memakannya dengan lemak.

Lalu apa saja yang termasuk ke dalam daftar vitamin yang larut dalam lemak dan manfaatnya? Cek di bawah ini!

Vitamin A

vitamin, vitamin a, kesehatan

Foto: medicalnewstoday.com

Seperti yang kita tahu vitamin A sangat berperan untuk menjaga penglihatan tetap jernih. Vitamin A sendiri bukanlah senyawa tunggal, tetapi sekelompok senyawa yang dikenal dengan retinoid. Bentuknya yang paling umum adalah retinol.

Apa saja yang bisa dikerjakannya di dalam tubuh? Melindungi mata dari kebutaan di malam hari dan penurunan kualitas penglihatan karena usia, menurunkan risiko kanker, memperkuat sistem imun di dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, mengurangi risiko berjerawat, mendukung kesehatan tulang, meningkatkan kesuburan dan reproduksi.

Vitamin D

vitamin, vitamin D, kesehatan

Foto: jacksonsun.com

Vitamin D diperlukan untuk pembentukan massa tulang sehingga menjadi lebih kuat. Vitamin D umumnya bisa didapatkan dengan mudah saat terpapar sinar matahari pagi. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti salmon, sarden, minyak ikan kod, tuna, kerang, udang, jamur, dan kuning telur.

Jika Moms dan Dads mengalami kekurangan vitamin D, maka salah satu yang kerap terjadi adalah mudah lelah yang tak bisa hilang meski sudah tidur yang cukup.

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan keletihan dan gangguan tidur," kata Catherine G. R. Jackson, PhD, profesor kinesiologi dan ilmu olahraga dari California State University, Amerika Serikat..

Baca juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Vitamin E

vitamin, vitamin E, kesehatan

Foto: hsph.harvard.edu

Moms pasti sangat familiar dengan vitamin yang satu ini. Salah satu khasiatnya adalah memberikan nutrisi bagi kulit agar tampak lebih cerah dan sehat. Itu benar karena salah satu peran utama vitamin E adalah sebagai nutrisi yang kaya akan antioksidan.

Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel dalam tubuh, melawan infeksi, membantu memproduksi hormon, juga melindungi penglihatan.

"Vitamin E dapat melindungi sel dari kerusakan dan membantu dalam menurunkan risiko masalah kesehatan dari penyakit jantung, kanker, bahkan mungkin demensia," kata Elizabeth Somer, seorang ahli gizi dan juga penulis The Essential Guide to Vitamins and Minerals.

Baca juga: Apakah Vitamin E Membantu Cepat Hamil?

Vitamin K

vitamin, vitamin K, kesehatan

Foto: openfit.com

Tubuh kita membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protrombin, sebuah protein dan faktor pembekuan yang penting dalam proses pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Walau kekurangan vitamin K jarang terjadi, tetapi dalam kasus yang parah hal ini bisa membuat proses pembekuan darah menjadi lama. Akibatnya, penderita akan mengalami perdarahan yang berlebihan.

Vitamin K bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale, sawi, brokoli, kembang kol, dan natto (kedelai yang difermentasi).

Baca juga: 5 Tips Jitu Memilih Suplemen Vitamin Untuk Anak

Pastikan manfaat dari vitamin-vitamin di atas terpenuhi setiap hari. Dengan demikian Moms dan Dads akan terhindar dari paparan penyakit di musim apa pun.

(ERN/KM)

Artikel Terkait