TRIMESTER 2
23 Juni 2019

Wajib Tahu, Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Gigi Ibu Hamil

Kapan waktu yang tepat untuk ibu hamil memeriksakan kesehatan mulut dan giginya? Ini penjelasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Sejak usia dini, penting untuk memeriksa kesehatan mulut dan gigi. Bahkan disarankan untuk ke dokter gigi sejak tumbuh gigi pertama kali dan rutin untuk melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan sekali.

Hal tersebut sebagai tindakan preventif mencegah infeksi yang terjadi pada rongga mulut dan gigi. Pasalnya masalah pada gigi dan mulut dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya sehingga harus ditangani sedini mungkin.

Ternyata, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga wajib dilakukan oleh ibu yang tengah menjalani masa kehamilan. Perawatan gigi ibu hamil aman dan sangat dianjurkan. Tentunya selain itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan rutin menggosok gigi setiap hari.

Mengapa perawatan gigi ibu hamil menjadi penting? Alasannya, ibu hamil erat kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi begitu cepat. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi kondisi tubuh ibu hamil, termasuk kondisi area mulut dan giginya.

“Gusi mudah membengkak dan berdarah serta area gigi rentan terkena infeksi menjadi alasan ibu hamil harus melakukan perawatan gigi. Tindakan ini agar mencegah infeksi rongga mulut yang dapat mengakibatkan kontraksi pada kehamilan. Kondisi ini bisa memicu kelahiran secara dini,” ungkap seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Perawatan gigi ibu hamil yang dimaksud dengan tujuan untuk menjaga kesehatan area mulut dan gigi, bukan untuk menunjang kecantikan. Jadi, kalau perawatan estetika gigi seperti pemutihan gigi dan perawatan kosmetik gigi sebaiknya tidak dilakukan dulu sampai masa persalinan tiba.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi ibu hamil dan perawatan apa saja yang dilakukan? Ini ulasannya.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Seputar Cara Merawat Gigi Bayi dan Jawabannya

Waktu Terbaik Lakukan Perawatan Gigi Ibu Hamil

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Gigi Ibu Hamil 01.jpg

Foto: gettyimages.com

Menurut drg. Anissa, waktu terbaik bagi ibu hamil untuk melakukan perawatan gigi adalah trimester kedua kehamilan atau ketika usia kehamilan 14-26 minggu. Hal ini memiliki alasan tersendiri, Moms.

“Usia kehamilan trimester kedua menjadi waktu terbaik untuk periksa gigi. Karena memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dengan waktu yang lama membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman,” ujar dokter yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat dan Klinik Gigi Griya Gigi Sehat Sabhrina ini.

Namun, untuk melakukan tindakan perawatan gigi seperti tindakan bedah sebaiknya ditunda hingga proses persalinan agar mengurangi risiko terhadap kesehatan janin di kandungan.

Baca Juga: Sering Konsumsi Makanan Manis, Berbahayakah untuk Kesehatan Gigi Anak?

Utamakan Kenyamanan pada Ibu Hamil

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Gigi Ibu Hamil 02.jpg

Foto: gettyimages.com

Ibu hamil yang melakukan perawatan gigi harus mengutamakan kenyamanan dirinya dan juga janin dalam kandungan. Seperti contohnya, pada posisi duduk, usahakan duduk dengan nyaman dan jangan duduk dalam posisi menyilang selama di dental chair.

Moms juga bisa membawa bantal kecil untuk menopang tubuh saat melakukan perawatan gigi ibu hamil. Terpenting adalah buat diri Moms merasa nyaman selama perawatan gigi berlangsung. Perawatan gigi selama kehamilan juga dapat disesuaikan dengan usia kehamilan, jadi pastikan Moms memberitahu usia kehamilan saat berkonsultasi dengan dokter.

Penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi selama kehamilan. Selain rutin berkonsultasi ke dokter gigi dan menggosok gigi menggunakan pasta dengan fluoride dua kali sehari, Moms juga dapat menggunakan dental floss. Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi agar memiliki gizi seimbang dan bukan pemicu gigi berlubang atau karang gigi.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Siwak Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Itulah serba-serbi yang bisa Moms ketahui tentang perawatan gigi ibu hamil. Apa Moms tertarik?

(DG)

Artikel Terkait