BALITA DAN ANAK
5 Juli 2019

Yuk Cari Tahu Syarat Sarapan Sehat untuk Anak!

Jangan asal kenyang, ini syarat sarapan sehat untuk anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di pagi hari yang sibuk, menyiapkan sarapan sehat untuk Si Kecil memang jadi tugas yang menantang untuk Moms. Tapi, Si Kecil tetap harus mendapat asupan gizi terbaik di pagi hari, sebagai bekalnya menghadapi hari. Jadi, tak boleh asal menyiapkan sarapan untuknya.

"Memberi makan anak-anak Anda sarapan sehat sama artinya memberi otak mereka nutrisi yang mereka butuhkan," kata Kristi King, M.P.H., R.D., ahli diet anak di Rumah Sakit Anak Texas.

"Memastikan mereka makan dengan baik di pagi hari, dapat membantu kesuksesan mereka," katanya lagi.

Sejumlah penelitian telah memperkuat manfaat sarapan sehat untuk anak-anak. Sebuah analisis tahun 2013 terhadap 36 studi, yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience, menemukan bahwa anak yang sarapan secara teratur lebih cenderung menunjukkan konsentrasi yang lebih tinggi, kewaspadaan, dan perilaku yang baik saat sekolah.

Dalam consumerreports.org juga dijabarkan bahwa sarapan secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan prestasi sekolah, termasuk nilai yang lebih baik.

Studi lain juga menemukan bahwa anak-anak yang secara rutin sarapan cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan, dan kecil kemungkinannya mengalami kelebihan berat badan.

Dengan deretan manfaat sarapan yang begitu baik untuk Si Kecil, hal-hal apa yang harus Moms perhatikan saat menyedikan sarapan? Yuk cari tahu syarat sarapan sehat untuk anak di bawah ini!

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

1. Penuhi Protein dan Serat Tanpa Lemak

Ini Syarat Sarapan Sehat untuk Anak 1.jpg

Foto: verywellfamily.com

Syarat sarapan sehat untuk anak yang pertama adalah memenuhi protein dan serat tanpa lemak. Menurut King, kombinasi ini akan membantu Si Kecil merasa kenyang dan membantu mempertahankan kadar gula darah sehingga ia dapat berkonsentrasi lebih baik dan memiliki lebih banyak energi.

Sumber protein yang baik termasuk yogurt, kacang-kacangan atau biji-bijian, telur, dan keju rendah lemak. Untuk serat, pilih buah-buahan dan sayuran, serta roti gandum, oatmeal, atau sereal gandum.

2. Hindari Makanan yang Kaya Gula

Ini Syarat Sarapan Sehat untuk Anak 2.jpg

Foto: verywellfamily.com

Syarat sarapan sehat untuk anak yang selanjutnya adalah menghindari makanan yang kaya gula. Ini termasuk sereal manis, roti cokelat, dan kue-kue. Jika Moms ingin memberinya sereal untuk sarapan, cari sereal yang dibuat dari biji-bijian utuh dan tanpa gula tambahan. Kalaupun ada gula tambahan, sebaiknya tidak lebih dari 8 gram per sajian.

"Gula yang ditambahkan akan berkontribusi pada lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat memengaruhi konsentrasi," kata King. Jika Moms perlu menambahkan rasa manis pada sereal atau yogurt polos, campurkan potongan buah segar alih-alih menambahkan gula.

Baca Juga: Ini 5 Tips untuk Membuat Anak Mau Sarapan

3. Jangan Terburu-Buru

Ini Syarat Sarapan Sehat untuk Anak 3.jpg

Foto: consumerreports.org

Syarat sarapan sehat untuk anak yang selanjutnya adalah jangan terburu-buru. Jangan biarkan Si Kecil sarapan dengan terburu-buru. Selain hanya akan merusak mood pagi harinya, sarapan terburu-buru akan membuat Si Kecil menjadi malas sarapan di hari berikutnya.

"Jika Anda punya waktu selama di malam hari, masak dan bekukan makanan yang bisa Anda panaskan di microwave keesokan paginya," kata Toby Amidor, R.D., penulis "Smart Meal Prep for Beginners."

Beberapa makanan yang bisa Moms buat di malam hari, misalnya muffin, pancake, atau smoothie. Moms juga bisa menyiapkan aneka topping seperti potongan buah, untuk dicampur ke atas pancake atau smoothie.

4. Gizi Seimbang

Ini Syarat Sarapan Sehat untuk Anak 4.jpg

Foto: todaysparent.com

Syarat sarapan sehat untuk anak yang selanjutnya adalah gizi seimbang. Pastikan sarapan Si Kecil mengandung karbohidrat, protein, dan serat dalam komposisi seimbang. Karbohidrat merupakan sumber energi yang baik, terutama untuk kinerja otak.

Sedangkan protein dibutuhkan untuk tumbuh kembang dan sumber energi. Serat dapat membantu perasaan kenyang lebih lama, membantu memperlancar sistem pencernaan, dan mencegah sembelit.

Karbohidrat bisa Moms dapatkan di sereal gandum utuh, beras merah, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran. Sedangkan sumber protein terdapat pada produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

Adapun sumber serat terdapat pada roti gandum utuh, sereal, beras merah, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Anak yang Sarapan Punya Prestasi Lebih Baik, Ini Penjelasan Ahli!

Nah, itulah syarat sarapan sehat untuk anak. Selamat menyiapkan sarapan sehat untuk Si Kecil, ya, Moms.

(VAN)

Artikel Terkait