BALITA DAN ANAK
25 November 2019

3 Cara Agar Pencernaan Anak Tetap Sehat, Tengok di Sini!

Makan makanan berserat, namun tidak cukup air, tetap bisa menimbulkan masalah pencernaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjaga pencernaan anak tetap sehat bisa dilakukan dengan cara-cara yang cukup mudah.

Sistem pencernaan, atau usus, adalah sistem kompleks yang dimulai di mulut dengan memecah makanan dan berakhir di anus, di mana kotoran dan sisa makanan dikeluarkan.

Sepanjang jalan, kerongkongan, lambung, usus kecil, pankreas, hati, kantong empedu, usus besar (usus besar) dan rektum bekerja bersama untuk mengolah makanan dan mengubahnya menjadi nutrisi yang dibutuhkan setiap sel dalam tubuh anak untuk bekerja dengan baik.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Tetapi sistem pencernaan anak melakukan lebih dari sekedar mencerna makanan. Faktanya, 70 persen dari sistem kekebalan tubuh hidup dalam sistem pencernaan, menjadikan pencernaan yang baik sebagai bagian penting dari kesehatan anak. Makanya anak perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bisa menjaga pencernaan anak tetap sehat.

“Jika anak kehilangan satu atau lebih hal-hal yang penting bagi pencernaannya, mereka akan mengalami beberapa masalah pencernaan," kata Louise Goldberg, pemilik Konsultasi Nutrisi An Apple A Day di Houston, Texas, dan sebelumnya ahli gizi di Children's Memorial Hermann Hospital di Houston Medical Center.

Lalu bagaimana cara tepat menjaga sistem pencernaan anak tetap sehat? Simak di bawah ini.

1. Makan Makanan Berserat Tinggi

pencernaan anak tetap sehat

Mari mulai dengan memberikan anak makanan berserat. Organisasi kesehatan terkemuka merekomendasikan bahwa anak-anak dan orang dewasa harus mendapatkan sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang mereka makan.

Baca Juga: 4 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Diderita Bayi

Biasanya berarti bahwa anak-anak usia 1-3 harus mendapatkan sekitar 19 gram serat per hari, dan anak-anak usia 4-8 harus makan sekitar 25 gram serat setiap hari.

Moms bisa mulai dengan memberikan anak makan buah-buahan seperti apel dan pir, lalu berbagai macam kacang-kacangan, sereal, kentang, bahkan yogurt juga. Meski yogurt tidak selalu merupakan makanan berserat tinggi, yogurt umumnya baik untuk kesehatan pencernaan

"Yogurt mengandung probiotik, bakteri sehat yang baik untuk usus," kata Beth Pinkos, ahli diet untuk departemen gastroenterologi anak, hepatologi, nutrisi dan penyakit hati di Hasbro Children's Hospital di Rhode Island.

2. Banyak Minum Cairan

pencernaan anak tetap sehat

"Ketika anak mendapatkan banyak serat dan tidak cukup cairan, itu seperti memasukkan superglue ke dalam usus Si Kecil, tetap tidak akan bisa dicerna" kata Beth Pinkos.

Jadi Moms perlu memastikan bahwa agar sistem pencernaan anak tetap sehat, ia perlu minum banyak air, ditambah susu, di siang hari. Bila kita hidup dalam iklim yang hangat, terutama jika anak banyak beraktivitas di luar ruangan, mereka akan banyak berkeringat dan membutuhkan asupan cairan lebih banyak.

Baca Juga: Pentingnya Membiasakan Anak Minum Air Putih

3. Berolahraga

pencernaan anak tetap sehat

Olahraga tidak hanya baik untuk menjaga sistem pencernaan anak tetap sehat, namun baik juga untuk jantung, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh. Jadi hal lainnya yang harus Moms pastikan adalah membuat anak banyak melakukan aktivitas fisik.

"Olahraga akan membantu menjaga segala sesuatunya tetap berjalan dengan baik, tidak seperti ketika tubuh hanya duduk saja," kata Beth Pinkos. Menurutnya, setiap aktivitas fisik akan merangsang aktivitas di saluran pencernaan dan membantu anak mencerna makanan dengan lebih baik.

Itu dia Moms beberapa cara mudah dan sederhana untuk menjaga sistem pencernaan anak tetap sehat. Dicoba ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait