2-3 TAHUN
7 Desember 2019

4 Inspirasi Kegiatan dalam Ruangan untuk Balita yang Super Seru

Moms, yuk, intip 5 kegiatan dalam ruang untuk balita yang seru sekaligus edukatif!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Kalau bingung mau ke mana, Moms bisa menawarkan kegiatan dalam ruang untuk balita yang tak kalah seru ini kepada si Kecil. Mengisi waktu bermain si Kecil tak harus berarti mengajaknya jalan-jalan ke mall atau ke tempat rekreasi terkenal.

Yuk, simak aja saja kegiatan dalam ruang untuk balita yang bisa Moms lakukan akhir minggu ini.

Baca Juga: Jangan Panik, Langsung Lakukan Hal Ini Saat Balita Menelan Benda Asing

Kegiatan dalam Ruang untuk Balita

1. Menyusun Puzzle

4 Inspirasi Kegiatan dalam Ruangan untuk Balita yang Super Seru 01.jpg

Foto: makingmomentscount.com

Menurut para peneliti dari University of Chicago, anak-anak yang bermain puzzle pada usia antara 2 dan 4 tahun akan memiliki perkembangan keterampilan yang baik, di antaranya keterampilan spasial dan matematika.

Selain memainkan puzzle yang sudah jadi, Moms bisa mengajak si Kecil membuat puzzle sendiri secara sederhana sebagai inspirasi kegiatan dalam ruang balita.

Caranya, ajak si Kecil menggambar di kertas berukuran sedang atau agak besar. Setelah gambar jadi, tempelkan di kertas karton, lalu gunting gambar secara acak hingga menjadi potongan puzzle. Si Kecil pasti tambah bersemangat saat diajak menyusun puzzle yang ia bikin sendiri.

2. Berburu “Harta Karun”

4 Inspirasi Kegiatan dalam Ruangan untuk Balita yang Super Seru 02.jpg

Foto: bedtimez.com

Inspirasi kegiatan dalam ruang untuk balita yang satu ini pasti seru, Moms, karena anak balita umumnya senang diajak mencari benda-benda tersembunyi.

Ajaklah si Kecil mencari “harta karun” yang telah Moms sembunyikan sebelumnya. Agar makin seru, tuliskan petunjuk sederhana, berupa tulisan pendek atau gambar, di kertas yang telah Moms sebar di sejumlah titik di rumah.

Jangan lupa untuk memuji si Kecil bila ia berhasil menemukan “harta karun” tersebut.

Baca Juga: Harta Melimpah, 4 Artis Perempuan Ini Memang Sudah Kaya dari Lahir

3. Bikin Pelangi dalam Stoples

4 Inspirasi Kegiatan dalam Ruangan untuk Balita yang Super Seru 03.JPG

Foto: thekitchn.com

Anak usia balita juga bisa diajak melakukan eksperimen sains, Moms! Salah satunya bikin pelangi dalam stoples ini. Siapkan stoples bening, madu, sirup jagung, sabun cuci piring cair, minyak sayur, alkohol gosok, air, pewarna makanan, dan pipet.

Secara berurutan, tuang madu, sirup yang sudah diberi pewarna, air, minyak, dan terakhir gunakan pipet untuk meneteskan alkohol yang juga sudah diberi pewarna. Pelangi dalam stoples pun siap!

4. Masak-masakan

4 Inspirasi Kegiatan dalam Ruangan untuk Balita yang Super Seru 04.jpg

Foto: thespruce.com

Inspirasi kegiatan dalam ruang balita yang satu ini umumnya disukai anak balita perempuan. Namun, anak laki-laki juga sebenarnya bisa bermain masak-masakan bersama saudara perempuannya atau Moms.

Kini tersedia mainan alat masak yang dalam set besar sehingga bikin si Kecil merasa seolah-olah sedang masak betulan! Satu set mainan biasanya terdiri dari peralatan dapur dan meja (termasuk kompor dan oven!), sayuran, buah, lauk, serta peralatan makan.

Anak-anak, termasuk di usia balita, belajar antara lain dengan cara bermain. Dikutip dari studi berjudul The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds yang diterbitkan oleh jurnal Pediatrics, kegiatan bermain penting dilakukan karena berkontribusi dalam mendukung perkembangan kognitif, fisik, sosial, dan emosi anak.

Studi tersebut juga menyebutkan, bermain merupakan salah satu momen yang dapat orang tua manfaatkan untuk berinteraksi dan menjalin kedekatan dengan anak.

Maka itu, orang tua harus selalu siap menawarkan bermacam kegiatan permainan yang bukan hanya positif bagi si Kecil, tetapi juga menyenangkan.

Nah, kegiatan dalam ruang untuk balita mana yang akan Moms dan Dads lakukan bersama si Kecil?

Baca Juga: 5 Kegiatan Indoor untuk Melatih Motorik Balita

(AN/DIN)

Artikel Terkait