BALITA DAN ANAK
6 Februari 2020

4 Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan Untuk Kesehatan Mental Anak

Salah satunya adalah meredakan stress
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain bisa jadi teman bermain yang setia, manfaat memelihara binatang peliharaan untuk mental anak ternyata juga besar lho, Moms.

Berbagai hasil studi ilmiah membuktikan kalau interaksi hangat dengan binatang peliharaan di rumah bisa memberikan dukungan emosional dan membantu menjaga kesehatan mental anak dalam jangka panjang.

Manfaat Memelihara Binatang Peliharaan untuk Mental Anak

Jadi semakin penasaran ya Moms, dengan kebaikan memelihara binatang peliharaan untuk mental anak? Yuk, simak dulu penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak.

1. Menurunkan Hormon Stress

Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan

Foto: lifestylepubs.com

Dikutip dari situs Newport Academy, bermain dan berinteraksi dengan binatang peliharaan selama lima menit saja sudah bisa menurunkan hormon stress kortisol dan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh.

Selain itu, mengelus binatang peliharaan juga memberikan efek positif pada tubuh seperti menurunkan tekanan darah, melambatkan detak jantung, meredakan ketegangan otot, dan membuat napas jadi lebih teratur.

Nah, semua hal tadi membantu mood Si Kecil menjadi lebih baik sekaligus membuat pikiran menjadi lebih tenang.

2. Membantu Anak ADHD Lebih Fokus

Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan

Foto: wallpapersite.com

Kebaikan memelihara binatang peliharaan untuk mental anak ADHD dan ADD juga cukup banyak lho, Moms.

Menurut Mental Health Foundation, menjalankan tanggung jawab saat memelihara binatang peliharaan seperti memandikan, memberi makan, dan membersihkan kandang secara rutin membantu meningkatkan rentang perhatian dan fokus anak ADHD.

Selain itu memiliki binatang peliharaan seperti anjing yang harus rutin diajak berjalan dan bermain juga membantu anak ADHD menyalurkan energi berlebih, sehingga dia bisa menjadi lebih tenang dan kalem.

3. Mendorong Interaksi Sosial

Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan

Foto: akcpetinsurance.com

Menurut Paula Lavis dari Children and Young People’s Mental Health Condition, interaksi sosial berperan penting dalam menjaga kesehatan mental dan perkembangan kognitif anak.

Nah, memelihara binatang peliharaan dapat membantu anak lebih terbuka untuk melakukan interaksi sosial, terutama untuk Si Kecil yang pemalu, introvert, atau berada dalam spektrum autis.

Dengan dukungan binatang peliharaan dan interaksi sosial yang sehat, Si Kecil bisa terhindar dari perasaan kesepian, terisolasi, ataupun tidak dimengerti yang bisa berujung pada depresi, citra diri negatif, atau pikiran untuk bunuh diri.

4. Mengurangi Kecemasan

Kebaikan Memelihara Binatang Peliharaan

Foto: carpetgurus.com

Studi lain yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention juga mengungkap kalau memelihara binatang peliharaan, terutama anjing, bisa mengurangi kecemasan pada anak.

Meski tidak bisa berbicara, binatang peliharaan bisa menjadi tempat aman bagi anak untuk mencurahkan perasaan dan pikirannya tanpa takut dihakimi atau disalahkan.

Tidak heran kalau belakangan binatang peliharaan juga mulai banyak dilibatkan dalam terapi bagi anak dan remaja dengan kondisi mental khusus, seperti memiliki gangguan kecemasan, memiliki pikiran bunuh diri, atau ADHD.

Supaya kebaikan memelihara binatang peliharaan untuk mental anak semakin terasa, jangan lupa mulai ajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab terhadap pemeliharaannya ya, Moms.

Apa Moms punya cerita menarik tentang hubungan anak dan binatang peliharaannya?

Artikel Terkait