BALITA DAN ANAK
13 Agustus 2019

4 Mainan Terbaik Untuk Balita Berkebutuhan Khusus

Dukung tumbuh kembangnya dengan mainan yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sering tidak diperhatikan, mainan untuk balita berkebutuhan khusus sebenarnya punya banyak manfaat penting untuk tumbuh kembang Si Kecil lho, Moms.

Menurut Ilene B. Miller M.S.Ed., konsultan pendidikan dan advokat anak berkebutuhan khusus, mainan yang tepat dapat membantu balita berkebutuhan khusus belajar kecakapan hidup dasar seperti memakai baju, merawat diri, bersosialisasi, serta makan dengan benar.

Sama seperti mainan balita pada umumnya, mainan untuk balita berkebutuhan khusus juga dapat menstimulasi kemampuan motorik kasar, motorik halus, koordinasi mata dan tangan, keterampilan menggunakan jari, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut adalah beberapa jenis mainan untuk balita berkebutuhan khusus yang bisa Moms berikan pada Si Kecil.

1. Mainan Susun Bangun

mainan 1

Synchronyot.com

Mengutip Lisa Jo Rudy, advokat autisme dan penulis buku Get Out, Explore and Have Fun, mainan susun bangun yang bisa dimainkan dalam banyak cara memiliki segudang manfaat bagi balita berkebutuhan khusus.

Selain mengasah motorik halus, koordinasi mata dan tangan, serta kemampuan visual spasial, jenis mainan ini juga sangat baik untuk menguatkan kemampuan balita berkebutuhan khusus dalam bermain simbolis dan berkolaborasi secara sosial.

Baca juga : 5 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Balita 4-5 Tahun

2. Gelembung Sabun

maianan 2

Nashvilleparent.com

Baik di dalam atau di luar ruangan, Moms bisa buat suasana lebih seru dengan mengajak Si Kecil bermain gelembung sabun.

Selain meniup dan membuat gelembung sendiri, dia juga bisa mengejar dan memecahkan gelembung yang Moms tiup.

Aktivitas dengan mainan untuk balita berkebutuhan khusus ini bukan hanya akan melatih kemampuan motorik kasar, tapi juga mengasah kendali motorik, keseimbangan, fokus, sera kesabaran.

3. Mainan Multisensori

maianan 3

Imagoodmomiswear.com

Menurut Charlie Douglas Hidden Angel Foundation, stimulasi multisensori sangat baik bagi balita berkebutuhan khusus apapun keterbatasannya.

Mulai dari meningkatkan konsentrasi dan fokus, mengasah ketajaman indra, mendorong interaksi sosial sampai mendukung perkembangan kognitif, bahasa, kemampuan berpikir logis, serta membuat Si Kecil merasa nyaman.

Beberapa mainan multisensori yang bisa jadi pilihan Moms diantaranya adalah pasir kinetik, kotak musik, play dough, balon air, dan kolam bola.

4. Mainan Alat Musik

mainan 4

Musictogetherperrysburg.com

Mainan untuk balita berkebutuhan khusus dalam bentuk alat musik bisa jadi media yang tepat untuk mulai mengenalkan musik sekaligus mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Mengutip artikel dalam situs Connoly Music, bermain alat musik bisa membantu balita berkebutuhan khusus mengembangkan kemampuan bicara dan komunikasi, menstimulasi otak, meningkatkan perkembangan kognitif dan hubungan saraf otak, juga memberikan motivasi.

Mainan untuk balita berkebutuhan khusus itu tidak harus selalu mahal atau super canggih kok, Moms. Yang terpenting, orang tua mau mendampingi dan ikut bermain dengan Si Kecil.

Apa Moms tahu mainan lainnya yang baik untuk balita berkebutuhan khusus?

Baca juga : Permainan yang Merangsang Calistung pada Anak

(WA/CAR)

Artikel Terkait