KESEHATAN
6 Desember 2019

4 Makanan untuk Meringankan Penyakit Fibromyalgia

Gejala penyakit fibromyalgia seringnya sulit untuk dikenali
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Telah diterima secara umum, dan terbukti secara ilmiah, bahwa diet sehat memiliki efek yang positif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sama halnya pada makanan yang juga berperan bagi kita yang mengalami fibromyalgia. Bisa jadi pemicu, atau bahkan memberikan bantuan untuk meringankan penyakit fibromyalgia. Apa sebenarnya fibromyalgia?

Dilansir dari The Journal of the American Osteopathic Association, fibromyalgia merupakan sindrom kronis umum yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah, dan juga gangguan tidur.

Baca Juga: Perbedaan Gangguan Tidur dan Kebiasaan Tidur yang Buruk, Tidak Sama Lho!

Gejala umum lainnya termasuk kesulitan kognitif, sakit kepala, paresthesia, dan kekakuan di pagi hari. Sangat sulit mendeteksi gejala pada penyakit fibromyalgia, karena banyak yang mirip dengan kondisi lainnya.

Untuk meringankan penyakit fibromyalgia, para penderita disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meringankan gejalanya. Apa saja makanan untuk meringankan penyakit fibromyalgia? Simak di bawah ini.

1. Makanan yang Mengandung Vitamin D

meringankan penyakit fibromyalgia

Berdasarkan National Center for Complementary and Integrative Health, vitamin D merupakan suplemen yang bisa meringankan penyakit fibromyalgia, yang memang kurang memiliki nutrisi ini.

Sumber vitamin ini bisa didapatkan secara alami dalam ikan pedang, tuna, salmon sockeye, dan telur, serta beberapa minuman, seperti jus jeruk dan susu, diperkaya dengan vitamin D. jenis vitamin ini juga bisa didapatkan dalam minyak ikan cod, yang menyediakan vitamin D dan asam lemak omega-3.

2. Makanan yang Mengandung Magnesium

meringankan penyakit fibromyalgia

Magnesium sitrat juga dapat meringankan gejala penyakit fibromyalgia, menurut sebuah studi 2013 yang dipublikasikan oleh U.S. National Library of Medicine, menunjukkan bahwa zat ini akan lebih efektif jika dipasangkan dengan amitriptyline, antidepresan trisiklik.

Baca Juga: 3 Mitos Penggunaan Antidepresan pada Ibu Hamil

"Magnesium diperlukan untuk membantu mencegah rangsangan yang disebabkan oleh glutamat," jelas Kathleen Holton, ahli ilmu gizi, sekaligus asisten profesor studi kesehatan di American University di Washington D.C.

Magnesium bisa ditemukan dalam kacang-kacangan (kacang kering dan lentil), biji-bijian, alpukat, yogurt, pisang, ikan berlemak, cokelat hitam, dan sayuran hijau gelap.

3. Makanan yang Mengandung Antioksidan

meringankan penyakit fibromyalgia

Untuk memerangi efek dari eksitotoksin pada gejala fibromyalgia, Moms mungkin memerlukan lebih banyak antioksidan dalam makanan yang dikonsumsi, karena eksitotoksin juga menciptakan stres oksidatif.

"Carilah makanan atau buah-buahan dan sayuran yang memiliki beragam warna," kata Kathleen Holton. Ia menambahkan bahwa kita perlu fokus pada jenis makanan dengan warna merah, hijau, oranye, kuning, dan ungu terang untuk memberi kan zat antioksidan yang baik untuk meringankan penyakit fibromyalgia.

Baca Juga: Yuk Makan 6 Buah Warna Merah Ini Supaya Makin Sehat!

4. Batasi Konsumsi Gula

meringankan penyakit fibromyalgia

Diet tinggi gula dan olahan karbohidrat dapat menjadi cara yang bagus untuk meringankan penyakit fibromyalgia. Tetapi Moms tidak bisa hanya menghindari makanan penutup manis dan roti putih, lalu menganggap hal tersebut sebagai diet rendah gula.

“Gula bisa terkandung dalam makanan yang tak terduga, seperti saus salad dan saus marinara, jadi penting untuk selalu membaca label ketika kita berbelanja,” ujar Sonya Angelone, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Itu dia Moms beberapa cara untuk meringankan penyakit fibromyalgia. Terapkan ya, Moms!

Artikel Terkait