2-3 TAHUN
8 November 2019

4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar!

Yuk, cari tahu apakah si Kecil memiliki tanda-tanda siap masuk sekolah.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Pada usia berapa anak balita siap masuk sekolah? Seperti apa tanda-tandanya?

Ternyata kesiapan tiap anak beda-beda, Moms. Ada anak yang sudah bersemangat untuk masuk prasekolah pada usia 3 tahun, namun ada juga orang tua yang mempersiapkan anaknya untuk masuk TK pada usia 5 tahun.

Tidak ada yang salah bersekolah secepat mungkin. Apalagi, menurut artikel dari tim peneliti Osaka University yang diterbitkan di Public Library of Science, proses emosional intuitional memainkan peran penting dalam kecenderungan perilaku anak prasekolah terhadap hubungan timbal balik tidak langsung sosial dalam interaksi alami dengan teman sebaya.

Menurut Dr. Elizabeth Matheis, psikolog klinis dan psikolog sekolah bersertifikat, kesiapan balita untuk sekolah tidak semata ditandai dari usianya.

“Lebih penting dari usia, orang tua harus memperhatikan perkembangan sosial dan emosional anak,” kata Matheis.

Secara umum, ada sejumlah tanda balita siap sekolah. Bila sebagian besar tanda ini terdapat pada si Kecil, kemungkinan besar ia sudah siap sekolah. Yuk, Moms, kenali apa saja tandanya.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

1. Kemandirian

4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar! 01.jpg

Foto: tcacademy.org

Tentu saja yang dimaksud kemandirian di sini bukan yang muluk-muluk, Moms. Balita mandiri artinya ia sudah bisa buang air kecil sendiri, memilih pakaian yang ingin dikenakan, makan sendiri, dan mencuci tangan sendiri.

“Tanda utama balita siap sekolah adalah ia sudah bisa mengutarakan perasaannya dengan baik dan bukan dengan cara berteriak, merebut, menangis, atau berguling-guling di lantai,” terang Matheis.

2. Keterampilan Sosial Dasar

4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar! 02.jpg

Foto: summitmedia-digital.com

Saat di sekolah, anak akan berinteraksi dengan anak sebayanya dan guru-guru. Agar kegiatan bersekolah berjalan dengan baik, ia perlu menguasai keterampilan sosial dasar seperti mampu berbagi, berbicara, mengikuti arahan.

Kemampuan berbicara dengan baik dan lancar termasuk tanda balita siap sekolah yang cukup penting.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Si Kecil Tumbuh Menjadi Balita Manja

3. Kemampuan Motorik

4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar! 03.jpg

Foto: bustle.com

Menurut praktisi kedokteran keluarga Eric Boose, M.D., saat masuk TK, anak sebaiknya sudah memiliki kemampuan motorik halus yang baik, seperti memegang alat tulis, menempel, dan menggunting. Dengan begitu, ia bisa mengikuti dan menikmati kegiatan yang sudah disiapkan di TK.

4. Rasa Ingin Tahu atau Ingin Belajar Hal Baru

4 Tanda Balita Sudah Siap untuk Sekolah, Kenali dengan Benar! 04.jpg

Foto: medicaldaily.com

Contoh lain tanda balita siap sekolah adalah ia memperlihatkan rasa ingin tahu akan sekolah. Misalnya, anak sering bertanya apa saja kegiatan di sekolah, atau bahkan merengek ingin segera didaftarkan ke sekolah.

Tanda balita siap sekolah lainnya adalah, ia terlihat tertarik pada huruf, angka, gambar, dan terkadang bermain sekolah-sekolahan dengan teman atau boneka-bonekanya.

Dikutip dari situs web Cleveland Clinic, Moms dan Dads perlu memahami bahwa kapan waktu yang tepat untuk memasukkan anak ke sekolah adalah keputusan yang bersifat individual.

Artinya, yang patut menjadi pertimbangan utama orang tua dalam menentukan kapan anak siap masuk sekolah adalah kondisi dan kesiapan si Kecil, bukan faktor lain seperti pengaruh lingkungan atau kepraktisan.

Baca Juga: 5 Aktivitas Eksperimen Sederhana untuk Melatih Otak Balita

(AN/DIN)

Artikel Terkait