KESEHATAN
17 Juli 2019

5 Cara Menaikkan Hb Secara Alami

Kadar Hb yang cukup akan mencegah Moms dari risiko anemia.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Hemoglobin atau Hb adalah protein kaya zat besi yang ada dalam sel darah merah dan bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Agar berfungsi dengan baik, kadar Hb di dalam darah harus dijaga tetap berada di angka normal, yaitu 14 hingga 18 g/dl untuk pria dewasa dan 12 hingga 16 g/dl untuk wanita dewasa.

Menurut Dr. Manoj K. Ahuja dari Fortis Hospital, India, sebagaimana dikutip dari ndtv.com, kekurangan Hb dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, sakit kepala, sesak napas, pusing, nafsu makan yang buruk, dan detak jantung yang cepat.

Jika tingkat Hb menurun secara signifikan, kondisi tersebut dapat didiagnosis sebagai anemia.

Lalu, bagaimana cara menaikkan kadar Hb secara alami dan terhindar dari anemia? Ini 5 cara yang bisa Moms coba lakukan:

Baca Juga : Mengenal Tablet Tambah Darah untuk Mengobati Anemia

1. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari kadar Hb rendah, demikian menurut National Anemia Action Council.

Makanan kaya zat besi di antaranya sayuran berdaun hijau seperti bayam, bit, tahu, asparagus, hati ayam, telur, tiram, apel, delima, aprikot, semangka, plum, biji labu, kurma, almond, dan kismis.

Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan seseorang setiap hari?

Meskipun bervariasi sesuai dengan usia, berat badan, tingkat gizi, dan jenis kelamin, secara umum para ahli percaya bahwa pria dewasa membutuhkan hingga 8 mg/hari dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 19 mg/hari.

2. Tingkatkan Asupan Vitamin C

shutterstock 165207713

Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi, demikian dikatakan Dr. Anju Sood, ahli nutrisi yang berbasis di Bangalore, India.

Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, stroberi, pepaya, paprika, brokoli, jeruk bali, dan tomat.

3. Tingkatkan Asupan Asam Folat

Asam folat, bagian dari vitamin B kompleks, diperlukan untuk membuat sel darah merah. Defisiensi asam folat akan secara otomatis membuat kadar Hb rendah.

Beberapa sumber makanan asam folat yang baik adalah sayuran berdaun hijau, kecambah, gandum, kacang tanah, pisang, brokoli, dan hati ayam.

Baca Juga : Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara mencegah Anemia

4. Hindari Makanan yang Menghalangi Penyerapan Zat Besi

shutterstock 337500677

Hindari konsumsi makanan yang dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, terutama jika Moms memang sudah memiliki jumlah hemoglobin yang rendah, misalnya kopi, teh, dan soda.

5. Olahraga

Latihan intensitas sedang hingga tinggi sangat dianjurkan, karena ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi peningkatan kebutuhan oksigen di seluruh tubuh.

Jadi sekarang Moms sudah tahu kan bagaimana cara meningkatkan Hb? Yuk segera dilakukan!

(VAN)

Artikel Terkait