RUPA-RUPA
18 April 2018

5 Cara Menghilangkan Bakteri Jahat Pada Baju Anak

Bakteri pada baju anak juga dapat membahayakan kesehatannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Seperti yang sering Moms dengar, cucian baju bisa menjadi tempat paling nyaman bagi bakteri serta kuman untuk tumbuh dan berkembang biak.

Hal ini tentu sangat berbahaya apalagi untuk buah hati tersayang yang rentan terserang berbagai penyakit akibat kuman dan bakteri jahat. Maka dari itu, ini cara menghilangkan bakteri jahat pada baju anak!

Gunakan detergen antibakteri

Saat ini sudah banyak dijual detergen antibakteri yang ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri. Meski harganya sedikit lebih mahal, detergen ini bisa diandalkan untuk menjaga kebersihan baju anak sehingga Si Kecil pun lebih terlindungi dari berbagai gangguan penyakit yang merusak keceriaannya.

Hindari mengendapkan baju anak

Apakah Moms sering meninggalkan cucian di dalam mesin cuci selama berjam-jam atau bahkan semalaman? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan buruk ini karena baju anak yang direndam lebih dari 1 jam akan memperbesar potensi penyebaran bakteri.

Jika terpaksa merendamnya, pisahkan baju anak dari cucian lainnya dan masukkan ke dalam bak, bukan mesin cuci.

Baca juga: 3 Tips Hemat Belanja Baju Anak

Pisahkan pakaian dalam

Pakaian dalam menyerap lebih banyak keringat sehingga kandungan bakteri di dalamnya jauh lebih banyak. Maka dari itu, pisahkan pakaian dalam saat mencuci baju anak untuk mengurangi potensi menyebarnya bakteri jahat yang menganggu kesehatan Si Kecil.

Mencuci dengan air panas

Apabila Moms menemukan baju anak yang sangat kotor, maka lebih baik mencucinya dengan air panas bersuhu di atas 135 derajat Celcius.

Suhu ini akan membunuh kuman dan bakteri yang ada pada baju anak sehingga ketika sudah kering nanti Moms tak perlu khawatir dengan terganggunya kesehatan buah hati tersayang.

Baca juga: Mengajari Anak Mandiri Mencuci Baju Sendiri Dengan 4 Langkah Ini

Bersihkan mesin cuci

Bakteri dan kuman menyukai tempat yang basah dan lembap, seperti bagian dalam mesin cuci Moms. Sekali dalam seminggu, basuhlah mesin cuci dengan air panas untuk membunuh kuman di dalamnya.

Selain itu, pastikan mesin cuci segera dikeringkan setelah selesai mencuci dan buka pintunya agar udara segar bisa masuk sehingga tidak menjadi sarang bakteri dan kuman berbahaya.

Anak-anak melakukan banyak aktivitas yang membuat baju kotor dan dan menjadi sarang bakteri. Jangan biarkan baju anak yang kotor dibiarkan terlalu lama untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman.

Gunakan 5 kiat di atas untuk menjamin kesehatan buah hati Moms. Teliti sebelum mencuci, Moms!

(BILNA)

Artikel Terkait