TRIMESTER 1
21 November 2019

5 Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Aneh tapi Umum

Beberapa ibu hamil mengalami gusi bengkak.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Masalah kesehatan pada ibu hamil umumnya bisa dibilang ringan. Contohnya adalah morning sickness.

Mual dan muntah menurut Laura Riley, M.D., Direktur Persalinan dan kebidanan di Massachusetts General Hospital bukanlah masalah besar selama kehamilan. Namun, jika diikuti penurunan berat badan, itu baru masalah.

"Banyak wanita mengalami kelegaan setelah trimester pertama, tetapi juga normal untuk sesekali mengalami mual selama sembilan bulan kehamilan,"

Tetap terhidrasi dan makan sering adalah beberapa cara untuk mengatasi mual. Jika mual tidak mereda atau disertai dengan sering muntah, hubungi dokter segera.

Namun, beberapa wanita mengalami masalah kesehatan ibu hamil yang aneh. Seperti apa masalah kesehatan ibu hamil tersebut? Berikut daftarnya!

1. Tangan Mati Rasa pada Malam Hari

tangan.jpg

Seorang ibu hamil dengan sindrom carpal tunnel ringan sangat mungkin mengalami mati rasa entah di bagian tubuh apapun pada malam hari.

Padahal, hal ini mungkin saja tidak dialami sebelum ibu tersebut hamil.

Pastikan untuk mendapatkan cukup cairan agar masalah kesehatan ibu hamil ini bisa berkurang. Kalau sudah merasa sangat tidak nyaman, atau bahkan terjadi kontraksi segera hubungi dokter.

Baca Juga: Batas Usia Maksimal untuk Hamil dan Cara yang Dilakukan Agar Kehamilan Tetap Sehat

2. Masalah Gigi

Ibu Hamil Lakukan Tambal Gigi, Adakah Pengaruhnya ke Janin-1.jpg

Beberapa ibu hamil mengalami gusi bengkak akibat perubahan progesteron dan estrogen, serta peningkatan aliran darah.

"Gusi wanita bisa membengkak karena darah mengisi jaringan lunak hingga bengkak sehingga bisa berdarah saat menyikat gigi atau flossing," jelas Gildo Corradi, D.D., seorang dokter gigi di New York City.

Jika ibu hamil melihat perdarahan yang signifikan, bahkan ketika tidak menyikat gigi, temui dokter gigi segera.

Dokter akan memeriksa apakah Moms menderita gingivitis, radang gusi, dan periodontitis, sakit gigi parah yang juga mempengaruhi ligamen dan tulang di sekitarnya, karena terkait dengan risiko penyakit serius lainnya.

Corradi merekomendasikan untuk membersihkan gigi di dokter gigi dua kali selama kehamilan dan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik di rumah.

Untuk periodontitis, dokter gigi mungkin akan mencuci rogga mulut Moms dengan antibakteri. Untungnya, sakit gigi cenderung sembuh dengan cepat setelah ibu melahirkan.

3. Hidung Tersumbat

3 - 6 Solusi Rumahan untuk Hidung Tersumbat.jpg

"Bersiaplah untuk mengalami hidung mampet, berdarah, dan mendengkur. Mengapa? Sebab bagian dalam lapisan hidung ibu hamil juga cenderung membengkak dikarenakan hormon," kata Laura Dean, M.D., seorang ob-gyn di Stillwater, Minnesota.

"Pembengkakan jaringan hidung itu mengurangi sirkulasi udara. Hidung wanita hamil juga bisa semakin kekeringan, yang lebih buruk di musim dingin." tambah Dean.

Namun hal itu bisa diredakan dengan tetes hidung saline atau pelembab udara, atau dengan menghabiskan beberapa menit menghirup uap di kamar mandi.

Untungnya, semua masalah kesehatan ibu hamil di bagian hidung ini akan hilang setelah melahirkan.

Baca Juga: Dukungan Suami saat Hamil, Cara Paling Ampuh untuk Jaga Kesehatan Ibu dan Janin

4. Masalah Pencernaan

maternity-nature-ocean-132730.jpg

Peningkatan progesteron memperlambat waktu aliran makanan dari perut ke usus, yang dapat menyebabkan sembelit.

Selain itu, vitamin prenatal menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak air, yang dapat mempersulit feses melewati saluran pencernaan.

Gantilah vitamin prenatal dengan vitamin tanpa zat besi sementara waktu, kata Dr. Dean, karena zat besi dalam vitamin tersebut terutama menyebabkan konstipasi.

Minumlah banyak cairan (air putih adalah yang terbaik), dan tingkatkan asupan serat dengan makan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Hindari pencahar, yang merangsang pergerakan usus, mengurangi hidrasi, dan mempengaruhi penyerapan nutrisi, ujar Dr. Dean.

5. Varises di Kaki

Begini Cara Mencegah Varises Saat Hamil yang Mudah Dilakukan 02.jpg

Si Kecil di perut ibu hamil akan tumbuh dan membutuhkan pasokan darah yang sangat besar untuk memberikan oksigen dan nutrisi tambahan.

"Pada umur 20 minggu, volume sirkulasi darah akan meningkat sebesar 50 persen," jelas Dr. Dean.

Dengan semua tekanan itu, varises biasa timbul di kaki ibu hamil. Tidak ada cara untuk mencegah varises, tetapi untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, Moms bisa mengangkat kaki ke dinding.

Jenis pembengkakan lain yang ditakuti adalah wasir, yang menyebabkan jaringan bengkak dan menonjol di sekitar anus.

Wasir disebabkan oleh peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus seiring dengan penambahan berat bayi.

Baca Juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah aneka masalah kesehatan ibu hamil yang cukup aneh. Apakah Moms pernah mengalaminya?

(TPW)

Artikel Terkait