FASHION & BEAUTY
1 September 2019

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Moms bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mata merupakan salah satu indera yang penting. Mata membantu kita dalam berkomunikasi, membantu kita menyampaikan pikiran dan emosi kepada orang lain.

Namun sepasang kantung mata yang besar bisa memiliki pesan yang lebih dalam, entah itu bahwa kita sedang merasa lelah, sakit, atau memiliki terbebani suatu masalah. Kulit yang tipis dan sensitif di sekitar mata ini adalah salah satu tempat tubuh menunjukkan tanda-tanda stres.

Baca Juga: Bukan Hanya Karena Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Mata Bengkak

Akan tetapi jangan lupa juga bahwa kantung mata bisa mengganggu penampilan kita. Walaupun di pasaran sudah banyak krim dan perawatan medis untuk menghilangkan kantung mata, tetap cara alami adalah yang terbai.

Apa saja cara alami menghilangkan kantung mata? Simak tipsnya di bawah ini ya.

1. Gunakan Mentimun

cara alami menghilangkan kantung mata

Mentimun adalah cara menghilangkan kantung mata alami yang memiliki efek luar biasa untuk menghilangkan bengkak di bawah mata.

Ambil 2 iris mentimun segar dan letakkan di mata kita selama 25 menit. Bersantailah dengan irisan mentimun dingindi atas mata kita, Moms bisa tidur sebentar juga.

Selain akan membantu menyegarkan pikiran serta mata, sifat anti-inflamasi mentimun secara alami juga akan membantu mengurangi jaringan yang bengkak.

Baca Juga: Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

2. Kantung Teh Dingin

tea bags

Dilansir dari The Times of India, bila Moms sedang terburu-buru untuk menghadiri sebuah acara, namun tidak ingin kantung mata terlihat, Moms bisa memanfaatkan kantung teh yang dingin.

Cara alami menghilangkan kantung mata ini dapat dilakukan dengan membasahi dua buah kantung teh dengan air dingin, lalu dinginkan sebentar.

Letakkan di atas mata sekitar 25-30 menit, berbaringlah dan rilekskan tubuh kita. Setelah selesai, bilas dengan air dingin, hingga bersih. Moms pasti akan merasa lebih segar dan rileks.

3. Sendok dan Air Dingin

cara alami menghilangkan kantung mata

Menghilangkan kantung mata bisa dengan bantuan segelas air es dan empat sendok stainless steel.

Dinginkan sendok di dalam air dingin, kemudian letakkan satu di setiap mata.

Terus ganti sendok sambil membiarkan sendok lain di dalam gelas berisi air dingin. Terus ulangi hingga kantung mata berkurang.

Baca Juga: 6 Cara Terbaik Menghilangkan Kantung Mata

4. Putih Telur

cara alami menghilangkan kantung mata

Kocok sedikit putih telur dan oleskan di sekitar mata dengan kuas.

Cara ini akan membuat area di sekitar dan di bawah mata terasa lebih kencang dan terlihat tidak bengkak. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

5. Minyak Esensial

cara alami menghilangkan kantung mata

Minyak esensial juga merupakan cara alami menghilangkan kantung mata.

Berdasarkan penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, minyak lavender memiliki efek menenangkan dan menenangkan kulit dan saraf di sekitar bawah mata.

Selain itu, minyak lemon juga membantu dan mengandung antioksidan alami. Ini akan membuat kulit di bawah mata lebih sehat dan kencang.

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-iritasi yang akan mengurangi bengkak secara efektif.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Tentang Essential Oils yang Harus Moms Tahu

6. Minum Air Putih

cara alami menghilangkan kantung mata

Minumlah air sebanyak mungkin. Memang hal ini tampaknya sangat sederhana, tetapi menghidrasi tubuh mampu mengurangi bengkak pada mata. Jadi, minumlah segelas air setiap kali Moms mulai melihat tanda-tanda kantung mata.

Cara-cara menghilangkan kantung mata di atas sangat sederhana dan mudah dilakukan bukan Moms? Yang paling penting, Moms harus istirahat yang cukup dan tidak mengalami stres!

Artikel Terkait