2-3 TAHUN
16 April 2020

6 Keuntungan Preschool Dengan Metode Montessori

Bisa membuat balita lebih kreatif dan terampil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Carla Octama

Mengirimkan anak ke ­preschool tentu merupakan hal yang harus dipikirkan dengan matang. Karena jika kurikulum dan programnya tidak tepat, bakat dan keterampilan anak jadi tidak bisa berkembang secara optimal.

Untuk itu, kenapa tidak mencoba preschool dengan metode Montessori?

Menurut penelitian yang diterbikan Frontiers in Psychology, sekolah Montessori terbukti meningkatkan kemampuan anak dalam beberapa bidang dibandingkan dengan anak sekolah biasa.

Memang pada tes awal, anak sekolah Montessori tidak menunjukkan perbedaan dengan anak sekolah biasa. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, anak sekolah Montessori punya prestasi yang lebih baik dalam bidang akademik, pemahaman sosial, dan orientasi penguasaan.

Mereka juga relatif lebih menyukai tugas-tugas skolastik dan mendapatkan nilai lebih tinggi untuk fungsi eksekutif (pemecahan masalah) ketika berusia 4 tahun.

Keuntungan Sekolah Montessori

keuntungan sekolah montessori

Dari segi filosofi pendidikan dan teknik, metode Montessori dipercaya bisa membuat balita lebih kreatif dan terampil. Sudah penasaran ingin tahu apa saja keuntungannya? Yuk kita lihat bersama.

1. Fokus Pada Tahap Perkembangan

Kurikulum metode Montessori fokus pada tahap perkembangan anak yang berumur 3 sampai 5 tahun. Tak hanya diberikan pengetahuan, anak juga akan diajarkan untuk melatih otot dan sistem motorik yang sesuai dengan umurnya.

Dengan fokus pembelajaran secara bertahap, anak akan berkembang optimal sesuai dengan setiap tahapannya.

2. Melatih Kerja Sama

Jika anak Mama kurang bisa bergaul atau bekerja sama dengan anak lain, maka metode Montessori ini sangat cocok untuk dicoba. Dalam metode ini, guru hanya berperan untuk mengarahkan aktifitas di kelas saja, sehingga anak akan terdorong untuk berbagi dan bekerja sama dalam setiap aktifitas, sekaligus belajar untuk saling menghormati satu sama lain.

3. Mengeluarkan Bakat Tersembunyi

Metode Montessori ini juga dipercaya dapat mengeluarkan bakat tersembunyi yang dimiliki si kecil, lho. Guru dilatih untuk secara jeli melihat 'bibit' bakat yang dimiliki oleh setiap murid. Begitu terlihat, guru akan terus mengasah kemampuan dan keterampilan agar bakat yang dimilikinya semakin terbentuk.

4. Menunjang Kreativitas

Kreativitas merupakan salah satu pilar utama dalam metode ini. Balita diajak kreatif dengan cara memilih sendiri kegiatan yang akan mereka lakukan setiap harinya. Dengan begitu si kecil akan berkreasi berdasarkan keinginan mereka, bukan hanya karena disuruh oleh guru.

Dengan begitu, balita akan lebih fokus pada proses dan konsep kreatifnya sendiri tanpa meniru orang lain.

5. Mengajarkan Disiplin

Dalam metode Montessori ini, anak memang dibebaskan untuk memilih aktifitas yang ingin mereka lakukan, tapi tetap ada beberapa aturan dasar yang harus mereka harus taati bersama. Hal ini akan berdampak positif untuk mengajarkan anak tentang disiplin diri dan konsentrasi.

6. Mengarahkan Anak Agar Belajar Mandiri

Salah satu keuntungan yang akan paling dirasakan dari metode Montessori ini adalah membuat balita bisa belajar secara mandiri. Guru yang mengajar akan mengarahkan anak untuk berkonsentrasi dengan tugas yang mereka pilih, dengan tidak membiarkan anak lain mengganggunya.

Dengan begitu setiap anak akan fokus dalam aktifitas mereka masing-masing, sehingga kebiasaan belajar mandiri ini kan semakin terbentuk.

Setelah melihat kelebihan metode Montessori ini, menurut Mama mana keuntungan yang paling menarik dan bermanfaat bagi Si Kecil?

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar pendidikan Montessori, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait