KESEHATAN
11 Agustus 2020

Ketahui 24 Ragam Manfaat Cuka Apel yang Tak Terduga!

Ada juga manfaat untuk ibu hamil dan menyusui, dan juga untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Cuka apel merupakan obat alami terkenal dengan banyak khasiat. Cuka khusus ini terbuat dari apel yang difermentasi.

Ada ragam manfaat cuka apel yang mungkin belum Moms ketahui. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga bagi ibu hamil, menyusui, dan juga Si Kecil, lho!

Dalam Asian Journal of Science and Technology, cuka sari apel atau dikenal dengan cider vinegar atau ACV, merupakan jenis cuka yang terbuat dari sari apel dan memiliki warna sedikit pucat.

Seperti jus apel, kandungan nutrisi dari cuka apel mungkin mengandung beberapa pektin, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6, biotin, asam folat, asam pantotenat niasin dan vitamin C.

Yuk cari tahu apa saja manfaat cuka apel yang tak terduga berikut ini.

Baca Juga: 3 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri!

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

manfaat cuka apel untuk kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin ingin mencari apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan yang tentunya banyak. Adapun manfaat cuka apel untuk kesehatan berikut ini.

1. Meredakan Tenggorokan

Manfaat cuka apel juga dipercaya bisa mengatasi sakit tenggorokan. Karena, cuka apel bisa menghilangkan kuman untuk mencegah infeksi.

Penelitian modern menunjukkan cuka apel bisa bekerja sangat baik ketika digunakan dalam makanan. Sehingga cuka apel bisa membunuh beragam kuman pada manusia.

2. Menurunkan Berat Badan

Cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut laporan tahun 2018 dalam Journal of Functional Foods, cuka apel termasuk dalam bagian diet kalori terbatas.

Karena, cuka apel bisa efektif mengurangi lemak visceral dan membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya. Para ahli Harvard Medical School juga menemukan asam asetat dalam cuka apel bisa mengurangi penyerapan pati dan memperlambat pencernaan.

Kandungan dalam cuka apel ini dapat menyebabkan sensasi penuh pada perut untuk menurunkan berat badan. Sehingga mengurangi konsumsi makanan harian Moms.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada penelitian yang telah menghubungkan manfaat cuka apel dan penurunan tingkat kolesterol manusia. Ada juga penelitian dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa asam asetat dalam cuka mampu menurunkan kolesterol total pada tikus.

Studi kedua pada hewan menunjukkan bahwa cuka apel juga membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, tikus dengan tekanan darah tinggi yang diberi asam asetat mengalami penurunan tekanan darah daripada kelompok tikus yang tidak mendapat cuka atau asam asetat.

Namun, konsumsi cuka apel juga harus diperhatikan. Karena, cuka apel dalam jumlah besar bisa menimbulkan masalah bagi orang yang menggunakan obat seperti digoxin atau diuretik, yakni obat yang digunakan untuk mengobati gagal jantung, hipertensi, dan kondisi lainnya.

4. Atasi Masalah Perut

Salah satu manfaat cuka apel yang paling lama dan telah banyak diketahui adalah mengatasi masalah perut. Moms bisa mencampur cuka apel dengan air untuk diminum.

Terutama jika Moms mengalami diare dan infeksi bakteri, cuka apel dapat digunakan membantu mengendalikan masalahnya karena memiliki sifat antibiotik.

Beberapa ahli pengobatan tradisional juga berpendapat bahwa cuka apel mengandung pektin, yang bisa membantu menenangkan kejang usus.

5. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Satu studi kecil dalam menemukan bahwa cuka apel meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada sekelompok orang dengan diabetes tipe 2.

Cuka apel mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai polifenol. Kandungan polifenol ini dapat membantu menghentikan kerusakan sel yang menyebabkan penyakit lain, seperti kanker.

6. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut tentunya menjadi masalah yang umum. Jika sikat gigi dan mencuci mulut tidak berhasil mengurangi bau mulut, cobalah menggunakan cuka apel untuk mengendalikan bau mulut.

Untuk merasakan manfaat cuka apel ini, caranya Moms bisa mengencerkan cuka apel dalam air. Lalu berkumurlah atau minum satu sendok teh. Cara ini bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Sebuah studi dalam Journal of Prosthodontics menyimpulkan bahwa cuka apel memiliki sifat antijamur, khususnya terhadap peradangan selaput lendir mulut yang terjadi di bawah gigi tiruan.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Cuka Apel untuk Kehamilan

manfaat cuka apel untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa produk cuka apel mungkin mengandung bakteri menguntungkan ketika dibiarkan tidak dipasteurisasi.

Peneliti dan dokter sering mengimbau bahwa ibu hamil harus berhati-hati ketika mengkonsumsi produk tertentu yang tidak dipasteurisasi. Produk yang tidak dipasteurisasi mungkin mengandung bakteri seperti Listeria, Salmonella, Toxoplasma, dan lainnya.

Rebecca Malachi, LMU (Germany) Certified Pregnancy Nutrition and Lifestyle Expert, mengatakan studi menunjukkan bahwa seseorang yang hamil dapat meminum cuka apel yang dipasteurisasi karena tidak mengandung bakteri berbahaya.

Cuka apel memiliki manfaat kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil bersama dengan makanan lain.

"Cuka apel yang sudah dipasteurisasi juga aman untuk bayi yang belum lahir ketika ibu mengkonsumsinya. Namun, yang tidak dipasteurisasi tidak aman karena dapat menyebabkan lahir mati, keguguran, dan komplikasi lain pada ibu, dan bayi mungkin menderita masalah kesehatan pasca kelahiran," katanya seperti dikutip dari momjunction.com.

DeForest Clinton Jarvis, penulis Folk Medicine, juga mempromosikan manfaat cuka apel untuk kehamilan, karena banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika meminum bahan alami tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel untuk kehamilan bagi ibu yang mengkonsumsinya.

7. Membantu Mencegah ISK dan Jamur

Manfaat cuka apel untuk kehamilan salah satunya adalah sering direkomendasikan untuk membantu membersihkan infeksi saluran kemih (ISK). Hal yang sama telah dikatakan tentang infeksi jamur.

Kedua hal ini dapat menjadi kondisi yang sering dialami ibuhamil. Cuka apel mengandung enzim dan mineral yang bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK.

Dikutip dari Journal of Medicinal Plant Studies, cuka beras membantu membersihkan infeksi saluran kemih karena bakteri, meskipun mungkin cuka beras memang tidak sama dengan cuka apel.

Moms hanya perlu mencampurkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam segelas air tinggi dan minumlah hingga dua kali sehari.

8. Mengurangi Mual di Pagi Hari

Beberapa orang merekomendasikan obat rumahan ini untuk mual di pagi hari. Cuka apel memiliki sifat pH netral dan membantu mengatasi asam lambung yang menyebabkan mual.

Dengan demikian, ini dapat membantu beberapa perempuan dengan mual yang disebabkan oleh kehamilan.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung penggunaan ini. Terlebih lagi, mengonsumsi terlalu banyak cuka sari apel dapat justru menyebabkan atau memperburuk mual.

Bila Moms penasaran dengan manfaat cuka apel untuk kehamilan satu ini, caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel dalam secangkir air hangat dan siapkan di pagi hari.

9. Mengatasi Jerawat

Karena perubahan hormon, beberapa ibu hamil mungkin mengalami jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam asetat dari cuka apel, dapat membantu melawan jerawat.

Manfaat pada cuka apel yang belum dipasteurisasi bisa bermanfaat sebagai toner dan dapat menyeimbangkan kembali pH kulit, menghilangkan sel-sel mati dan minyak berlebih.

Meskipun belum ada penelitian yang cukup kuat tentang manfaat cuka apel untuk jerawat, beberapa ibu hamil melaporkan hasil yang bermanfaat. Ini juga dinilai aman dan murah untuk digunakan.

10. Mencegah Mulas

Perasaan mulas pada ibu hamil terjadi selama trimester kedua ketika isi lambung bergerak kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Biasanya ini terjadi karena tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh di saluran pencernaan.

Sebuah studi pada 2016 menemukan bahwa manfaat cuka apel yang tidak dipasteurisasi dapat membantu orang dengan mulas yang tidak dapat diobati oleh antasid yang dijual bebas.

Untuk mengatasi mulas ini, Moms dapat mengonsumsi satu sendok makan cuka apel dicampur dalam air untuk mencegah mulas.

11. Menormalkan Tekanan Darah

Asam asetat yang ada pada cuka apel bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan mengurangi aktivitas enzim renin, yang meningkatkan tekanan darah.

"Dengan mengurangi aktivitas renin, cuka apel membantu pembuluh darah untuk rileks. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan angiotensin-converting enzyme, sehingga tekanan darah menjadi lebih rendah. Akan tetapi, jangan berlebihan. Cuka apel bersifat asam dan dapat mengikis gigi,” kata nutritionists, Dr. Sarah Brewer, seorang dokter dan pakar kesehatan dari Amerika Serikat.

Moms hanya perlu mengonsumsinya dengan mencampurkan tiga sendok makan cuka apel dalam segelas air hangat atau minuman apa pun pilihan Moms selama satu minggu penuh.

Akan tetapi, jangan gunakan minuman soda bergula untuk bahan campuran tersebut ya, Moms.

12. Mengatur Aliran Darah

Ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan tangan, kaki, dan varises karena sirkulasi darah yang buruk. Manfaat cuka apel ini membantu memudahkan aliran darah, sehingga meringankan kondisi ini.

Moms bisa mencampur cuka apel dengan lotion biasa dan gunakan pada bagian yang sakit. Selain itu, bisa juga membuat krim buatan sendiri dengan mencampurkan setengah gelas cuka apel, setengah wortel dan tiga sendok makan gel lidah buaya.

Untuk ramuan yang bisa diminum, ambil dua hingga tiga sendok makan cuka apel dan campur dengan secangkir air hangat bersama dengan madu.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Terduga

Manfaat Cuka Apel untuk Bayi

manfaat cuka apel untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Cuka apel juga memiliki manfaat untuk Si Kecil lho, Moms! Jika bingung apa manfaat cuka apel yang dapat diberikan untuk kesehatan bayi, yuk kita cari tahu berikut ini.

13. Mengatasi Masalah Eksim

Melansir situs National Eczema, mencampurkan cuka apel dengan air yang cukup, bisa membantu menghasilkan toner yang aman untuk kulit bayi.

Manfaat dari cuka apel ini diketahui dapat menghilangkan eksim pada bayi. Bila mengaplikasikan cairan ini ke tubuh, maka akan membantu mengurangi eksim, tanpa membuat kulit Si Kecil kering.

14. Mengobati Infeksi Jamur

Ketika bayi bertumbuh, Si Kecil mungkin rentan terhadap beberapa infeksi karena sistem kekebalannya yang masih belum berkembang dengan sempurna.

Karena itu, infeksi jamur pun sering terjadi. Manfaat cuka apel lain untuk bayi adalah dapat mengobati infeksi jamur dengan menggunakan cuka apel yang diencerkan.

Untuk merasakan manfaatnya, cara penggunaanya sama dengan mengobati eksim pada bayi. Campur dengan air, lalu aplikasikan tipis pada kulit bayi ya, Moms.

15. Meredakan Pilek Bayi

Menurut Nutrition Journal, manfaat cuka apel untuk bayi dapat meredakan pilek pada bayi.

Karena kandungan asam dalam cuka apel dapat menipiskan lendir di tenggorokan bayi, sehingga membantu mempercepat keluarnya lendir dari sistem pernapasan Si Kecil.

Karenanya, melonggarkan dahak dapat membantu Si Kecil merasa lebih baik. Ada juga beberapa alasan untuk percaya bahwa asam dalam cuka sari apel dapat bekerja untuk membunuh patogen yang membuat bayi Moms sakit.

16. Meredakan Kondisi Asam Lambung

Dilansir dari situs Sleep Baby, asam lambung merupakan salah satu hal yang bayi tidak bisa hindari. Sebagian besar bayi akan mengalami asam lambung. Manfaat cuka apel bisa digunakan untuk meredakan kondisi ini.

Namun tenang saja Moms, fungsi dari cuka apel ini dapat mengurangi gejala-gejala asam lambung pada bayi dengan kandungan formulanya. Dengan begitu, gejalanya akan berkurang.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Manfaat Cuka Apel untuk Ibu Menyusui

manfaat cuka apel untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya bagi ibu hamil dan Si Kecil, Moms yang sedang menyusui juga dapat merasakan manfaat dari pemakaian cuka apel, lho!

17. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi cuka apel saat menyusui dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes karena kemampuannya untuk mengatur gula darah.

“Namun, jika Moms seorang penderita diabetes, Moms harus tahu bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah, jadi perhatikan dan pantau kondisi gula darah Moms jika ingin mengonsumsinya,” kata Dr. Christine Traxler, M.D., OB/ GYN, dikutip dari Kids Simplified.

Selain itu, Dr. Taxler juga menyarankan agar Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan cuka apel untuk hal yang berhubungan dengan diabetes, terutama jika sedang mengonsumsi obat diabetes.

18. Menurunkan Berat Badan

Percobaan klinis yang diterbitkan dalam Journal of Functional Food menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan.

Para peneliti berpendapat bahwa manfaat cuka apel dapat memengaruhi berat badan dengan cara menurunkan nafsu makan seseorang.

Akan tetapi, cara ini tentunya harus tetap diimbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat agar Moms bisa mendapatkan hasil yang maksimal bahkan dengan penggunaan cuka apel ini, ya.

19. Obat Alami untuk Gejala Flu dan Pilek pada Busui

Dalam laman San Diego Breastfeeding Center (SDBFC), mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan setengah gelas air untuk berkumur dapat membantu untuk menghilangkan racun dan bakteri dalam mulut.

Oleh karena itu, manfaat cuka apel lainnya yaitu dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit tenggorokkan serta gejala flu dan pilek lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan, untuk Tulang Hingga Jantung!

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Rambut

Terakhir, ada juga manfaat yang tidak disangka dari penggunaan cuka apel untuk rambut. Penasaran, kan, apa saja manfaat cuka apel untuk rambut? Ini dia lima khasiatnya!

20. Memberikan Kilau Alami

Spesialis dermatologi sekaligus dosen University of California Los Angeles (UCLA) Medical Center, dr. Anna Guanche, mengatakan tentang manfaat cuka apel untuk rambut.

Menurut dr. Anna, cuka apel dapat menghaluskan dan menutrisi kutikula pada batang rambut. Kutikula adalah lapisan terluar batang rambut kita. Dengan begitu, rambut pun jadi terlihat lebih berkilau sehat.

Moms yang punya masalah rambut kusam bisa mencoba menggunakan cuka apel untuk rambut seminggu sekali.

21. Cegah Kerontokan

Rambut rontok bisa membuat panik, terutama untuk Moms dengan rambut tipis. Untuk mengatasinya, Moms bisa menggunakan cuka apel untuk membantu mencegah rambut rontok.

Hal ini karena manfaat cuka apel yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala. Rambut pun senantiasa bersih dan bernutrisi.

Untuk mencegah rambut rontok sekaligus mendukung pertumbuhan rambut, pijat kulit kepala dengan cuka apel secara rutin. Gerakan memijat kulit kepala ini bisa melancarkan sirkulasi sehingga rambut lebih cepat tumbuh.

22. Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Untuk Moms yang setiap hari menggunakan berbagai produk rambut seperti hair spray, foam, atau gel rambut, tak perlu khawatir akan sisa-sisa produk yang menempel.

Moms bisa membasuh rambut dengan cuka apel untuk membantu mengangkat dan membersihkan sisa-sisa produk di rambut dan kulit kepala hingga bersih total.

Ini karena bila rambut dan kulit kepala tidak dibersihkan hingga tuntas, sisa-sisa produk tersebut bisa menumpuk. Akibatnya, kulit kepala jadi gatal dan lebih rentan mengalami ketombe.

23. Mengurangi Gatal pada Kulit Kepala

Kulit kepala yang gatal memang sangat mengganggu dan bisa bikin Moms tidak percaya diri. Kabar baiknya, manfaat cuka apel untuk rambut adalah dapat mengurangi gatal di kulit kepala.

Pakar dermatologi dari Icahn School of Medicine di Amerika Serikat, dr. Debra Jaliman, menjelaskan bahwa cuka apel berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri yang cukup ampuh.

Jamur dan bakteri sendiri bisa menyebabkan infeksi yang membuat rambut terasa gatal.

Nah, manfaat cuka apel bisa digunakan membantu melawan infeksi akibat jamur dan bakteri. Gatal di kulit kepala pun berkurang dan Moms tidak perlu cemas lagi.

Tetapi, jika Moms sudah memakai cuka apel dan gatal di kulit kepala belum hilang juga, maka disarankan untuk langsung berkonsultasi ke dokter.

Ini karena mungkin saja ada kondisi lain yang menyebabkan kulit gatal seperti psoriasis atau dermatitis atopik yang membutuhkan penanganan dari dokter agar sembuh.

24. Menyeimbangkan pH Kulit Kepala

Manfaat cuka apel untuk rambut berikutnya adalah mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala.

Menurut spesialis kulit asal Amerika Serikat, dr. Erum Ilyas, MBE, FAAD, kulit kepala dan rambut yang sehat memiliki kadar keasaman yang agak tinggi. Kadar keasaman ini bisa terganggu oleh berbagai hal.

Beberapanya karena paparan bahan kimia dari sampo dan kondisioner hingga cat rambut. Moms bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasinya.

Menurut studi International Journal of Trichology, sampo yang punya pH tinggi akan membuat rambut mudah patah dan kering. Karena itu, manfaat cuka apel dengan sifat asamnya bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala dan rambut.

Dengan kadar pH yang seimbang, rambut Moms pun tetap sehat dan tampak indah meski terpapar berbagai bahan kimia.

Itu dia Moms ragam manfaat cuka apel untuk kesehatan, ibu hamil, bayi, ibu menyusui, dan juga untuk rambut. Ada banyak sekali, ya!

Artikel Terkait