KEHAMILAN
9 Desember 2019

8 Tanda-Tanda Hamil yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Hamil atau tidak? Ketahui lewat 8 tanda-tanda hamil berikut ini.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Mendengar kabar kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Memiliki buah hati akan membuat keluarga yang Moms bangun menjadi lebih lengkap. Berbagai macam cara dilakukan agar impian ini dapat terwujud.

Berhubungan seks yang tepat dan rutin adalah cara utama yang dilakukan. Apabila berhasil, tentu dalam waktu dekat Moms akan mengalami beberapa tanda-tanda hamil.

Terlambat menstruasi adalah salah satu tanda yang paling umum dilihat. Namun, itu belum tentu benar karena terlambat menstruasi juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya pola makan yang tidak tepat, gaya hidup, stres, dan lainnya.

Untuk melihat tanda-tanda hamil tidak perlu terpatok dengan telat menstruasi. Ini 8 tanda-tanda hamil yang wajib diketahui oleh calon ibu.

Pusing dan Sakit Kepala

nervous-stressed-female-student-feeling-headache-studying-cafe_1163-5168.jpg

Foto: freepik.com

Tanda-tanda hamil yang pertama adalah ketika Moms mengalami pusing dan sakit kepala ringan. Dilansir dari penelitian yang dilakukan National Institute of Child Health and Human Development, biasanya hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan tekanan darah yang rendah.

Jika kondisi ini semakin parah, tidak menutup kemungkinan calon ibu jatuh pingsan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga asupan makanan dan cairan Moms setiap harinya.

Baca juga: Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

Payudara Bengkak

woman-measuring-bust_23-2147929646.jpg

Foto: freepik.com

Adanya perubahan pada payudara bisa menjadi tanda-tanda hamil berikutnya. Perubahan yang dimaksud adalah ketika payudara Moms tampak bengkak dan sangat sensitif, seperti terasa nyeri atau sakit ketika disentuh. Pastikan Moms mengenakan bra yang nyaman agar tidak terasa sakit.

Sembelit

mid-section-woman-with-pain-abdomen_23-2147948557.jpg

Foto: freepik.com

Adanya peningkatkan dan perubahan hormon tidak hanya memengaruhi bagian kepala Moms, tetapi juga berpengaruh pada saluran pencernaan. Kondisi ini yang menyebabkan Moms jadi susah buang air besar atau sembelit. Tingkatkan asupan cairan dan serat untuk meredakan sembelit.

Baca juga: 5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

Mual dan Muntah

side-view-young-woman-suffering-from-nausea-kitchen_23-2147953209.jpg

Foto: freepik.com

Morning sickness seperti mual dan muntah merupakan tanda-tanda hamil selanjutnya. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, tetapi biasanya dimulai ketika Moms memasuki trimester awal kehamilan.

Walaupun rasa mual dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari, tetapi dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists, mual dan muntah juga bisa dirasakan oleh Moms kapan saja.

Sering Buang Air Kecil

woman-holding-hand-near-toilet-bowl-health-problem-concept_1150-6442.jpg

Foto: freepik.com

Tanda-tanda hamil yang wajib diketahui calon Ibu adalah sering buang air kecil. Setelah menstruasi terlambat, biasanya Moms akan mengalami buang air kecil yang lebih sering dari biasanya.

Ketika terjadi kehamilan, aliran darah akan meningkat ke arah ginjal sehingga memproduksi lebih banyak urin. Saat memasuki trimester ketiga kehamilan, terjadi juga peningkatkan buang air kecil yang disebabkan oleh pertumbuhan janin yang menambah tekanan pada kandung kemih.

Sensitif Bau

woman-smelling-something-bad_23-2147812609.jpg

Foto: freepik.com

Tahukah Moms, kehamilan ternyata juga bisa meningkatkan panca indera tubuh. Salah satunya adalah hidung. Moms mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap aroma atau bau.

Apabila menemukan bau yang tidak disukai, biasanya Moms akan mengalami mual dan muntah. Tidak hanya itu, rasa pusing di kepala pun juga bisa terjadi.

Ngidam

beautiful-happy-asian-woman-eating-plate-italian-seafood-spaghetti-restaurant-cafe-while_7861-1014.jpg

Foto: freepik.com

Nafsu makan meningkat dan menginginkan sesuatu yang sangat spesifik? Bisa jadi ini tanda-tanda hamil yang terjadi pada Moms.

Ngidam bukanlah suatu hal yang aneh, bahkan normal terjadi. Misalnya, tiba-tiba Moms ingin makan ayam dan minum es campur, padahal sebelum hamil Moms tidak menyukai dua jenis makanan tersebut.

Tidak hanya itu, biasanya ngidam yang Moms rasakan harus dipenuhi saat itu juga.

Baca juga: Ngidam Makanan Saat Hamil? Begini Caranya Supaya Tetap Sehat

Cepat Lelah

young-asian-teenager-woman-rubbing-her-eyes-feel-painful-after-playing-mobile-phone_7861-1610.jpg

Foto: freepik.com

Tanda-tanda hamil yang terakhir adalah tubuh terasa cepat lelah. Saat hamil tubuh Moms akan menghasilkan hormon progesteron.

Nah, hormon inilah yang berperan untuk mempersiapkan rahim menghadapi kehamilan. Meningkatnya kadar hormon progesterone ini akan membuat Moms jadi lebih lelah dari biasanya.

MA/KM

Artikel Terkait