BALITA DAN ANAK
3 Oktober 2019

Anak Suka Berdandan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pahami karakter, berikan produk yang aman, ajarkan polesan yang natural, kesehatan kulit wajah
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, berdandan merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh perempuan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga menyukai berdandan.

Si Kecil cenderung akan mengkuti Moms berdandan saat Moms melakukan hal tersebut di depannya. Rasa ingin tahunya yang tinggi membuatnya menginginkan melakukan hal yang sama.

Setelah ia berhasil mencobanya, sebagian anak akan terus menyukai hal tersebut. Namun sebagian ada pula yang hanya tertarik mencobanya begitu saja.

Lalu, bagaimana dengan Si Kecil yang sudah terlanjur suka berdandan? Kira-kira apa ya Moms yang harus dilakukan saat Si Kecil suka berdandan?

1. Pahami Karakternya

Pixabay_Pahami karakternya.jpg

Moms, sebenarnya saat Si Kecil suka berdandan, Moms harus memahami karakternya. Si Kecil bukan tidak boleh melakukan hal tersebut, namun Moms harus memberinya batasan-batasan agar tidak kelewatan.

Jangan sampai Moms memarahi Si Kecil saat ia sudah mulai menyukai berdandan. Pasalnya saat Moms mulai melarang dan memarahinya, Si Kecil cenderung akan tetap melakukan hal tersebut namun diam-diam tanpa sepengetahuan Moms.

Hal itu mungkin saja membuat Moms akan merasa kecolongan di beberapa kesempatan. Maka dari itu, jangan pernah melarang dan memarahinya.

Baca Juga: Yuk Dandani Si Kecil Saat Imlek!

2. Berikan Produk-Produk yang Aman

Pixabay_Berikan produk-produk yang aman.jpg

Apabila Si Kecil sudah mulai suka berdandan, Moms sebaiknya mulai memilihkan produk-produk yang aman untuk dirinya.

Usahakan agar ia tidak mengenakan produk yang tidak sesuai dengan umurnya. Biasanya ia akan menggunakan produk yang Moms gunakan, namun Moms harus bisa mencegahnya.

Beri dia produk yang sesuai dengan umurnya, sehingga kesehatan kulitnya akan terus terjaga. Pasalnya, kesalahan pemakaian produk dapat membuat si Kecil merasakan efek di kemudian hari.

Baca Juga: Ingin Mendandani Si Kecil? Ketahui Dulu Bahaya Makeup Orang Dewasa Bagi Anak

3. Ajari Berdandan Sesuai dengan Umur

Pixabay_Ajari sesuai dengan umur.jpg

Moms, berdandan bukanlah hal yang harus dihindari untuk Si Kecil. Perbolehkan Si Kecil berdandan, namun Moms harus memberi aturan-aturan dan penjelasan tertentu.

Salah satu hal yang harus Moms terapkan saat si Kecil mulai suka berdandan adalah dengan mengajarinya berdandan sesuai dengan usianya.

Jangan biarkan Si Kecil berdandan dengan berlebihan seperti orang dewasa. Berikan pemahaman bahwa saat ia berada dalam usia tersebut, ia lebih cocok memiliki hasil riasan yang natural.

Baca Juga: Mendandani Balita Seperti Orang Dewasa, Positif atau Negatif?

4. Jelaskan Mengenai Kesehatan Kulit Wajah

Pixabay_Jelaskan mengenai kesehatan kulit.jpg

Berdandan setiap hari memang bukan hal yang dianjurkan, apalagi untuk Si Kecil. Jika Moms memiliki Si Kecil yang suka berdandan, Moms seharusnya mulai memberinya edukasi perihal kesehatan kulit wajah.

Berikan penjelasan bagaimana setiap orang harus menjaga kesehatan kulitnya masing-masing. Boleh berdandan, namun jangan membiarkannya untuk terlalu sering berdandan.

Berikan contoh kepadanya efek wajah yang kerap dipolesi riasan sejak dini. Hal itu dapat membuat Si Kecil berpikir bahwa ia tak harus selalu tampil dengan dandanan setiap saat.

Artikel Terkait