KESEHATAN
22 Juni 2019

Anti Capek, Ketahui Cara Mengatasi Kelelahan Menyetir Liburan Jarak Jauh

Jangan sampai terlalu lelah saat menyetir
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Perjalanan mudik akan membutuhkan perjalanan yang panjang dan jauh, tentu hal ini bisa sangat melelahkan terutama bagi keluarga yang membawa kendaraan pribadi.

Jika lelah, tentu sebaiknya berhenti sebentar untuk beristirahat sejenak, sehingga tidak mengalami kelelahan berlebihan yang justru bisa timbulkan risiko.

Ada beberapa gerakan sederhana yang dapat menyegarkan tubuh dan yang lebih penting, membantu Moms tetap bersemangat sepanjang perjalanan.

Berikut ini daftarnya, dikutip dari Driving Ford.

Baca Juga: Ini Alasan Ibu Hamil Dilarang Menyetir Mobil atau Motor dan Risikonya

Untuk Kaki Lelah

pijat kaki.jpg

Foto: healthy-holistic-living.com

Mempertahankan aliran darah yang sehat ke kaki dapat menghindari kram otot yang terus berpindah di antara pedal.

Untuk melakukan itu, putar pergelangan kaki pada setiap kaki sebanyak lima hingga sepuluh kali, searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Ketika keluar dari mobil, cobalah menyentuh jari-jari kaki, baik itu dengan membungkuk saat berdiri atau dengan posisi duduk dan menyentuh jari kaki sampai hidung menyentuh lutut.

Untuk Lengan yang Lelah

pijat tangan.jpg

Foto: YouTube

Tak hanya kaki, lengan juga bisa terasa sakit karena memegang kemudi terlalu kencang atau terlalu lama. Untuk melepaskan ketegangan dan merilekskan lengan, angkat lengan ke atas kepala dan rentangkan setinggi mungkin hingga posisi menjinjit.

Pastikan untuk menaikkan dagu, dan usahakan untuk tetap menutup mata tetapi hati-hati karena harus menyeimbangkan tubuh agar tetap stabil.

Selanjutnya, rentangkan tangan di kedua sisi hingga dapat merasakan ketegangan di pinggang dan punggung bagian bawah.

Sebelum memulai perjalanan, pastikan juga untuk menyesuaikan roda kemudi ke posisi yang nyaman yang bisa memberikan ruang untuk melonggarkan lengan.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Titipkan Dulu Hewan Peliharaan Di Sini

Untuk Sakit Punggung

pijat punggung.jpg

Foto: bodyinbalanceny.com

Sedikit bergerak setiap kali berhenti untuk beristirahat, dapat menghilangkan kram dan rasa sakit di punggung dan lutut.

Regangkan satu kaki ke depan sampai tegak lurus dengan tanah dan berada di posisi 'lunge'. Selanjutnya, regangkan juga lengan dalam posisi yang sama dengan kaki.

Ini akan memmunculkan sedikit sensasi sakit di tubuh dan kaki. Begitu berada di posisi ini, diamkan selama 1-2 menit dan bernapaslah dengan berat.

Cara ini membantu mengendurkan otot punggung dan membuat darah mengalir.

Untuk Nyeri Leher

pijat leher.jpg

Foto: today.com

Untuk menyembuhkan kekakuan pada bahu dan leher dengan berdiri tegak, putarkan kepala dengan lembut dengan gerakan memutar dari kiri ke kanan, lalu depan ke belakang. Lalu, lakukan dengan arah sebaliknya.

Demikian pula, angkat bahu dan gerakkan ke depan, lalu ke bawah, dan ke belakang, dan lanjutkan gerakan ini selama 5-10 hitungan. Ini bisa meringankan otot di leher dan bahu Anda.

Cobalah latihan sederhana ini saat mudik dengan keluarga, untuk menghindari kelelahan, kekakuan tubuh dan otot-otot yang sakit.

(AP/IRN)

Artikel Terkait