2-3 TAHUN
4 April 2020

5 Penyebab Balita Suka Menggigit yang Perlu Moms Tahu!

Cari tahu apakah kebiasaan anak suka menggigit ini perlu dicemaskan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak balita kadang menunjukkan perilaku yang bikin orang tua geleng-geleng kepala hingga cemas. Mulai dari membentur-benturkan kepala, melempar-lempar barang, tidak mau pakai baju, hingga menggigit benda atau orang lain.

Perilaku anak yang suka menggigit juga kadang membuat orang tua malu dan khawatir, terutama bila dilakukan Si Kecil terhadap anak lain. Namun, sebelum Moms berpikir yang tidak-tidak, sebaiknya cari tahu dulu penyebab balita suka menggigit.

Baca Juga: Kenapa Anak Balita Suka Menggigit?

Penyebab Balita Suka Menggigit

Dikutip dari situs web What to Expect, perilaku anak balita yang suka menggigit ternyata lazim pada anak usia 1–3 tahun. Berikut beberapa penyebab balita suka menggigit.

1. Kemampuan Komunikasi Terbatas

crying.jpg

Foto: Raising Children

Anak balita yang kemampuan berbahasanya masih terbatas akan mencari cara untuk mengekspresikan emosi yang kuat seperti marah, frustrasi, hingga gembira.

Dikutip dari Zero to Three, menggigit merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan anak balita untuk mengekspresikan perasaan mereka, serta menyampaikan kebutuhan atau keinginan mereka, seperti ingin bermain, digendong, atau yang lain.

2. Minta Diperhatikan

how-to-deal-with-a-screaming-toddler-1024x576-1535029207.jpg

Foto: Today's Parent

Salah satu penyebab balita suka menggigit adalah ia ingin diperhatikan. Bila dengan mengoceh atau berteriak ia tetap tidak berhasil menarik perhatian Moms, bisa jadi ia akan menggigit sesuatu, atau bahkan menggigit Moms.

Baca Juga: Anak Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Ini Penyebab dan Cara Menghentikannya

3. Tumbuh Gigi (Teething)

toddler-teeth-issues-wide.jpg

Foto: Raising Children

Gigi pertama anak tumbuh pada usia sekitar enam bulan. Bagi banyak anak, proses tumbuh gigi ini dibarengi rasa nyeri karena gusi yang membengkak.

Secara naluri, Si Kecil akan mencari objek untuk digigit karena tindakan itu dapat meringankan rasa nyeri di gusi mereka yang sedang bengkak dan lunak.

4. Mengeksplorasi Sekitar

Happiest Baby.jpg

Foto: Happiest Baby

Anak balita memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin mengeksplorasi berbagai hal di sekitar mereka. Menggigit benda atau orang merupakan salah satu cara mereka mengeksplorasi sekitarnya.

Yang perlu Moms perhatikan adalah jangan sampai Si Kecil memasukkan benda-benda berbahaya ke dalam mulutnya.

Baca Juga: 3 Penyebab Balita Harus Mengulang Potty Training

5. Memaksakan Keinginannya

30571552-H.jpg

Foto: First Cry Parenting

Troy Dunn, konsultan dari Goodstart Early Learning National Inclusive Practices mengatakan, salah satu penyebab balita suka menggigit adalah karena mereka masih impulsif dan egosentris, yaitu hanya memikirkan keinginannya tanpa memahami dampak tindakannya terhadap orang lain.

Karena anak belum memiliki kemampuan sosial yang baik, ia akan melakukan cara-cara yang ia tahu untuk mendapatkan keinginannya, seperti merebut mainan atau makanan dari temannya, termasuk dengan cara menggigit.

Perilaku ini akan berhenti seiring dengan meningkatnya kemampuan bersosialisasi Si Kecil.

Nah Moms, itulah penyebab Si Kecil suka menggigit. Moms jangan dulu berpikir bahwa menggigit adalah tanda Si Kecil nakal ya. Ternyata memang ada alasan tersendiri mengapa balita suka menggigit.

(AN)

Artikel Terkait