PROGRAM HAMIL
9 Oktober 2019

Benarkah Bentuk Rahim Abnormal Bikin Susah Hamil?

Seperti apa sih, bentuk rahim yang normal?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Rahim merupakan salah satu organ reproduksi perempuan. Organ ini terletak di daerah panggul, tepatnya di belakang kandung kemih.

Dikutip dari Baby Center, rahim yang normal berbentuk seperti buah pir terbalik dengan panjang sekitar 7,5 sentimeter, lebar 5 sentimeter, dan luas sekitar 2,5 sentimeter. Sementara, bentuk rahim abnormal kira-kira seperti hati.

Bentuk Rahim Abnormal

Menurut James Nicopoullos, konsultan ginekologi dari The Lister Fertility Clinic, bentuk rahim abnormal seperti hati adalah salah satu jenis kelainan bawaan yang sudah terbentuk sejak seorang perempuan masih berupa embrio di kandungan ibunya. Nicopoullos menambahkan, bentuk rahim abnormal tidak dapat berubah lagi sepanjang hidup seseorang.

Bentuk rahim abnormal umumnya tak menampakkan gejala khusus. Perempuan yang memilikinya pun kebanyakan tak merasakan masalah berarti sampai saat ia berusaha punya keturunan.

“Bentuk rahim abnormal bisa ketahuan saat seorang perempuan melakukan pemeriksaan ginekologi, mendapat diagnosis infertilitas atau sudah hamil tetapi kemudian keguguran,” terang Nicopoullos.

Kelainan tersebut dapat diketahui melalui pemeriksaan USG transvaginal (pengambilan gambar organ reproduksi menggunakan alat USG melalui vagina) atau menggunakan alat MRI.

Baca Juga: Ternyata 3 Kelainan Rahim Ini Bikin Sulit Hamil

Apakah Bentuk Rahim Abnormal Menyebabkan Susah Hamil?

Bentuk Rahim Abnormal

Aktris Lena Dunham merupakan salah satu public figure yang secara terbuka mengatakan dirinya memiliki kelainan bentuk rahim ini. Ia mendapat diagnosis endometriosis dan akhirnya harus menjalani prosedur histerektomi (pengangkatan rahim).

Bentuk rahim abnormal memang dapat mempersulit seorang perempuan untuk hamil, tetapi bukan berarti peluang kehamilan sudah hilang sama sekali.

Perempuan dengan bentuk rahim abnormal dapat hamil, hanya diikuti dengan risiko lebih tinggi seperti kemungkinan keguguran.

Oleh karena itu, menurut Nicopoullos, perempuan yang memiliki bentuk rahim seperti hati harus menjalani pemantauan lebih ketat saat hamil.

Baca Juga: Mengenal Kuret pada Dinding Rahim, Amankah Dilakukan?

Sampai saat ini, para ahli masih belum dapat memahami kenapa bentuk rahim abnormal membuat kehamilan lebih berisiko terhadap keguguran.

Mereka menduga, penyebabnya karena bentuk rahim yang tidak sebagaimana mestinya itu memengaruhi kemampuan rahim dalam menyediakan kondisi yang layak bagi embrio untuk melekat dengan baik.

Kemungkinan lain adalah bentuk rahim seperti hati itu memengaruhi pertumbuhan bayi. Menurut Nicopoullos, kondisi tersebut memperbesar risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan persalinan prematur

Moms dengan bentuk rahim abnormal juga kemungkinan besar harus melahirkan melalui bedah Caesar. Ini terjadi karena bentuk rahim abnormal membuat ruang gerak bayi terbatas sehingga ia tidak dapat memutar dirinya agar dapat keluar melalui vagina.

Saat Moms menjalani program hamil memang ada saja hal yang bikin khawatir ya? Supaya tidak tersesat dengan informasi yang salah, yuk gabung ke WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya

orami wag

.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(AN)

Artikel Terkait