PASCA MELAHIRKAN
18 November 2019

Bentuk Payudara Berubah setelah Menyusui, Apakah Itu Normal? Ini 3 Tips Menjaga Bentuknya

Anggapan bahwa bentuk payudara berubah karena menyusui adalah salah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Normalkah jika bentuk payudara berubah setelah menyusui? Simak jawabannya di bawah ini.

Menjadi kewajiban seorang ibu untuk memberikan nutrisi pada bayi melalui ASI. Memang kegiatan menyusui ini merupakan kegiatan yang menyenangkan karena Moms bisa membangun hubungan yang lebih intim dengan Si Kecil.

Namun seiring dengan kegiatan menyusui bayi berjalan, terkadang ada juga beberapa kekhawatiran yang muncul. Biasanya banyak wanita yang khawatir jika bentuk payudaranya akan berubah. Menjadi kendur karena menyusui bayi.

Payudara Moms tidak lagi kencang karena rutin menyusui Si Kecil. Bagi sebagian wanita ini merupakan masalah yang sangat penting hingga bisa menimbulkan stres. Namun jika Moms merasa stres, hal ini juga akan mempengaruhi produksi ASI pada ibu.

Simak penjelasan tentang bentuk payudara berubah setelah menyusui berikut ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

Bentuk Payudara Berubah Setelah Menyusui, Normal atau Tidak?

payudara berubah, payudara berubah setelah menyusui

Foto: self.com

Kegiatan menyusui anak memang akan mempengaruhi bentuk payudara wanita. Akan tetapi perlu diketahui bahwa menyusui tidak membuat payudara menjadi kendur. Ternyata faktor utama yang menyebabkan kendornya buah dada adalah usia dan juga berat badan. Menyusui bukan penyebab utamanya.

“Payudara ibu biasanya akan bertambah lebih besar karena aktifnya kelenjar susu (mammary gland) ketika memproduksi ASI,” tutur dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo, konselor laktasi RS Pondok Indah – Puri Indah.

Menurut dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo, banyak wanita yang khawatir bahwa bentuk payudara akan berubah jelek dan kendur setelah menyusui, padahal hal ini tidak terbukti oleh banyak penelitian.

Salah jika kita menganggap bahwa kegiatan menyusui inilah yang membuat payudara Moms jadi kendur. Padahal payudara Moms akan kendur karena proses kehamilan itu sendiri.

Sementara itu, banyak faktor lainnya juga yang lebih berperan, seperti merokok, gravitasi, aging/penuaan, obesitas dan lain-lain.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Justru jika dilihat dari segi kesehatan, menyusui langsung justru memberikan dampak positif, seperti berkurangnya risiko kanker payudara, ovarium dan rahim, serta berkurangnya risiko obesitas, osteoporosis, dan lain-lain.

Namun jangan khawatir, untuk Moms yang takut bentuk payudara berubah setelah menyusui, berikut ini ada tips mudah untuk mendapatkan kembali payudara yang kencang. Yuk kita lihat.

1. Makan Makanan yang Bisa Mengencangkan Payudara

payudara berubah, payudara berubah setelah menyusui

Foto: foodrenegade.com

Ada beberapa makanan yang dipercaya mampu mengencangkan payudara secara alami. Moms bisa mengonsumsi salah satunya adalah umbi-umbian.

Umbi-umbian dipercaya sangat baik untuk mengencangkan payudara Moms. Mengapa? Karena makanan satu ini mengandung magnesium, kalium, juga mineral.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

2. Pijat dengan Es

payudara berubah, payudara berubah setelah menyusui

Es dipercaya mampu mengembalikan kekencangan dan elastisitas kulit, apalagi jika dipijat. Karena suhu yang dingin, pijatan membantu jaringan kulit berkontraksi, serta membuat payudara lebih kencang dan sehat.

Ambil 2-3 es batu dan bungkus dengan kain. Sekarang pijat payudara dengan es selama 15 menit. Ulangi dua kali sehari untuk mendapatkan kembali elastisitas kulit.

3. Olahraga

payudara berubah, payudara berubah setelah menyusui

Foto: zliving.com

Bentuk payudara berubah setelah menyusui dapat diatasi dengan olahraga, terutama di bagian dada. Moms bisa coba melakukan push up. Jika Moms bergabung dalam gym, tanyakan personal tutor, tentang olahraga yang berkonsentrasi pada bagian dada dan meningkatkan penampilannya.

Nah, sekarang anggapan bahwa bentuk payudara bisa berubah setelah menyusui itu tidak benar ya Moms. Jadi Moms sudah bisa menyusui Si Kecil dengan tenang.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait