BAYI
16 Mei 2020

Bernyanyi Lebih Efektif Menenangkan Bayi

Lagu tidur membuat nyenyak dan ternyata lebih efektif dibandingkan berbicara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat bayi rewel dan menangis, Moms tentu akan berusaha menenangkannya. Jika biasanya Moms menenangkan Si Kecil dengan cara mengajaknya berbicara dengan maksud mengalihkan perhatiannya, kini cobalah untuk langsung menyanyikan lagu untuk bayi.

Lagu Tidur Membuat Nyenyak Tidur Bayi

Menurut penelitian, cara ini rupanya lebih ampuh menenangkan bayi. Selain itu, menyanyikan lagu, termasuk lagu tidur membuat nyenyak Si Kecil lebih mudah.

Penelitian Psikologis Bayi

1 Penelitian Psikologis Bayi.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Sebuah penelitian dalam jurnal Infancy, meneliti 30 bayi sehat dengan rentang usia enam hingga sembilan bulan. Para bayi diperdengarkan dengan rekaman bayi berbicara, orang dewasa berbicara, dan menyalakan lagu berbahasa Turki (bahasa yang tidak biasa bayi dalam penelitian ini dengar).

Para peneliti menyalakan rekaman tersebut sampai bayi memperlihatkan wajah menangis (alis diturunkan, sudut bibir ditarik ke samping, mulut terbuka, dan mengangkat pipi - yang merupakan ekspresi wajah bayi sedih paling umum).

Hasilnya, saat mendengar lagu Turki, bayi cenderung tetap tenang dalam durasi rata-rata sekitar sembilan menit. Sedangkan, “Rekaman bayi bicara hanya menenangkan mereka sekitar empat menit dan suara orang dewasa berbicara menenangkan mereka dalam durasi di bawah empat menit,” ungkap peneliti utama studi, Mariève Corbeil, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Hal ini menunjukkan, meski lagu yang diperdengarkan kepada bayi bukanlah bahasa yang biasa bayi dengar, namun hal tersebut dapat membuatnya tenang lebih lama dari hanya sekedar berbicara. Melihat hal ini, lagu tidur membuat nyenyak mungkin dapat menjadi jalan keluar, dibandingkan hanya mengajak bayi berbicara sebelum tidur.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Manfaat Musik Bagi Bayi

2 Manfaat Musik Bagi Bayi.jpg

Foto: Philip Walker – Pixabay.com

Musik memang telah lama memiliki manfaat untuk bayi. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh ritme dan pola dalam musik. Awal mula kehidupan bayi sangat lekat dengan ritme, yaitu detak jantung Moms yang tanpa henti dan membantu bayi untuk tidur, makan, dan bermain di dalam perut.

Sehingga cukup masuk akal jika musik memiliki efek positif bagi bayi setelah mereka lahir. Selain lagu tidur membuat nyenyak dan menenangkan, menyanyikan bayi lagu juga menjadi bentuk ekspresi bahasa.

Lagu menghadirkan deretan kosakata yang berbeda, sehingga dapat memaksimalkan jumlah kata yang dikenali bayi untuk kelak berbicara.

Baca Juga: Tips Mengurangi Refleks Moro Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Bersenandung

3 Bersenandung.jpg

Foto: Giu Vicente – Unsplash.com

Tidak hanya lagu tidur membuat nyenyak, manfaat menyanyikan lagu juga akan didapatkan oleh Moms atau Dads. “Terutama jika Moms atau Dads terlalu lelah untuk membacakan bayi buku di akhir hari,” ungkap Terapis Musik, Selena Cheyne, seperti dikutip dari kidspot.com.au.

Selain itu, menyanyi juga akan menciptakan atmosfer yang menenangkan, baik untuk bayi maupun orang tua yang menyanyikannya.

Jika merasa suara nyanyian Moms atau Dads buruk atau tidak percaya diri untuk menyanyi, Moms atau Dads bisa menggantinya dengan mulai bersenandung. “Bersenandung dapat menenangkan keseluruhan sistem saraf, itulah mengapa banyak digunakan pada kelas yoga,” tambah Selena.

Baca Juga: 6 Cara Rahasia Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Jika melihat bayi mulai menangis atau rewel, saatnya Moms menyanyikan lagu tidur membuat nyenyak, agar bayi kembali tenang.

Artikel Terkait