BALITA DAN ANAK
9 Desember 2019

Bikin Pusing, Begini Cara Menghadapi Anak Cerewet agar Menjadi Tenang

Jangan beri label, beri ia kesempatan berbicara, tetapkan batas, bermain game, dan luangkan waktu
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, mempunyai anak yang banyak bicara atau cerewet memang ada kelebihan dan kekurangannya. Biasanya, Si Kecil yang sudah banyak bicara sedari dini, akan tumbuh menjadi orang yang pintar lho Moms.

Namun, semakin ke sini, apakah Moms semakin khawatir dengan kebiasaan anak cerewet di rumah setiap hari?

Mengatasi Anak Cerewet dengan Mudah

Tak perlu khawatir Moms, berikut ini adalah cara mengatasi anak cerewet:

1. Jangan Memberi Label

Pixabay_Jangan memberi label.jpg

Memberi label pada Si Kecil yang banyak bicara bisa menjadi pukulan serius bagi harga dirinya lho Moms.

Sebaliknya Moms harus lebih menghargai Si Kecil bahwa itu adalah dirinya. Bersyukur bahwa dia nyaman dengan berbagi pemikirannya, sehingga membuat ia banyak bicara.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Moms Lakukan untuk Menghadapi Anak Cerewet

2. Beri mereka Kesempatan untuk Berbicara

Pixabay_Beri mereka kesempatan untuk bicara.jpg

Berikan Si Kecil Moms waktu yang cukup setiap hari untuk menyuarakan apa yang ia katakan. Lihatlah matanya dan berbicaralah dengannya. Dia perlu tahu bahwa tidak apa-apa untuk berbicara.

Nah, Moms sebaiknya jangan pernah menghambat komunikasinya, karena ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari bagi anak cerewet.

3. Tetapkan Batas

Pixabay_Tetapkan batas.jpg

Ajari Si Kecil bahwa tidak apa-apa berbagi segalanya. Hal-hal tertentu bersifat pribadi, tempat-tempat tertentu, seperti perpustakaan, misalnya, berada di luar batas. Ini akan membantunya memahami keadaan sosial, ekspresi, dan bahasa tubuh orang lain.

Terus pantau saat Si Kecil berada di suatu tempat yang menyebabkan ia menerima topik yang salah. Moms juga dapat memberi tahunya, jika ia tidak yakin dengan apa ia ingin katakan, dia boleh datang dan bertanya dengan Moms kapanpun.

Baca Juga: Kenali Tahapan Perkembangan Kemampuan Berbicara Bayi

4. The Quiet Game

Pixabay_The Quiet Game.jpg

Anak cerewet harus ditanamkan kebiasaan mendengar. Nah, ada sebuah permainan yang bagus lho Moms. Permainan ini merupakan permainan yang mengajarkan Si Kecil ketenangan.

Dalam permainan ini, orang yang memecah kesunyian pertama kali kalah. Ini akan memberinya cukup waktu untuk terbiasa dengan konsep tetap diam dan mendengarkan orang lain.

5. Luangkan Waktu

Pixabay_Luangkan waktu.jpg

Ini bisa sangat melelahkan jika Moms berurusan dengan anak cerewet, namun Moms tetap berhak untuk istirahat.

Dengarkan musik, biasakan, membaca buku, atau terlibat dalam aktivitas di mana Si Kecil nantinya akan bergabung dengan Moms.

Jika Si Kecil dapat mengikuti aktivitas Moms, ia akan asyik dengan kegiatan tersebut dan sedikit mengalihkannya supaya tidak banyak bicara.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Balita yang Banyak Bertanya dan Cerewet

Nah, sebagian besar anak cerewet ini dapat ditangani dengan baik dengan metode yang serupa dengan yang disebutkan di atas ya Moms..

Pada hal tertentu, hiperaktifitas bisa juga disebabkan oleh kondisi medis seperti Sindrom Asperger, Attention Deficit Hyperactivity Disorder, dll. Moms dapat memeriksakan anak pada dokter untuk menghindari kemungkinan ini ya.

Artikel Terkait