PROGRAM HAMIL
14 Juni 2019

Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas

Cari tahu cara yang paling pas dengan kondisi Moms dan Dads.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Infertilitas dapat terjadi pada pria maupun perempuan. Di Amerika Serikat, sekitar 9% pria dan 11% perempuan berusia produktif pernah mengalami masalah infertilitas.

Infertilitas adalah deskripsi kondisi pasangan (usia di bawah 35 tahun) yang tidak dapat hamil secara alami meskipun mereka telah berhubungan secara rutin tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun.

Pada pasangan yang mengalami masalah infertilitas, penyebabnya bisa pada pria, pada perempuan, atau bisa juga tidak diketahui. Dikutip dari situs web National Institute of Child Health and Human Development, proporsi untuk ketiga penyebab itu cukup rata, yaitu masing-masing sekitar 30%.

Infertilitas memang dapat menghambat terjadinya kehamilan. Namun, bukan berarti pasangan yang mengalami masalah infertilitas sama sekali tidak mempunyai kesempatan untuk punya anak.

Ada empat cara mengatasi infertilitas yang dapat membantu pasangan untuk dapat hamil.

1. Mengatur Berat Badan

Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas (1).jpg

Salah satu faktor yang memengaruhi kesuburan adalah berat badan. Pada perempuan, kelebihan ataupun kekurangan berat badan dapat mengganggu fungsi hormon (termasuk hormon reproduksi) dan memengaruhi siklus ovulasi.

Oleh karena itu, mencapai berat badan ideal merupakan salah satu cara mengatasi infertilitas. Dikutip dari situs web Jean Hailes, menurunkan berat badan sekitar 5−10% saja dapat meningkatkan peluang Moms untuk hamil. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi asupan bernutrisi.

Baca Juga: Makanan Sehat Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan

2. Induksi Ovulasi

Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas (2).jpg

Cara mengatasi infertilitas yang kedua ini disebut juga terapi hormonal. Tujuannya adalah merangsang indung telur agar melepaskan sel telur. Dr. Prima Progestian, SpOG dalam situs webnya menjelaskan bahwa terapi ini hanya diberikan kepada Moms yang memang telah diketahui memiliki masalah pada keseimbangan hormon reproduksinya (FSH dan LH). Masalah hormonal tersebut yang menyebabkan gangguan ovulasi sehingga membuat Moms susah hamil.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

3. “Pengeboran Ovarium”

Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas (3).jpg

Prosedur ini bertujuan meningkatkan peluang ovulasi, umumnya pada penderita PCOS. Langkah ini biasanya baru diambil bila tubuh Moms tidak merespons terhadap obat kesuburan yang telah diberikan sebelumnya.

Prosedur ini menggunakan teknik laparoskopi atau bedah minimal invasif. Dokter akan membuat sayatan kecil di perut, lalu memasukkan jarum kecil yang membawa arus listrik untuk menghancurkan jaringan kecil yang menebal di ovarium. Setelah melakukan prosedur ini, dalam waktu 6-12 bulan siklus ovulasi Moms akan kembali normal.

Baca Juga: Tes Kesuburan untuk Wanita dan Pria, Apa Saja?

4. Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB)

Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas (4).jpg

Kemajuan teknologi membantu banyak pasangan yang kesulitan hamil secara alami untuk dapat mempunyai momongan melalui layanan assisted reproductive technology atau teknologi reproduksi berbantu (TRB). Contoh perawatan teknologi ini adalah in vitro fertilisation (IVF) atau bayi tabung.

Moms dan Dads yang tertarik untuk mencoba cara mengatasi infertilitas keempat ini perlu tahu bahwa prosedur TRB tidak dapat dilakukan di sembarang rumah sakit. Sesuai peraturan Kementerian Kesehatan, prosedur TRB hanya dapat dilakukan di rumah sakit umum dan rumah sakit khusus ibu dan anak yang memiliki izin.

Itulah 4 cara mengatasi infertilitas yang bisa Moms dan Dads coba agar cepat punya momongan. Semoga berhasil ya Moms dan Dads.

(AN)

Artikel Terkait