PROGRAM HAMIL
27 Februari 2020

Bisakah Hamil Saat Sedang Menyusui?

Mencoba hamil saat menyusui dapat dilakukan, terutama setelah enam bulan kelahiran
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin pernah mendengar bahwa hamil saat menyusui merupakan hal yang mustahil. Sehingga muncul anggapan bahwa Moms dan Dads bebas berhubungan seksual tanpa pengaman, ketika masih menyusui.

Rupanya ini merupakan hal yang masuk akal, terutama bagi Moms yang baru memiliki anak setidaknya di bawah setahun.

Namun kabar baik bagi Moms yang mencoba hamil saat menyusui, karena beberapa faktor dapat memungkinkan kehamilan meski sedang menyusui.

Baca Juga: Hamil Saat Masih Menyusui, Amankah?

Hamil Saat Menyusui, Mungkinkah?

1 Hamil Saat Menyusui, Mungkinkah.jpg

Foto: kevin liang – Unsplash.com

Ya, sangat mungkin untuk mencoba hamil saat menyusui, jika Moms dan Dads berhubungan seksual di saat tersebut. Bahkan menyusui sendiri sebenarnya merupakan bentuk pengendali kehamilan, yang secara medis disebut sebagai lactation amenorrhea method (LAM).

Jika dijalankan dengan benar, LAM dapat menjadi salah satu cara efektif sebagai kontrasepsi hormon atau pengendali kehamilan hormon. Tanpa perlu mengetahui alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau IUD.

“Hal ini karena hormon yang mempromosikan produksi air susu ibu (ASI), terutama prolaktin, dapat menekan ovulasi. Jika Moms tidak berovulasi, makan tidak dapat hamil,” ungkap Amanda Kallen, MD, Asisten Profesor Kebidanan, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di Yale School of Medicine, New Haven, seperti dikutip dari health.com.

Baca Juga: 5 Tips Menyusui Aman dan Nyaman saat Hamil

Kesempatan Hamil Saat Menyusui

2 Kesempatan Hamil Saat Menyusui.jpg

Foto: Rainier Ridao – Unsplash.com

Mencoba hamil saat menyusui baru dapat mungkin terjadi jika Moms sudah tidak terlalu ketat memberikan ASI pada bayi atau bayi sudah mulai diberi makanan pendamping ASI (MPASI).

Karena saat Moms hanya menyusui saja, tubuh akan mendapatkan umpan balik hormonal terus menerus. “Biasanya setelah enam bulan postpartum, kebanyakan wanita akan mulai berovulasi lagi,” ungkap Dokter kandungan sekaligus Ketua Kebidanan dan Ginekologi di Vista East Medical Center, Waukegan, Illinois, Jamil Abdur-Rahman, MD, seperti dikutip dari self.com.

Itulah saat yang tepat bagi Moms dan Dads untuk berhubungan seksual tanpa pengaman, jika sudah siap mencoba hamil saat menyusui.

Moms sebenarnya mungkin saja sudah berovulasi sebelum itu, namun seringkali tidak menyadarinya dan itulah yang membuat banyak kehamilan mendadak.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyusui Sejak Masa Kehamilan

Menyusui Sebagai Bentuk Kontrasepsi

3 Menyusui Sebagai Bentuk Kontrasepsi.jpg

Foto: phduet - freepik.com

Ada beberapa poin penting yang dapat dijadikan acuan bagi pasangan yang mencoba hamil saat menyusui atau sebaliknya ingin menggunakan LAM.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, LAM dapat digunakan sebagai pengendali kehamilan jika masih berada pada kondisi amenorrhea (beum mengalami periode menstruasi setelah melahirkan bayi), sedang memberi ASI penuh tanpa bayi diberi makanan pendamping, dan kurang dari enam bulan setelah melahirkan bayi.

Dengan kata lain, LAM hanyalah metode sementara yang dapat digunakan sebagai pengendali kehamilan dan Dokter akan merekomendasikan untuk menggunakan bantuan pengendali kehamilan lainnya jika Moms yang belum siap memiliki anak, sudah tidak memenuhi tiga kriteria LAM di atas.

Itulah hal yang perlu Moms dan Dads ketahui jika sudah siap mencoba hamil saat menyusui atau sebaliknya ingin menggunakan masa menyusui sebagai pengendali kehamilan.

Artikel Terkait