PROGRAM HAMIL
21 September 2020

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

Pecinta rambutan masih boleh makan ini saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat hamil Moms harus sangat memperhatikan asupan makanan yang masuk. Makanan yang dikonsumsi tentunya sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Konsumsi buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam makanan akan sangat baik untuk membantu tumbuh kembang janin lebih baik lagi.

Tentunya, ada beberapa makanan yang dilarang dan dianjurkan oleh dokter Moms. Kadang larangan atau anjuran dari dokter kurang cukup untuk Moms dan pasangan untuk meyakini sesuatu.

Lalu, bolehkah ibu hamil makan rambutan? Apakah rambutan menjadi salah satu buah yang menjadi pantangan dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan?

Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 9 Khasiat Buah Delima untuk Perencanaan Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan?

bolehkah ibu hamil makan rambutan=1

Foto: Orami Photo Stock

Buah rambutan ini adalah salah satu makanan yang menjadi korban mitos banyak orang tentang apa yang akan terjadi ketika makan rambutan saat Moms sedang hamil.

Dengan penampilan yang tidak sebaik apel atau pisang, buah rambutan jadi tersingkirkan. Wajar jika muncul banyak pertanyaan "bolehkah ibu hamil makan rambutan?"

Rambutan sendiri merupakan buah eksotis asli Asia Tenggara yang memiliki nama botani yaitu Nephelium Lappaceum.

Buah yang tumbuh di wilayah tropis ini memiliki ukuran yang kecil dan berwarna merah hingga kuning. Penampilannya yang berbulu ternyata berbanding terbalik dengan apa yang dimilikinya.

Mark Bradhsaw, MD, seorang dokter obgyn dari Amerika Serikat, mengatakan buah ini pada dasarnya baik. Jadi, ibu hamil tetap bisa makan rambutan tanpa risiko berarti.

“Sebab, rambutan banyak mengandung nutrisi seperti zat besi,” ujarnya.

Karena itu, buah ini bisa dinikmati dan mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Berdasarkan artikel dari Purdue University, rambutan mengandung 68 kkal dan jumlah kecil kalium (140 mg), kalsium (15 mg), magnesium (10 mg), natrium (2 mg) dan besi (0,1 -2,5 mg).

Daging rambutan yang bisa dimakan mengandung sekitar 2,8 g serat makanan per 100 g buah. Ini memiliki sekitar 70 mg vitamin C yang membantu dalam menyerap zat besi.

Jurnal BMC Public Health mengungkapkan bahwa buah rambutan memiliki kandungan yang tinggi lemak dan kalori dan dapat membantu ibu hamil memenuhi persyaratan kalori harian.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

Apa yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Makan Rambutan Saat Hamil?

bolehkah ibu hamil makan rambutan-2

Foto: Orami Photo Stock

Selain mengetahui tentang bolehkah ibu hamil makan rambutan, pada Journal of Ethics Foods, disebutkan bila rambutan diyakini akan menghalangi jalan lahir dan mempersulit persalinan. Tetapi, hal ini tidak cukup bukti ilmiahnya.

Selain itu, Mark mengungkapkan beberapa peringatan bagi Moms yang ingin mengonsumsi rambutan. Moms harus mengontrolnya karena rambutan yang terlalu matang bisa membuat Moms seakan habis mengonsumsi alkohol.

Jika itu terjadi, akan berbahaya untuk janin dan Moms sendiri karena alkohol tidak baik dikonsumsi saat hamil.

“Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah kandungan gula yang tinggi bisa membuat ibu hamil yang suka makan rambutan berada dalam risiko punya anak dengan penyakit diabetes gestasional,” tambahnya.

Tetapi, pada ibu hamil yang ingin makan rambutan, pastikan tidak memiliki aleri tertentu terhadap buah ini. Alergi buah rambutan jarang terjadi, tetapi telah dilaporkan.

Dalam jurnal Allergy Clinical Immunology, dilaporkan seorang pelaut berusia 22 tahun yang mengunjungi Thailand mengalami mata gatal, gatal-gatal, dan tenggorokan bengkak dalam beberapa menit setelah makan rambutan untuk pertama kalinya.

Meskipun kasus ini bukan baru (dilaporkan pada tahun 1998), reaksi yang dijelaskan tetap menunjukkan gejala alergi makanan khas yang terlihat hari ini.

Pasien akhirnya didiagnosis dengan rambutan dan alergi lingkungan melalui tes tusuk kulit.

Alergi terhadap rambutan dapat dikaitkan dengan alergi terhadap lateks atau buah-buahan lain, tetapi tidak selalu demikian. Jika Moms mencurigai alergi makanan, temui ahli alergi untuk mendapatkan pengujian lebih lanjut.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil, Sehat!

Apa Saja Manfaat Ibu Hamil Makan Rambutan?

bolehkah ibu hamil makan rambutan-3

Foto: Orami Photo Stock

Meski ada catatan yang perlu diperhatikan, rambutan sendiri memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mengetahui jawaban tentang bolehkah ibu hamil makan rambutan, Moms juga perlu mengetahui manfaat dari buah rambutan.

1. Mengurangi Mual dan Pusing Saat Hamil

Pertama, buah ini mengurangi mual dan pusing. Rasa manis yang dimiliki rambutan akan membuat Moms bisa menghilangkan rasa mual serta pusing saat hamil.

2. Bantu Jaga Tubuh dari Penyakit

Manfaat ibu hamil makan rambutan adalah menjaga tubuh dari penyakit. Rambutan punya kandungan yang bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik dan mengatasi sembelit serta diare saat hamil.

Berkat nutrisinya, Moms juga bisa terhindar dari risiko penyakit flu, sakit kepala, hingga demam.

3. Sumber Vitamin E yang Bagus untuk Kulit

Rambutan juga sumber vitamin E yang baik untuk kulit. Ibu hamil makan rambutan biasanya punya beberapa keluhan soal kulit yang memerah dan sebagainya.

Mengkonsumsi rambutan yang mengandung vitamin E tinggi akan membantu Moms menjaga kulit tetap sehat. Jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini tidak akan terjadi jika Moms mengkonsumsi rambutan secara tepat.

4. Bisa Melakukan Detoksifikasi Tubuh

Buah ini juga dipercaya dapat membantu detoksifikasi tubuh. Rambutan dipercaya bisa menghilangkan semua racun dalam tubuh termasuk kandungan logam berat.

Baca Juga: 9 Khasiat Buah Delima untuk Perencanaan Kehamilan

5. Menambah Imunitas Tubuh

Terakhir, ibu hamil makan rambutan juga dapat menambah kekebalan tubuh. Saat hamil Moms akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah. Alhasil, Moms akan mudah terserang penyakit saat hamil.

Tidak hanya gangguan penyakit umum, Moms juga bisa terserang infeksi sehingga mengganggu tumbuh kembang janin dan kesehatan Moms selama proses kehamilan.

Nah, di sini rambutan berperan aktif melawan risiko-risiko tersebut.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Seringkali, penderita diabetes percaya bahwa buah terlalu manis untuk dimasukkan ke dalam makanan mereka.

Namun, ibu hamil makan rambutan menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan jumlah gula yang relatif rendah (terutama jika dibandingkan dengan makanan manis atau olahan lainnya).

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa penderita diabetes harus menjauhi buah yang dikemas dalam sirup atau dengan tambahan pemanis.

Dalam jurnal Public Library of Science, sebuah studi selama 7 tahun yang mengamati 500.000 orang dewasa di China menemukan bahwa konsumsi buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasi vaskular yang lebih rendah.

7. Dapat Mencegah Penambahan Berat Badan

Pada ibu hamil makan rambutan, sebenarnya tidak ada penelitian khusus yang menunjukkan bagaimana rambutan dengan sendirinya dapat mencegah penambahan berat badan.

Namun, buah-buahan, secara umum, sesuai penelitian, dapat mencegah penambahan berat badan karena memiliki kepadatan energi yang rendah.

Buah-buahan juga mengandung sejumlah serat yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan membantu Moms tetap kenyang lebih lama.

8. Memiliki Sifat Antibakteri Dan Antiseptik

Studi dalam Journal of King Saud University, menunjukkan bahwa rambutan telah digunakan sejak zaman kuno karena sifat antibakterinya.

Studi tertentu juga berbicara tentang sifat antiseptik buah ini, yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Buah ini mempercepat penyembuhan luka dan juga mencegah pembentukan nanah.

Baca Juga: 5 Buah-Buahan yang Harus Dihindari Selama Hamil, Ini Daftarnya

9. Meningkatkan Energi

Pada ibu hamil makan rambutan, akan merasakan manfaat karena buah ini mengandung karbohidrat dan protein, keduanya dapat memberikan dorongan energi saat dibutuhkan.

Selain itu, gula alami dalam buah juga membantu dalam aspek ini.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Pada ibu hamil makan rambutan, dapat membantu pencernaan dan juga mencegah masalah pencernaan di masa kehamilan seperti sembelit.

Selain itu, sifat antibakteri dapat membantu membunuh parasit usus. Sehingga mengobati diare juga. Namun, penelitian tentang hal ini masih sedikit. Lebih baik bila Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Sifat antibakteri rambutan dapat mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya seperti gatal, dan vitamin C dalam buah ini dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Kandungan tembaga di rambutan mengobati rambut rontok. Ini juga meningkatkan warna rambut dan mencegah uban prematur. Ini menjadi manfaat lain pada ibu hamil makan rambutan.

Rambutan juga mengandung protein yang dapat memperkuat akar rambut. Vitamin C juga dapat memberikan kilau tambahan pada rambut. Moms cukup mengoleskan jus rambutan ke rambut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum keramas seperti biasa.

Karena hanya ada sedikit penelitian dalam aspek ini, disarankan Moms berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan rambutan untuk kesehatan kulit kepala/rambut selama hamil.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Biji buah rambutan dikenal dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Moms bisa menghancurkan bijinya menjadi pasta dan oleskan ke kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih.

Menggunakan pasta biji secara teratur dapat melembutkan dan menghaluskan kulit serta memperbaiki teksturnya.

Manfaat ibu hamil makan rambutan juga bisa melembapkan kulit. Mangan dalam buah ini, bersama dengan vitamin C, membantu produksi kolagen dan juga bertindak sebagai antioksidan yang merusak radikal bebas.

Semua ini membuat kulit Moms sehat dan awet muda untuk waktu yang lama.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Anggur bagi Ibu Hamil, Cek di Sini Moms!

Bagaimana Tips untuk Ibu Hamil Makan Rambutan?

bolehkah ibu hamil makan rambutan-4

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang masih awam dalam mencari rambutan yang matang dengan baik, ketahui bahwa rambutan matang ketika rambutnya (spinterns) menjadi merah atau kuning. Jika masih hijau, berarti buahnya masih mentah.

Dalam jurnal College of Tropical Agriculture and Human Resources, rambutan telah melewati masa puncaknya ketika rambutnya mulai berubah warna menjadi coklat dan mengering.

Carilah warna kulit yang cerah dan seragam yang bebas dari tanda-tanda serangga atau penyakit.

Sementara, mengutip Very Well Fit, untuk kondisi penyimpanan yang ideal untuk rambutan adalah antara 7-15 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 90-95 persen.

Meskipun warna eksterior dapat sedikit berubah, bagian dalamnya tetap segar selama 14–16 hari. Dalam kondisi yang lebih hangat atau lebih kering, rambutan hanya bertahan selama 3 sampai 5 hari.

Seperti semua buah segar, penting untuk mencuci tangan dan membilas rambutan di bawah air mengalir sebelum ibu hamil makan rambutan. Setelah mengupas dari kulitnya, simpan rambutan dalam lemari es di wadah kedap udara dan makan dalam beberapa hari.

Pada ibu hamil makan rambutan segar, potong kulit luarnya dengan pisau tajam dan keluarkan. Selanjutnya, iris buah untuk mengeluarkan biji bagian dalam yang pahit.

Jika ingin dijadikan olahan lain, daging rambutan bisa disajikan sebagai bagian dari salad buah atau smoothie. Dengan rasa manis alami, rambutan juga bisa menggantikan buah-buahan lain seperti mangga atau nanas dalam sorbet.

Moms sudah mengetahui jawaban tentang "bolehkah ibu hamil makan rambutan", lalu apakah Moms ingin mengonsumsi rambutan? Jika belum, yuk, coba. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, ya.

Artikel Terkait