2-3 TAHUN
1 November 2019

Perkembangan Batita Bulan Ke-29

Anak semakin bersemangat memperlihatkan pada dunia apa-apa saja yang kini bisa dilakukannya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Perkembangan Anak:

Seiring dengan kemampuan si kecil mengontrol gerakan tubuhnya, ia jadi semakin bersemangat memperlihatkan pada dunia apa-apa saja yang kini bisa dilakukannya. Begitu bersemangatnya, sampai ia mungkin ingin Moms dan Dads menyaksikannya melakukan sesuatu berulang-ulang dan berkali-kali!

Ketika Moms memperhatikan aksinya dengan mata berbinar atau memberinya tepukan, ia akan merasa pintar, berbakat, dan hebat. Ini sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Baca Juga: Si Kecil Termasuk Balita Hiperaktif? 5 Makanan Ini Bisa Membuatnya Tenang

Catatan Bulan Ini:

Tahapan di mana anak mengembangkan kepercayaan diri atas apa yang ia mampu lakukan dengan menguasai gerak tubuhnya sangat penting hingga anak berusia tiga tahun nanti. Ini juga menjadi tanda bahwa anak akan segera siap melakukan secara mandiri hal-hal yang menyangkut perawatan dirinya seperti memakai baju, menyikat gigi, hingga mandi sendiri.

Tip untuk Moms:

Belikan mainan yang tepat dan memberi anak kesempatan menggunakan keterampilan-keterampilan barunya ini. Gawang kecil untuk pemain super Moms, satu set bola dan pin bowling plastik, atau ring untuk si jago melempar dan banyak lagi. Moms bisa memilihnya di sini.

(AK/EMA)

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait