2-3 TAHUN
31 Maret 2020

3 Cara Melatih Anak Menjaga Kebersihan Diri, Yuk Terapkan!

Biasakan anak melakukan langkah-langkah ini sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil senang bermain kotor dan membuat berantakan? Itu wajar, Moms. Anak balita sedang dalam tahap mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya. Pada tahap usia ini, ia belum memahami konsep kebersihan dan kesehatan.

Meski begitu, menurut Brett R. Kuhn, Ph.D., psikolog anak dari University of Nebraska Medical Center sekaligus penulis buku The Toddler Owner's Manual, periode balita adalah waktu paling tepat bagi orang tua untuk mulai melatih anak menjaga kebersihan.

Sementara, Julia Cook, penulis buku Hygiene … You Stink dan mantan guru sekolah, mengatakan, “Menjaga kebersihan adalah ‘harga’ yang sangat murah untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan penerimaan dari sebayanya.”

Cook mengatakan hal itu karena berdasarkan pengalamannya, anak dengan kebersihan diri yang rendah sering diolok-olok dan dijauhi oleh teman-temannya. Oleh karena itu, ia mendorong orang tua agar aktif melatih anak menjaga kebersihan diri mereka.

Menurut Victoria State Government, mengajarkan anak tentang kebersihan diri dan rutinitas membersihkan diri akan melatih mereka untuk terbiasa ketika dewasa nanti.

Baca Juga: 5 Skill Kebersihan Diri Yang Harus Dikuasai Balita

Cara Melatih Anak Menjaga Kebersihan Diri

Yang pasti, melatih anak menjaga kebersihan tidaklah sulit, Moms. Cukup biasakan Si Kecil mempraktikkan langkah-langkah menjaga kebersihan diri berikut sejak dini.

1. Mencuci Tangan dengan Sabun

article-6-how-hand-washing-protects-your-family.jpg

Foto: Dettol

Ajari cara mencuci tangan yang benar kepada Si Kecil, yaitu di bawah air mengalir; menggunakan sabun yang diusapkan ke telapak, punggung tangan, serta sela-sela jari; selama minimal 20 detik.

Untuk memastikan anak mencuci tangannya selama durasi tersebut, Moms bisa memintanya menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sembari mencuci tangan.

Tak lupa, katakan kapan anak wajib mencuci tangan: sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air di toilet, setiap habis membuang ingus, setiap habis bermain (di dalam maupun di luar ruangan), dan setiap habis memegang benda kotor.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kebersihan Anak Saat Latihan Stimulasi Motorik

2. Menggosok Gigi

cuidar-los-dientes-de-los-nios-2.jpg

Foto: Mendozaopina

Menggosok gigi secara rutin tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan gigi, melainkan juga untuk mencegah timbulnya masalah bau mulut.

Menurut Megan Stowers, dokter gigi anak dari Cabot & Stowers di West Bloomfield di Michigan, anak perlu menggosok gigi dua kali sehari. Moms atau Dads perlu membantu Si Kecil menggosok gigi dengan benar hingga ia mampu melakukannya sendiri—biasanya saat masuk bangku sekolah dasar.

3. Mandi

01_bathing_kids_too_much_fotostorm-1024x683.jpg

Foto: The Healthy

Mengajak anak mandi kadang sulit dilakukan karena Si Kecil lebih suka melakukan kegiatan lain, seperti bermain atau menonton televisi. Padahal, rutinitas mandi sangat penting untuk membersihkan tubuh dari keringat dan sisa kotoran.

Moms dapat membuat aktivitas mandi menyenangkan untuk melatih anak menjaga kebersihan. Misalnya, perbolehkan anak membawa 1-2 mainan favoritnya saat mandi.

Atau, beri ia kesempatan menyabuni tubuhnya atau keramas sendiri sehingga ia merasa mandiri atau bangga karena mampu mengerjakan satu tugas sendiri.

Baca Juga: 4 Cara Melatih Anak untuk Menjaga Kebersihan di Sekolah

Melatih anak menjaga kebersihan sejak dini juga efektif dalam melindungi anak dari risiko sejumlah penyakit yang disebabkan oleh kuman. Teruslah menjalani pola hidup bersih dan sehat, Moms!

(AN)

Artikel Terkait