KEHAMILAN
1 Agustus 2020

Ketahui 5 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil yang Alami

Berikut ini cara alami yang bisa dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Amelia Puteri

Sistem kekebalan tubuh selama kehamilan memang perlu dijaga. Salah satunya dari serangan masuk angin yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Ada beberapa cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil dengan menggunakan cara alami dan lebih aman. Yuk, cari tahu lebih lanjut di artikel ini, Moms.

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil

Masuk angin bisa memiliki gejala seperti bersin, pilek, sakit tenggorokan, suara serak, dan batuk kasar. Dalam jurnal Canadian Family Physician, perubahan imunologis selama kehamilan membuat wanita hamil rentan mengalami banyak infeksi.

Jika Moms sedang mencari cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil secara alami, berikut ini hal yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 4 Gejala Masuk Angin pada Anak, Moms Sebaiknya Tahu!

1. Mengonsumsi Sayuran

Melakukan diet saat hamil adalah pertahanan terbaik melawan penyakit. Memberi tubuh dengan mineral dan antioksidan yang dibutuhkan akan mengatasi masuk angin saat hamil.

Mums Grapevine menyarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Mengonsumsi sayuran hangat juga bisa menjadi cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

Moms dapat mengolahnya menjadi sup dengan kaldu ayam yang diolah dengan ayam kampung untuk membantu tubuh lebih hangat dan bertenaga.

Menghirup sup ayam panas adalah salah satu cara menghilangkan flu atau masuk angin selama kehamilan. Ini karena sup ayam sarat akan nutrisi dan anti inflamasi.

2. Bawang Putih

mengatasi masuk angin pada ibu hamil.jpg

Foto: journeyintomotherhood.com

Bawang putih bekerja dengan baik dalam menghilangkan flu dan sebagai cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

Dilansir dari Parenting First Cry, bawang putih bersifat antibakteri, antiseptik, dan anti virus, dengan begitu dapat membantu dalam memerangi virus dan bakteri penyebab dingin.

Menurut beberapa penelitian medis, bawang putih juga efektif dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kadar kolesterol selama kehamilan.

Kehadiran allicin yang ditemukan dalam bawang putih utuh memberikan semua manfaat ini pada kehamilan. Moms dapat menambahkan bawang putih dalam beberapa masakan untuk menjaga kesehatan, terutama mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

Baca Juga: Berbeda dengan Masuk Angin, Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk

3. Gunakan Jahe

mengatasi masuk angin pada ibu hamil 2.jpg

Foto: momjunction.com

Di India, jahe merupakan salah satu pengobatan terbaik untuk mengatasi pilek selama kehamilan. Jahe dikenal karena sifatnya yang menghangatkan, dan meningkatkan sirkulasi darah dan melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Di Indonesia, jahe diyakini sebagai obat tradisional masuk angin yang memberikan efek hangat pada tubuh dan membantu menghilangkan gas berlebih dalam perut, termasuk pada ibu hamil.

Moms dapat membuat teh jahe dengan campuran madu dengan konsumsi yang tidak berlebihan sebagai cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

4. Buat Minuman Madu dan Lemon

mengatasi masuk angin pada ibu hamil 3.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Madu dan lemon adalah kombinasi yang bekerja sangat baik untuk menghilangkan flu dan cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

Moms dapat mencampur satu sendok madu dengan satu sendok jus lemon ke dalam segelas air hangat dan aduk sampai rata. Racikan minuman ini dapat dikonsumsi tiga hingga empat kali sehari.

Tidak hanya saat mengalami masuk angin, minuman ini dapat dikonsumsi dalam keadaan sehat. Vitamin C dalam lemon memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan khasiat madu yang meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Si Kecil Sering Masuk Angin, Coba 5 Teknik Pijat Bayi Ini

5. Minum Air Garam

mengatasi masuk angin pada ibu hamil 4.jpg

Foto: emedicinehealth.com

Sesederhana kedengarannya, air garam sangat efektif dalam menyembuhkan berbagai gejala yang berhubungan dengan flu. Ini bisa menjadi cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

Air garam membantu mengeluarkan bakteri dan virus yang menyebabkan batuk dan dingin keluar dari sistem tubuh. Air garam menjadi obat rumah yang sangat aman untuk menangkal pilek, batuk, dan masuk angin selama kehamilan.

Itu dia Moms, beberapa cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil yang bisa dilakukan.

Artikel Terkait