DI ATAS 5 TAHUN
31 Maret 2020

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Atau Tinnitus Pada Anak

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Atau Tinnitus Pada Anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bila diperhatikan, rupanya masih banyak orang tua yang belum tahu penyebab serta cara mengatasi telinga berdengung pada anak.

Padahal, membiarkan telinga berdengung bisa mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan anak dalam jangka panjang lho, Moms.

Mengutip informasi dari ENT Health (American Academy of Otolaryngologu - Head and Neck Surgery), yang dimaksud dengan telinga berdenging atau tinnitus adalah persepsi adanya suara meski tidak ada sumber suara di sekitar.

Suara yang terdengar juga bisa bervariasi, seperti desiran, dengungan, atau klik. Suara bisa timbul dan hilang atau berlangsung terus menerus, serta bisa terjadi pada satu atau kedua telinga sekaligus.

Baca Juga: Telinga Berdenging Sebelah Kanan: Ini Penyebab dan Pengobatannya

Menurut ensiklopedia kesehatan University of Rochester Medical Center, tinnitus atau telinga berdenging pada anak bisa disebabkan oleh penumpukan lilin telinga, alergi, masalah saraf atau tulang di bagian dalam dan tengah telinga, reaksi obat, atau paparan suara keras.

Yuk Moms, simak dulu informasi berikut untuk tahu cara mengatasi telinga berdenging pada anak.

Cara Mengatasi Telinga Berdenging

1. Menyalakan White Noise

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Atau Tinnitus Pada Anak 1.jpg

Foto: endmosquitos.com

White noise adalah jenis suara yang dihasilkan dari kombinasi berbagai frekuensi suara secara bersamaan. Bagi telinga awam, white noise terdengar seperti suara dengung biasa.

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, diketahui kalau white noise juga bisa membantu mengatasi telinga berdenging pada anak dengan meredamnya.

Baca Juga: Ketahui 6 Penyebab Telinga Berdenging

Selain dari mesin pembuat suara khusus, white noise juga bisa didengarkan melalui aplikasi seperti Noisli atau dengan menyalakan kipas angin yang ada di rumah.

Volume white noise tidak perlu terlalu besar, yang penting bisa membuat Si Kecil nyaman.

2. Atasi Penumpukan Lilin di Telinga

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Atau Tinnitus Pada Anak 2.jpg

Foto: safekid.org

Cerumen atau lilin berwarna kuning atau coklat dalam telinga sebenarnya bukan kotoran lho, Moms.

Menurut Harvard Health Publishing, cerumen justru berperan sebagai pembersih telinga alami yang memiliki fungsi anti bakteri dan anti jamur.

Namun bila jumlahnya terlalu banyak dan menumpuk di dalam telinga, cerumen memang bisa menyebabkan berbagai masalah seperti infeksi, sakit telinga, ataupun telinga berdenging.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Mengatasi Telinga Berdenging

Ada beberapa cara untuk mengatasi telinga berdenging akibat penumpukan lilin, seperti:

  • Membawa Si Kecil ke dokter THT untuk dibersihkan telinganya.
  • Merendam kapas dalam air bersih, lalu peras perlahan dan masukkan beberapa tetes air ke dalam telinga Si Kecil dalam posisi telinga dimiringkan ke atas. Tunggu beberapa saat, lalu miringkan kepala ke arah berlawanan selama 1 menit supaya air dan lili keluar dengan sendirinya.
  • Menggunakan obat tetes khusus untuk mengencerkan lilin.
  • Menggunakan bulb syringe untuk menarik lilin keluar.

Ingat ya Moms, jangan membersihkan telinga anak dengan cotton bud atau benda lain yang bisa membuat lilin semakin menumpuk dan beresiko melukai gendang telinga.

3. Periksa Ke Dokter THT

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Atau Tinnitus Pada Anak 3.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Kalau kedua cara mengatasi telinga berdenging di atas sudah Moms coba, tapi kondisi Si Kecil tak kunjung membaik, bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang menjadi penyebabnya.

Segera bawa Si Kecil ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam, supaya Moms bisa tahu masalah kesehatan yang harus ditangani untuk menghilangkan keluhan telinga berdenging.

Baca Juga: Telinga Si Kecil Berdenging? Hati-Hati Balita Mengalami Tinnitus

Berita baiknya, sebagian besar kasus telinga berdenging pada anak yang segera ditangani bisa hilang dalam waktu tidak terlalu lama.

Apa Moms tahu, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga berdenging pada anak?

Artikel Terkait