KEHAMILAN
1 Juli 2019

Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Melakukan Perawatan Gigi di Trimester Tiga Kehamilan

Perawatan gigi apa saja yang bisa dilakukan ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga? Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Selama masa kehamilan akan dibagi menjadi tiga trimester. Trimester ketiga ketika usia kandungan sudah menginjak 27 minggu hingga menjelang persalinan.

Umumnya pada trimester ini, Moms dapat merasa tidak nyaman karena perkembangan janin yang semakin besar dan sempurna.

Bahkan, pada trimester ini, orangtua akan mengenal wajah sang calon buah hati dengan semakin jelas.

Perubahan fisiologis pada ibu hamil di trimester ketiga akan semakin terlihat, terkadang juga pergelangan kaki, tangan, kaki, dan wajah Moms akan membengkak.

Hal tersebut wajar terjadi. Tentunya, waktu persalinan akan semakin dinanti, namun tetap tidak boleh melupakan menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Di usia kehamilan trimester ketiga, sebaiknya Moms tidak melupakan rutinitas untuk merawat kesehatan gigi.

Pasalnya, perubahan dan peningkatan hormon pada ibu hamil membuat rongga mulut lebih mudah terinfeksi dan gusi lebih mudah membengkak hingga berdarah.

Untuk itu, sebaiknya Moms tidak melupakan perawatan gigi meskipun sudah memasuki masa trimester ketiga kehamilan.

Lalu, perawatan gigi apa yang paling tepat dilakukan ketika ibu hamil memasuki trimester ketiga?

Seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina menjelaskan secara langsung lewat Kulwap Orami Community pada Kamis (9/5) lalu.

“Pada trimester ketiga, biasanya ibu hamil merasa tidak nyaman karena janin yang semakin membesar. Untuk itu, lebih baik buat perjanjian singkat di pagi hari dengan dokter jika ingin perawatan gigi," ungkap drg. Annisa yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat ini.

Menurutnya, adapun perawatan yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut, melakukan pembersihan karang gigi, dan hindari perawatan dengan menggunakan radiologi.

Perhatikan Posisi Duduk saat Perawatan Gigi

Perawatan Gigi yang Dapat Dilakukan saat Hamil Trimester Tiga-2.jpg

Foto: americanpregnancy

Hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan gigi di trimester ketiga adalah posisi duduk.

Bayi dalam kandungan yang semakin membesar membuat Moms kerap merasa tidak nyaman jika harus duduk berlama-lama di dental unit. Untuk itu, sebaiknya ketahui posisi duduk yang nyaman.

“Saat memasuki trimester ke-3, beberapa ibu hamil sering mengalami penurunan tekanan darah, terutama jika berada dalam supine position saat perawatan gigi. Jadi, usahakan posisi ibu hamil lebih tinggi dari posisi kaki,” ungkap drg. Annisa.

Adapun posisi duduk yang sebaiknya dilakukan adalah hip elevated, yaitu miring ke kiri sekitar 10-12 cm atau menempatkan pasian 5 persen ke 15 persen pada posisi miring ke sisi kiri untuk meringankan tekanan pada vena cava inferior.

Cara lainnya, Moms bisa menggunakan bantal kecil untuk menopang posisi duduk agar terasa lebih nyaman.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi?

“Cara untuk mencegah hipotensi, Moms bisa melakukan posisi full left lateral position saat melakukan perawatan gigi. Pada intinya, selalu ungkapkan pada dokter mengenai usia kehamilan Moms saat kontrol ke dokter dan konsultasikan posisi duduk ternyaman,” lanjut drg. Annisa.

Itulah pentingnya posisi duduk ibu hamil saat melakukan perawatan gigi. Terpenting adalah utamakan kenyamanan Moms dan kandungan agar tidak membahayakan kesehatan janin.

Selain itu, Moms harus tetap merawat gigi saat berada di rumah, yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari, memakai dental floss, dan tidak lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Batasi asupan makanan dan minuman yang manis karena mengandung gula berlebih dan dapat membuat rongga mulut Moms rentan terkena infeksi.

Jaga kesehatan rongga mulut agar terhindar dari infeksi yang berdampak pada janin, ya, Moms!

(DG/CAR)

Artikel Terkait