PROGRAM HAMIL
11 Desember 2019

Hubungan Peningkatan Gumpalan Darah Menstruasi Terhadap Kesuburan

Waspadai gumpalan darah menstruasi berukuran besar yang bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Periode menstruasi tiap wanita berbeda-beda dan menjadi hal yang umum jika menstruasi juga disertai dengan gumpalan darah.

Tapi tahukah Moms, bahwa sangat penting untuk selalu mengecek kondisi menstruasi dan gumpalan darah setiap kali Moms mengganti pembalut.

Karena rupanya, ada hubungan yang cukup signifikan antara peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan.

Gumpalan Darah Menstruasi

Kenali sampai batas mana peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan memengaruhi peluang kehamilan Moms.

1. Gumpalan Darah Menstruasi Normal

peningkatan gumpalan darah terhadap kesuburan

Foto: health.com

Gumpalan darah menstruasi merupakan lapisan endometrium yang menumpuk di rahim dalam persiapan untuk kehamilan, lalu akan keluar saat periode menstruasi jika Moms tidak hamil.

Periode menstruasi mendorong tubuh untuk membentuk gumpalan darah, agar tidak kehilangan lebih banyak darah dari yang seharusnya. Selain itu, pembukaan serviks (bagian sempit di ujung bawah rahim) cukup kecil.

Sehingga saat menstruasi sedang banyak, bahkan hingga memungkinkan darah terbentuk di rahim, hal ini membuat komponen seperti trombosit dan protein plasma untuk menggumpal. “Gumpalan darah adalah hal yang normal, biasanya terjadi saat seseorang memiliki periode menstruasi berat,” ungkap Dokter kebidanan di Memorial Care Orange Coast Medical Center, Fountain Valley, California, G. Thomas Ruiz, M.D., seperti dikutip dari self.com.

Namun jika gumpalan darah lebih banyak dari biasanya, maka perlu dikhawatirkan mengenai adanya hubungan antara peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan.

Baca Juga: Keluarnya Gumpalan Darah Saat Menstruasi, Apakah Pertanda Kesehatan yang Buruk?

2. Mengenal Menorrhagia

peningkatan gumpalan darah terhadap kesuburan

Foto: healthawarenesscommunity.com

Untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan, Moms perlu mengetahui sampai batas mana gumpalan darah menstruasi menjadi hal yang perlu dikhawatirkan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jika Moms perlu mengganti tampon atau pembalut setiap kurang dari dua jam atau mengeluarkan gumpalan darah menstruasi berukuran seperempat atau lebih, maka hal itu merupakan periode mentruasi berat atau yang biasa disebut dengan menorrhagia, seperti dikutip dari cdc.gov.

Saat mengalami periode menstruasi seperti ini, Moms perlu mengunjungi Dokter, karena menandakan adanya masalah dalam rahim.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

3. Peningkatan Gumpalan Darah Menstruasi Terhadap Kesuburan

peningkatan gumpalan darah terhadap kesuburan

Foto: medicalnewstoday.com

Penyebab peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan dapat dipengaruhi oleh beberapa masalah kesehatan.

Salah satu kemungkinan peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan adalah Moms mengidap polycystic ovary syndrome (PCOS) di mana merupakan gangguan hormonal yang dapat menyebabkan periode menstruasi yang sangat berat.

PCOS membuat ketidakseimbangan hormon yang dapat mencegah Moms untuk menstruasi selama beberapa waktu. Sehingga saat periode menstruasi akhirnya datang, Moms telah mengumpulkan banyak sekali darah yang akhirnya membuat gumpalan menstruasi besar.

Endometriosis juga bisa menjadi alasan peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan. “Endometriosis merupakan kondisi dimana sel, yang sama seperti di dinding rahim, ditemukan di tempat lain dalam tubuh,” ungkap CEO Endometriosis UK, Emma Cox, seperti dikutip dari womenshealthmag.com.

Baca Juga: Olahraga Ringan tapi Ampuh Meningkatkan Kesuburan

Setiap bulan, sama seperti sel-sel dalam rahim, sel endometriosis ini terbentuk, lalu memecah dan berdarah. Namun tidak seperti sel dalam rahim yang meninggalkan tubuh saat periode menstruasi, darah ini tidak dapat keluar.

Hasilnya, terjadilah peradangan dan pembentukan jaringan luka yang bisa memengaruhi kesuburan.

Kabar baiknya, meskipun endometriosis dan PCOS yang dapat menyebabkan peningkatan gumpalan darah menstruasi terhadap kesuburan, namun jika dilakukan perawatan yang tepat, maka endometriosis dan PCOS dapat sembuh.

Hal ini tentu akan meningkatkan peluang kehamilan Moms. Untuk itu, jika Moms melihat adanya gumpalan darah menstruasi berukuran besar dari biasanya, ada baiknya berkonsultasi dengan Dokter untuk mengetahui penyebab dari masalah tersebut.

GS

Artikel Terkait