BALITA DAN ANAK
12 Agustus 2019

Ini Permainan Seru Bersama yang Membantu Perkembangan Si Kecil

Moms ajak Si Kecil main permainan ini, seru loh!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Beberapa tahun pertama kehidupan anak bisa dibilang yang paling penting karena pada saat itulah mereka mudah dibentuk.

Balita adalah manusia kecil yang penasaran, mereka ingin menyentuh, mencium, melihat, dan mendengar semuanya dan bersenang-senang dengannya!

Melibatkan indera bukan hanya sifat lucu pada bayi, hal itu penting untuk perkembangan.

Inilah sebabnya dokter menyarankan orang tua untuk bermain dengan bayi mereka sebanyak yang mereka bisa, untuk mendorong perkembangan otak dan tubuh mereka serta membuatnya lebih kuat.

Mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini adalah penting karena hal-hal ini membantu anak belajar lebih baik, mengingat lebih baik, dan akibatnya, memiliki masa depan yang lebih cerah.

Baca juga : Tingkatkan Skill Motorik Si Kecil dengan 5 Aktivitas Ini

Mengapa Pengembangan Keterampilan Motorik Penting?

action-activity-balls-296302.jpg

Pengembangan motor berarti menggunakan tubuh seseorang. Untuk bayi, keterampilan motorik penting karena membantu perkembangan otak secara keseluruhan.

Sementara keterampilan motorik kasar melibatkan hal-hal seperti bangun dari tempat tidur dan berjalan, keterampilan motorik halus melibatkan kegiatan yang lebih seperti, membuka kancing baju, memegang krayon, melipat celana, mengambil benda dan meletakkannya di tanah.

Si Kecil pada saat ini bisa berjalan, tetapi mengasah kemampuannya untuk memegang sesuatu dan menempatkannya sesuai instruksi adalah apa yang akan membantu perkembangan otaknya.

Keterampilan motorik halus penting karena mereka meningkatkan koordinasi tangan-mata dan pengembangan kognitif.

Adapun keterampilan motorik halus membuka jalan untuk koordinasi tubuh yang lebih baik, dan karenanya, berfungsi lebih baik.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak yang akan menyenangkan baginya dan yang juga membantunya.

Berikut beberapa kegiatan menyenangkan yang juga akan membantu pengembangan keterampilan Si Kecil! Yuk Moms simak!

Mencari Tahu Seberapa Tinggi Si Kecil

Kegiatan ini akan sangat membantu Si Kecil membangun ketangkasannya.

Moms dan Si Kecil bisa menggunakan apel, atau blok mainan Si Kecil. Minta Si Kecil menyusun apel di sebelah tubuhnya hingga sama tinggi dengan dirinya.

Meski begitu, usahakan tidak membantu Si Kecil dan dia sendiri yang berusaha, bahkan saat dia harus bangun tanpa menyentuh apel pun di sebelah tubuhnya.

Baca juga : Asah Kemampuan Motorik Anak Dengan Cara Seru Ini!

Gambar dan Tempel

blur-child-child-s-hand-2425817.jpg

Kegiatan ini sangat bagus untuk perkembangan kognitif, karena dia akan hati-hati mengawasi garis besar saat dia menempelkan pom pom di sepanjang itu. Ini akan membantunya mengembangkan koordinasi tangan-mata.

Mewarnai adalah kegiatan penting di sini, genggamannya yang mudah membantu membangun keterampilan motorik halus karena ia akan dapat menggunakannya dengan baik.

Pom pom berwarna yang berbeda akan membantu perkembangan kognitif juga.

Moms hanya perlu membuat gambar dengan warna yang menarik. Minta Si Kecil menempel pom-pom atau kertas berwarna yang sesuai dengan gambar yang Moms buat.

Ikuti Ucapan Saya

Permainan ini sangat mudah dan sangat bermanfaat bagi Si Kecil.

Moms hanya perlu meminta Si Kecil menyentuh berbagai hal. Misalnya, minta dia menyentuh pipi, mulut, hingga benda-benda di dekatnya.

Kalau dia sudah mulai makin pintar, Moms bisa mengecohnya dengan memintanya memegang hidung, namun Moms bisa menyentuh pipi sebagai pengecoh.

Main Tangkap Bola

mainbalok2.jpg

Mengambil dan memegang bola akan membuatnya terbiasa menggunakan jari dan tangannya untuk menyelesaikan sesuatu.

Belum lagi, koordinasi mata-tangannya juga akan mendapatkan latihan. Namun, akan sangat menyenangkan kalau bisa dilakukan di luar rumah, termasuk di taman dekat rumah.

Apakah ada permainan yang sudah Moms coba? Apakah Si Kecil menyukainya?

Baca juga : Kemampuan Motorik Bayi Terlambat Berkembang? Mungkin Ini Penyebabnya

(TPW/CAR)

Artikel Terkait