KEHAMILAN
15 September 2019

Inilah Berbagai Penyebab Gangguan Tidur pada Ibu Hamil

Saat hamil sering mengalami gangguan tidur? Ternyata ini penyebabnya.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kehamilan merupakan kabar sukacita yang bisa membuat Moms, Dads, dan anggota keluarga lainnya bahagia. Walaupun demikian, calon ibu harus dihadapi dengan berbagai macam perubahan yang akan terjadi selama kehamilan.

Perubahannya benmacam-macam, mulai dari bentuk tubuh, mood yang berubah-ubah, hingga susah tidur. Ya, susah tidur atau insomnia juga bisa melanda ibu hamil.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyaman? Coba Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Gangguan tidur ini biasanya terjadi di awal kehamilan, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berlangsung hingga mendekati waktu persalinan.

Dikutip dari American Pregnancy Association, insomnia saat hamil merupakan hal yang cukup normal dan memengaruhi 78 persen ibu hamil. Nah, agar Moms tetap bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, yuk, cari tahu dulu penyebab gangguan tidur pada ibu hamil.

Mual dan Muntah

morning-sickness-1050x591.jpg

Foto: ourmomentoftruth.com

Rasa mual biasanya dialami calon ibu hampir sepanjang hari. Jika rasa mual tersebut diiringi dengan muntah, tentu saja akan membuat ibu hamil tidak nyaman.

Tidak hanya itu, mual dan muntah juga bisa menyebabkan Moms tentu jadi susah tidur. Inilah yang membuat mual dan muntah termasuk ke dalam penyebab gangguan tidur pada ibu hamil.

Baca Juga: Ibu yang Tidak Mengalami Morning Sickness Ternyata Wajar Lho! Ini 5 Alasannya

Nyeri Punggung

pregnant-woman-with-back-pain_53876-26156.jpg

Foto: rawpixel.com

Penyebab gangguan tidur pada ibu hamil berikutnya adalah nyeri punggung. Ya, nyeri punggung menjadi hal yang sangat umum terjadi pada ibu hamil.

Hal ini bahkan seringkali membuat Moms harus terbangun dari tidur nyenyak karena adanya rasa nyeri. Untuk mengatasinya, Moms bisa tidur dengan posisi menyamping dan letakkan bantal di antara kedua kaki.

Sering Buang Air Kecil

Frequent-Urination-During-Pregnancy-Causes-and-Tips-To-Deal-With-It.jpg

Foto: momjunction.com

Gangguan tidur ibu hamil yang pertama adalah sering bolak balik toilet untuk buang air kecil. Batya Grundland, seorang dokter spesialis kebidanan dan perawatan kehamilan di Women’s College Hospital Toronto, Kanada, mengatakan bahwa di usia awal kehamilan, yaitu sekitar 6 sampai 20 minggu, akan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Hormon tersebut merangsang ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urin.

Kram Kaki

c6cc8444-37c8-4db7-acf5-f42af566f7e4-fotolia_173428737_subscription_monthly_m.jpg

Foto: romper.com

Kaki kram juga ternyata menjadi penyebab gangguan tidur pada ibu hamil. Untuk menghindari hal ini, sebelum tidur lakukan peregangan dengan meluruskan kaki, merendam kaki dengan air hangat, minta Dads untuk memberikan pijatan lembut, atau berjalan santai di dalam kamar.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil?

(MA/KM)

Artikel Terkait