KESEHATAN
25 Juni 2019

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman

5 penyakit ini ditularkan lewat ciuman, salah satunya penyakit mematikan.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Berciuman menjadi salah satu hal menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan, berciuman mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Mulai dari meningkatkan imun, membakar kalori, mengurangi stres, merelaksasi tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga membuat kegiatan bercinta dengan pasangan lebih bergairah.

Walau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, nyatanya ada 5 penyakit yang ditularkan lewat ciuman lho! Apa saja?

1. Pilek

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman 01.jpg

Foto: romania-insider.com

Pilek merupakan salah satu penyakit yang ditularkan lewat ciuman.

Banyak virus yang berbeda dapat menyebabkan flu biasa. Pilek diperkirakan disebarkan melalui kontak langsung dengan virus, salah satunya melalui ciuman.

Baca Juga: Bayi Bisa Tertular Penyakit Gonore?

2. Radang Gusi

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman 02.jpg

Foto: girlisme.com

Radang gusi atau gingivitis adalah bentuk penyakit gusi ringan. Bakteri yang bertanggung jawab untuk peradangan dapat ditularkan melalui kontak dengan air liur yang terinfeksi.

"Mencium seseorang yang memiliki penyakit gusi dapat menularkan bakteri 'jahat' ke dalam mulut kita," kata dokter gigi yang berbasis di California Mark Burhenne.

Dia menambahkan bahwa menjaga kebersihan mulut yang baik adalah cara terbaik untuk melindungi diri terhadap bakteri jenis ini.

3. Herpes

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman 03.jpg

Foto: boogordoctor.com

Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Menurut para ahli, itu adalah infeksi yang paling umum menyebar melalui ciuman dan wanita lebih rentan daripada pria terhadap virus.

Risiko penularan juga lebih tinggi jika ada goresan di mulut atau di bibir. Oleh karena itu herpes juga termasuk ke dalam penyakit yang ditularkan lewat ciuman.

Baca Juga: Kondom, Alat Kontrasepsi Populer untuk Cegah Penyakit HIV/AIDS

4. Mononukleosis

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman 04.jpg

Foto: verywellhealth.com

Mononukleosis (mono), kadang-kadang dikenal sebagai "penyakit ciuman," disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Selain berciuman, itu bisa melalui batuk, bersin, dan/atau berbagi sikat gigi.

Setelah terinfeksi, seseorang dapat mengalami gejala seperti kelelahan ekstrem, sakit tenggorokan, demam, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Bahkan, penyakit yang ditularkan lewat ciuman ini tak langsung memberikan gejalanya. Terdapat masa inkubasi virus dari kita berciuman hingga terlihat gejalanya, yakni sekitar 4-6 minggu.

Tak hanya itu, gejala mono biasanya berlangsung selama satu hingga dua bulan hingga akhirnya diketahui itu adalah penyakit mono.

Baca Juga: Merasa Sakit Saat Sedang Berhubungan Seks? Hati-hati Bahaya 5 Penyakit Ini

5. Sifilis

Jaga Diri Baik-Baik, Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Lewat Ciuman 05.jpg

Foto: rd.com

"Sifilis adalah kondisi yang sangat menular dan salah satu 'keunggulannya' adalah perkembangan luka di mulut," kata ahli ob-gyn berbasis di Louisiana, Antonio Pizarro, M.D.

Berciuman bukanlah cara paling umum penularan sifilis, tetapi ketika berciuman dengan seseorang yang memiliki infeksi sifilis dan terdapat luka di mulutnya, bukan tidak mungkin penyakit mematikan ini bisa tertular.

Itulah berbagai penyakit yang bisa menular lewat ciuman. Hati-hati, Moms!

(SA)

Artikel Terkait