BAYI
6 Februari 2020

Ini Persiapan MPASI Pertama Bayi, Jangan Bingung Dulu Moms

Si Kecil sudah mau masuk masa MPASI? Simak persiapannya di sini
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

American Academy of Pediactrics (AAP) merekomendasikan anak-anak diberikan makanan selain ASI dan susu formula saat memasuki usia 6 bulan. Tiap anak berbeda-beda.

Lalu, bagaimana caranya Moms tahu kalau Si Kecil sudah siap diberikan MPASI? Berikut beberapa tanda menurut AAP yang bisa dicek untuk melihat apakah Si Kecil sudah siap untuk MPASI atau belum:

  • Anak bisa duduk sendiri tanpa bantuan.
  • Anak sudah bisa mengontrol kepalanya dengan baik.
  • Anak membuka mulut dan mencondongkan tubuh ketika ditawari makanan.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Diberikan MPASI?

Sebetulnya tidak ada aturan baku tentang apa makanan pertama yang harus diberikan untuk Si Kecil. Moms bisa memberikan buah, sereal, atau bubur yang dicampur lauk dan sayur.

Tetapi, sebagai pengenalan, AAP menyarankan selama 3-5 hari awal, Moms memberikan makanan dengan satu menu dulu, untuk melihat apakah anak punya masalah dengan makanan terutama yang memicu alergi.

Setelah itu, anak akan enjoy sendiri dengan kegiatan makan itu sendiri.

AAP menyebutkan 8 jenis makanan yang paling sering memicu alergi, yaitu susu, telur, ikan kerang, kacang-kacangan, gandum, dan kedelai.

Sebenarnya kalau Moms dan Dads tidak ada turunan alergi, tidak perlu menghindari jenis makanan ini. Tapi kalau ada turunan alergi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak ya, Moms.

Membeli Alat yang Tepat untuk Membuat MPASI Pertama Bayi

mpasi pertama 1.jpg

Untuk membuat MPASI pertama bayi, tentu saja Moms membutuhkan peralatan yang bisa membantu kelancaran proses pembuatannya. Moms bisa menggunakan blender, food processor, atau immersion blender.

Atau beberapa peralatan yang sudah dirancang khusus untuk membuat MPASI pertama bayi, seperti baby food grinder, all-in-one baby food maker, atau grinder bowl. Tapi, penggunaan alat konvensional seperti garpu atau tumbukan pun boleh, kok, Moms, terutama kalau hanya menyiapkan makanan yang mudah dihancurkan seperti alpukat, pisang, atau labu.

Cara Menyiapkan Bahan-bahan MPASI Pertama Bayi

Persiapan MPASI Pertama Bayi2.jpg

Berikut ini beberapa cara untuk menyiapkan bahan-bahan MPASI yang perlu Moms perhatikan.

1. Membuat Makanan Bayi

Cuci terlebih dahulu, kemudian panggang, kukus, atau goreng. Sayur-sayuran atau buah-buahan yang keras bisa dikukus sebelum dihancurkan atau dibuat puree.

Setelah dihancurkan, berikan tambahan ASI, susu formula, atau air untuk mendapatkan tekstur yang sesuai dengan usia bayi. Semakin besar usianya, semakin sedikit pula tambahan airnya.

2. Kacang-kacangan

Masak kacang-kacangan sampai lembek, kemudian haluskan. Berikan ASI, susu formulai, atau air sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Baca Juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

3. Daging atau Unggas

Buang kulit dan potong-potong daging, rebus atau kukus, lalu haluskan. Daging yang sudah dihaluskan ini bisa diberikan sendiri atau bersama lauk lain seperti nasi, sayur-sayuran.

4. Bubur Bayi

Jika Moms memutuskan untuk memberikan bubur bayi sebagai MPASI pertama Si Kecil, Moms bisa melihat aturan cara membuatnya pada masing-masing kemasan.

Penambah Rasa pada Makanan Bayi

Persiapan MPASI Pertama Bayi3.jpg

Untuk awal pemberian MPASI, sebaiknya tidak menggunakan tambahan garam dan gula terlebih dahulu. Biarkan bayi merasakan makanan tanpa tambahan gula garam agar tetap alami.

Perkembangan rasa dalam mulut bayi pun belum berkembang sempurna, jadi meskipun tanpa gula dan garam, bayi tetap bisa mengonsumsi makanan dengan lahap.

Kalau Moms mau memberikan bumbu tambahan, coba gunakan rempah-rempah seperti kayu manis, bawang putih, daun seledri, dan lain-lain.

Tekstur yang Tepat untuk Awal MPASI

Persiapan MPASI Pertama Bayi4.jpg

Sebagai panduan awal, berikan MPASI dalam tekstur bubur. Haluskan setiap makanan yang hendak diberikan. Moms tetap bisa kok memberikan makanan yang sama dengan Moms, asalkan teksturnya saja yang berbeda dan tidak diberikan gula garam.

Untuk mendapatkan tekstur yang halus, bisa menggunakan food processor, digiling, atau disaring.

Saat usia sudah masuk 7 atau 8 bulan, Moms bisa mengubah tekstur dari yang halus sekali (bubur) jadi yang hanya sekadar ditumbuk. Setelah itu, pada usia 9 bulan bisa diberikan makanan yang dicincang.

Perlu diingat, perkembangan setiap bayi berbeda. Jadi, tetap sesuaikan keinginan bayi ya, Moms. Saat waktunya naik tekstur, biasanya bayi akan memberikan tanda-tanda seperti menolak makanannya. Kalau suatu saat nanti Si Kecil mogok makan, coba deh naikkan teksturnya.

Baca Juga: Do's and Dont's Dalam Mengenalkan MPASI Pada Bayi

Nutrisi yang Dibutuhkan saat MPASI Pertama Bayi

Persiapan MPASI Pertama Bayi5.jpg

Makanan apa yang harus diberikan pada bayi supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi, ya? Jangan bingung, Moms, berikut ini beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan saat MPASI:

  • Zat besi (hati ayam, daging merah, seafood, kacang merah, kedelai, bayam, kangkung, tahu, daging ayam, kuning telur).
  • Kalsium (kedelai, jeruk, almond, bayam, susu).
  • Vitamin C (jeruk, jambu, pepaya, kiwi, tomat, bayam, brokoli).
  • Vitamin A (wortel, tomat, pisang, umbi-umbian, bayam).
  • Vitamin D (susu, kuning telur, ikan, sereal).
  • Asam lemak omega 3 (salmon, telur, kacang-kacangan, daging sapi, yogurt).

Itulah beberapa persiapan MPASI pertama bayi untuk Moms dan Dads. Perlu diingat, tidak ada aturan baku mengenai apa yang harus diberikan untuk anak, tetapi hindari memberikan menu tunggal dalam waktu lama karena bayi bisa kekurangan gizi.

Cukup 3-5 hari pertama saja sebagai pengenalan. Jangan lupa juga perkembangan tiap anak berbeda, jadi jangan membandingkan anak Moms dengan yang lainnya, ya.

(SR/ERN)

Artikel Terkait