2-3 TAHUN
1 Juli 2020

Ini 5 Jenis Buah Berry untuk Camilan Balita

Selain manis, bentuknya juga menggemaskan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Buah berry adalah buah berbentuk bulat kecil, lunak, dengan berbagai warna yang cerah seperti biru, merah, atau ungu.

Rasanya manis atau asam dan sering dikonsumsi sebagai selain atau sebagai makanan penutup. Ternyata, buah berry bisa dimakan sebagai camilan balita lho, Moms.

Buah berry memiliki nutrisi yang baik, seperti tinggi serat, tinggi vitamin C, dan polifenol antioksidan.

"Berry benar-benar menjamin nutrisi yang akan didapatkan. Kami telah menemukan bahwa mereka memiliki efek langsung pada otak," ujar Barbara Shukitt-Hale, PhD, seorang ilmuwan staf USDA dengan Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di Universitas Tufts.

Zhaoping Li, MD, PhD, kepala divisi nutrisi klinis di UCLA menambahkan, beragam jenis buah berry memiliki khasiat yang berbeda.

"Buah berry memiliki warna yang berbeda, yang berarti mereka memiliki nutrisi yang berbeda, jadi pendekatan terbaik adalah makan varietas yang berbeda untuk mendapatkan nutrisi yang berbeda," katanya.

Baca Juga: Ini Ukuran Penyajian Buah yang Benar untuk Balita

Jenis Buah Berry untuk Camilan

Jadi, apa saja macam-macam buah berry yang cocok untuk camilan Si Kecil? Cari tahu di sini Moms!

1. Blueberry

jenis buah berry - blueberry.jpg

Foto: unsplash.com

Blueberry adalah jenis buah berry yang paling populer dan berfungsi sebagai sumber vitamin K.

Blueberry memiliki nutrisi yang dibutuhkan. Seperti kalori, serat, vitamin C, vitamin K, mangan, dan antioksidan polifenol yang disebut anthocyanin.

Antosianin dari blueberry dapat mengurangi stres oksidatif, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, blueberry dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dalam darah, mengurangi risiko serangan jantung, dan meningkatkan fungsi arteri

Blueberry juga dapat menurunkan risiko diabetes. Penelitian dari Journal of Nutrition menunjukkan bahwa blueberry atau senyawa blueberry bioaktif dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 26%.

Sebuah penelitian observasional besar telah menunjukkan bahwa orang yang makan blueberry juga memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat, yang berarti otak mereka tetap lebih sehat seiring bertambahnya usia.

2. Raspberry

jenis buah berry - raspberry.jpg

Foto: pxfuel.com

Raspberry sering dipilih sebagai untuk makanan penutup dan berfungsi sebagai sumber serat yang sangat baik.

Raspberry adalah jenis buah berry yang mengandung antioksidan polifenol yang disebut ellagitannins, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

Raspberry hitam akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian telah membuktikan bahwa raspberry hitam dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah dan kolesterol darah.

Studi lain menunjukkan bahwa raspberry hitam dapat mengurangi peradangan pada orang dengan sindrom metabolik.

Baca Juga: Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

3. Goji berry

jenis buah berry - goji berry.jpg

Foto: tavesfamilyfarms.com

Goji berry atau yang juga dikenal sebagai wolfberry, adalah tanaman asli Tiongkok dan digunakan dalam pengobatan tradisional.

Baru-baru ini, goji berry sangat populer di Barat. Goji berry mengandung kalori, serat: 3,7 gram, vitamin C, vitamin A, dan besi.

Goji berry juga mengandung vitamin A dan zeaxanthin tingkat tinggi, yang keduanya penting untuk kesehatan mata.

Seperti banyak varian buah berry lainnya, goji berry mengandung antioksidan polifenol.

Studi Nutrition Research menemukan bahwa minum jus goji berry selama 30 hari meningkatkan kadar antioksidan darah orang-orang Cina yang lebih tua dan sehat.

4. Stroberi

jenis buah berry - stroberi.jpg

Foto: usda.gov

Stroberi adalah salah satu jenis buah berry yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan juga salah satu sumber vitamin C. Stroberi juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Studi lain menunjukkan bahwa stroberi dapat mengurangi sejumlah faktor risiko penyakit jantung termasuk kolesterol darah, trigliserida, dan stres oksidatif.

Selain itu, stroberi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, yang penting untuk mencegah diabetes.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini 3 Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

5. Bilberry

jenis buah berry - bilberry.jpg

Foto: wikipedia.org

Bilberry sangat mirip dengan blueberry. Bilberry adalah tanaman asli Eropa, sedangkan blueberry adalah tanaman asli Amerika Utara.

Makan bilberry atau minum jus bilberry dapat mengurangi peradangan pada orang yang berisiko terkena penyakit jantung atau sindrom metabolik.

Penelitian The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bilberry juga dapat membantu mengurangi berat badan dan kolesterol darah.

Moms tidak usah khawatir dengan rasanya yang manis. Selain sehat, menyajikan berbagai jenis buah berry untuk camilan juga akan membuat Si Kecil senang.

Artikel Terkait