BAYI
3 Juli 2019

Bisa Berisiko! Ketahui Jenis Sayuran yang Tidak Cocok Untuk MPASI Bayi

Hindari sayur-sayuran berikut ini dalam MPASI Si Kecil ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam membuat menu MPASI, Moms tentu memilih bahan makanan yang dapat memberikan kecukupan nutrisi untuk tumbuh kembang Si Kecil. Salah satunya dengan memasukkan sayur ke dalam MPASI.

Namun, tahukah Moms bila ada jenis sayuran yang sebenarnya tidak cocok untuk dibuat menjadi menu MPASI? Ini karena kandungan pada sayur yang bisa berisiko pada bayi.

Ketahui jenis sayuran yang tidak cocok dijadikan MPASI untuk Si Kecil.

Baca Juga: Tidak Disangka, 7 Sayuran Ini Sebenarnya Adalah Buah

Sayuran yang Tidak Cocok untuk MPASI Bayi

mitos mpasi

Mengutip dari Babble, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak diberikan kepada Si Kecil, terlepas sayuran ini yang sebenarnya bermanfaat bagi tubuh.

"Beberapa sayuran umum seperti bayam, adas, sawi hijau, dan selada mengandung kadar nitrat yang terlalu tinggi untuk diproses oleh bayi Anda," tulis Madeline Holler, penulis konten dengan tiga orang anak dan pemilik situs Strollerderby.

Lebih lanjut, ia menuliskan ini karena bayi di bawah satu tahun tidak memiliki asam lambung yang cukup kuat untuk memecah nitrat, sehingga menghalangi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen.

"Ini dapat menyebabkan tingkat oksigen pada tubuh sangat rendah, yang dikenal sebagai Blue Baby Syndrome," tulisnya.

Karenanya, untuk sementara waktu akan lebih baik bila Moms tidak menghidangkan salad sayuran untuk Si Kecil, dan juga melewatkan sayuran berdaun hijau yang ditumis.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Sampah Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

2 sayuran hamil

Sementara, menurut American Academy of Pedriatrics, di tahun 2005 menyatakan bahwa makanan dengan tinggi nitrat sebaiknya dihindari sebelum usia 3 bulan.

"Karena asupan nitrat dari makanan seperti kacang hijau, wortel, labu, bayam, dan bit dapat setinggi atau lebih tinggi dari kadar nitrat air sumur, makanan ini harus dihindari sebelum usia tiga bulan," tulis pernyataan tersebut.

Dikutip dari Health Castle, beberapa jenis sayuran yang mengandung nitrat yaitu sebagai berikut:

  • Bayam, tingkat nitratnya cenderung sangat tinggi, serta sangat rentan bila tidak disimpan dengan tepat. Tunggu sampai bayi berusia 8 bulan untuk bisa makan bayam
  • Wortel
  • Bit
  • Brokoli
  • Kol bunga
  • Sayuran daun hijau seperti kubis atau kale
  • Kacang Hijau
  • Labu
Artikel Terkait