PERNIKAHAN & SEKS
11 Desember 2019

Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Pasca Melahirkan? Ini Jawabannya!

Ternyata Moms tidak boleh langsung bercinta pasca melahirkan, lho!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, setelah sembilan bulan mengandung tentu ada perasaan rindu intimasi dari Dads, bukan? Namun, tidak sedikit para Moms enggan melakukannya karena merasa takut untuk bercinta pasca melahirkan.

Ditambah lagi kekhawatirkan akan kondisi miss v yang masih terasa perih dan nyeri. Kadang beberapa Moms juga mengalami depresi atau biasa disebut dengan postpartum sehingga masih ragu untuk bercinta.

Jangan khawatir, Moms, hal tersebut wajar terjadi khususnya bagi para Ibu baru. Apalagi rasa sakit yang masih tersisa setelah persalinan, perubahan hormon, baby blues, dan postpartum ikut mempengaruhi libido, sehingga membuat gairah seksual Moms untuk urusan ranjang berkurang.

Tunggu lagi beberapa waktu sebelum akhirnya Moms bisa menikmati kembali hangatnya malam bersama Dads.

Baca Juga : Alasan Suami Merasa 'Trauma' dan Enggan Bercinta Pasca Istri Melahirkan

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bercinta Pasca Melahirkan?

Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya!

Foto : uw medicine

Menurut Andrea DeMaria dari University College of Health and Human Sciences in Lafayette, dibutuhkan waktu sampai 6 minggu untuk mengembalikan kembali kebugaran tubuh pasca melahirkan untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan.

Namun, Andrea juga menuturkan itu bukan waktu yang pasti, tetapi itu merupakan sebuah prosedur yang hampir diberikan oleh seluruh dokter kepada wanita setelah melahirkan. Beberapa orang mungkin harus menunggu waktu lebih lama untuk bercinta, tergantung pada keadaan mental orang yang berbeda-beda.

Pada wanita yang melahirkan melalui proses Caesar, kemungkinan proses penyembuhan bisa memakan waktu lebih dari enam minggu. Itu adalah waktu yang diperlukan tubuh untuk kembali bugar. Semuanya tergantung pada seberapa luas luka dan di mana letak bedah dilakukan.

Baca Juga : Stres Pasca Melahirkan, Tanda Mama Menderita Baby Blues Syndrom

Apakah Bercinta Pasca Melahirkan akan Terasa Menyakitkan?

Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya!

Foto : dating coach

Menurut seorang gynecologist, Rebecca Booth, rasa sakit saat pertama kali bercinta pasca melahirkan memang bisa terasa menyakitkan. Sakit yang dirasakan berasal dari trauma pasca persalinan dan juga dipengaruhi dengan tingkat rendahnya hormon estrogen, yang turut berpengaruh pada elastisitas jaringan vagina.

Kadar estrogen yang menurun pasca melahirkan terjadi karena saat seorang wanita menyusui, terutama waktu pertama kali, akan mengurangi estrogen yang disertai dengan meningkatnya prolaktin dan oksitosin yang dapat membuat cairan pada vagina berkurang.

Apakah Seks Setelah Melahirkan akan Terasa Berbeda Dari Sebelumnya?

Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya!

Foto : Freepik

Moms, kehamilan dan persalinan memang dapat meregangkan atau melukai otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus kecil, dan dubur. Jadi, mungkin memang akan ada sedikit perubahan pada area tersebut.

Namun, Moms bisa mengembalikan elastisitas tubuh seperti sebelumnya dengan mencoba berolahrga. Senam kegel menjadi jenis olahraga yang paling cocok untuk Moms setelah melahirkan. Senam kegel dapat melatih otot panggul bawah yang bermanfaat untuk memperbaiki kondisi usai persalinan.

Baca Juga : Tips Perut Kembali Rata Pasca Melahirkan

Apakah Seks Setelah Melahirkan Bisa Menimbulkan Kehamilan Kembali?

Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Setelah Melahirkan? Ini Jawabannya!

Foto : closer magazine

Bercinta pasca melahirkan setelah lewat masa postpartum, misalnya di atas 6 minggu, memang tidak bisa menutup kemungkinan Moms untuk bisa kembali hamil. Terutama saat melakukan hubungan tanpa menggunakan kontrasepsi dan di masa subur.

Guna mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan masalah kesehatan lainnya, pakar menyarankan untuk Moms menunggu setidaknya 18-24 bulan sebelum merencanakan program kehamilan kembali.

NA/KM

Artikel Terkait