PERNIKAHAN & SEKS
10 Agustus 2019

Hati-hati! 5 Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Terkadang sering dianggap sepele!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjaga kehidupan seksual tuh sangat penting, Moms. Namun, ada beberapa hal yang kadang tanpa Moms sadari bisa menurunkan gairah seksual Moms dan pasangan.

Kadang Moms dan pasangan malas untuk membicarakan perihal menurunnya gairah seksual atau libido yang menurun.

“Menurunnya libido bisa merubah kualitas hubungan bahkan disfungsi seksual lainnya,” ujar Barry McCarthy, rekan penulis dari Rekindling Desire.

Penurunan gairah seksual terjadi sekitar 15-16 persen pada pria dan hal ini justru dua kali lipat lebih banyak pada wanita.

Pria jadi cenderung lebih takut dengan wanita ketika sedang mengalami penurunan hasrat seksual.

“Maskulinitas para pria sangat tergantung pada gairah seks mereka, sehingga mereka akan merasa sangat terancam,” kata Esther Perel, terapis pasangan di New York dan penulis Mating In Captivity.

Menurut Edward Laumann, Profesor Sosiologi di Universitas Chicago, menurunnya libido pada pria juga membuat mereka tidak semangat menjalani sisa hidup dan wanita lebih baik dalam hal ini.

Hanya 23 persen pria yang mengatakan bahwa mereka masih semangat menjalani hidup dan bahagia. Sementara perempuan hanya 46 persen saja.

Oleh sebab itu, Moms harus mencari penyebab penurunan libido. Berikut ini beberapa kebiasaan yang ternyata bisa menurunkan gairah seksual!

1. Kurang Tidur

54ebb7bfbc6b0 2 couple laying in bed xl

Menurut Dr. Robert D. Oexman kurang tidur bukan hanya banyak mempengaruhi soal penampilan, tetapi juga menurunkan gairah seksual khususnya pada pria.

Direktur Sleep To Live Institute, Joplin, MO mengatakan bahwa pria butuh tidur minimal tujuh jam sehari untuk menjaga kondisi terbaik dari dirinya. Kurang tidur bisa menyebabkan kadar testosteron yang lebih rendah.

2. Menggunakan Gadget Berlebihan

kebiasaan tak terduga ini bisa menurunkan kehidupan seksual 02

“Teknologi di dalam kamar tidur adalah penyebab menurunnya libido, kata Sharon Gilchrest O’Neill, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan penulis A Short Guide To A Happy Marriage.

Ketika sudah bersama pasangan dan masih menggunakan ponsel atau laptop itu pasti membuat momen indah yang seharusnya terjadi menjadi terlewat begitu saja.

Baca Juga: Sering Dialami, Atasi 3 Keluhan Seks Suami Istri Ini Agar Makin Harmonis

3. Merokok Serta Minum Alkohol

kebiasaan tak terduga ini bisa menurunkan kehidupan seksual 03

Moms perlu kita ketahui bahwa bahaya merokok bukan hanya untuk kesehatan jantung atau paru-paru.

Hal itu juga bisa membunuh kesehatan pembuluh darah dan bisa menyebabkan menurunkan gairah seks pada pria dan wanita sehingga kesulitan mencapai tahapan orgasme.

4. Kekurangan Waktu

kebiasaan tak terduga ini bisa menurunkan kehidupan seksual 05

Pernahkah Moms berpikir bahwa kegiatan yang dilakukan Moms dan pasangan terlalu sibuk sehingga tidak memikirkan soal hal seksualitas dengan pasangan?

“Kurang melakukan seks adalah salah satu faktor penyebab menurunnya libido,” kata Irwin Goldstein, MD, professor bedah klinis University California di San Diego.

Akibat terlalu sibuk, Moms dan pasangan kadang tidak memikirkan dan cenderung melupakan hubungan seks.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Kehidupan Seks yang Romantis Setelah Punya Anak?

5. Tertekan

this is why couples fight more if they stop having sex according to relationship experts 635555000 nd3000 760x506

Tubuh sangat reaktif pada tekanan atau kondisi dimana pikiran dan badan terasa kelelahan. Hal ini menyebabkan kadar hormon tubuh terganggu.

Stres kronis dapat jadi penyebab turunnya libido pada Moms dan pasangan. Respon stres juga bisa membuat penyempitan pada pembuluh darah sehingga tubuh kekurangan aliran darah.

Pikiran Moms dan pasangan akan teralihkan ke hal lain di luar seks karena begitu merasa tertekan. Apakah Moms pernah mengalami fase menurunnya gairah seksual? Pada saat itu, apa yang Moms lakukan?

(GSA)

Artikel Terkait