GAYA HIDUP
11 Maret 2020

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan, Yuk Kenali!

Leukemia bisa disembuhkan total jika gejalanya dideteksi sejak dini
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Leukemia atau yang lebih dikenal sebagai kanker darah adalah salah satu penyakit kanker nomor satu yang sering menyerang anak-anak. Meski terdengar menyeramkan, sebenarnya saat ini leukemia bisa disembuhkan dengan total.

Tentu saja, hal ini bisa terjadi jika pengobatannya dilakukan sejak dini. Namun, sayangnya banyak orang yang tak sadar dan abai terhadap gejala leukemia.

Gejala Leukemia

Supaya lebih waspada, Moms sebaiknya mengenali apa saja gejala leukemia yang sebenarnya cukup khas.

1. Mudah Lelah

hero mata lelah

Mudah lelah adalah gejala leukemia yang paling sering tidak disadari. Hal ini memang sangat umum dan dapat terjadi karena apa saja. Namun, menurut Cancer Research Uk, rasa lelah yang diakibatkan oleh kanker umumnya dirasakan terus-terusan.

Maksudnya, Moms atau Si Kecil akan merasa capek dan tak bertenaga walaupun sudah istirahat cukup. Rasa lelah ini disebabkan karena sel-sel kanker sedang menyerang sistem imun, sehingga tubuh tidak terasa bugar.

Baca Juga: 4 Pilihan Obat Vertigo yang Manjur

2. Tidak Nafsu Makan

00 ILUSTRASI TIDAK MAU MAKAN - sumber hellosehaat.jpg

Sama seperti merasa lelah, tidak nafsu makan bisa diakibatkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Namun, yang kali ini nafsu makan hilang tiba-tiba dan jadi tidak ingin makan sama sekali.

Menurut Web MD, gejala ini terjadi karena sel-sel kanker dapat mengubah cara metabolisme tubuh, sehingga menurunkan nafsu makan.

3. Berat Badan Turun Drastis

manfaat kunyit asam - menurunkan berat badan.jpg

Selain karena kehilangan nafsu makan, berat badan turun drastis bisa jadi akibat perkembangan kanker di dalam tubuh.

Menurut American Cancer Society, berat badan turun sebesar 4 kg atau lebih dalam waktu yang singkat, bisa jadi tanda dari sebuah penyakit kanker.

Bila Moms atau anggota keluarga lain turun berat badan dalam waktu singkat dan tidak diketahui penyebabnya, sebaiknya patut curiga dan segera periksa ke dokter.

Baca Juga: Apakah Penyakit Lupus Dapat Disembuhkan?

4. Muncul Memar

muncul memar tiba tiba di badan, apa penyebabnya hero

Biasanya, memar di kulit muncul akibat benturan dengan sesuatu. Memar sebenarnya adalah bocornya pembuluh darah, sehingga darah keluar di bawah jaringan kulit.

Umumnya, memar akibat benturan akan hilang dengan sendirinya. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika memar disebabkan oleh leukemia. Memar akan muncul tiba-tiba dan sulit hilang

Dilansir dari Healthline, hal ini disebabkan karena leukimia menyebabkan tubuh kesulitan memproduksi plasma darah. Plasma darah atau trombosit berperan dalam menggumpalkan darah. Jadi, jika jumlahnya terlalu sedikit, darah susah menggumpal dan perdarahan di dalam tubuh bisa terjadi.

5. Perdarahan

5. Mimisan, Reaksi yang Terjadi Jika Mengalami Beberapa Gangguan dan Penyakit Ini.jpg

Perdarahan tiba-tiba adalah gejala khas dari leukemia. Umumnya, perdarahan ini terjadi di hidung (mimisan) atau gusi.

Menurut American Cancer Society, mimisan dan gusi berdarah terjadi akibat rendahnya jumlah trombosit di dalam tubuh. Hal ini membuat darah sangat cair dan tidak bisa menggumpal.

Kedua gejala leukemia ini juga biasanya terjadi tiba-tiba, tanpa alasan atau akibat yang jelas.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

6. Nyeri Sendi

gejala lupus - nyeri sendi.jpg

Tak banyak yang tahu jika nyeri sendi adalah salah satu gejala leukemia. Dilansir dari Medical News Today, sel-sel abnormal dari kanker dapat menumpuk di sekitar tulang dan sendi. Hal ini yang kemudian membuat sendi dan tulang terasa sakit.

Bila Moms atau anggota keluarga lainnya mengalami dua atau lebih gejala tersebut, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika sampai itu adalah gejala leukemia, Moms dan keluarga harus segera menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter agar bisa pulih total.

(IA/ERN)

Artikel Terkait