EVENT
6 Mei 2019

Belajar Gentle Birth dan Prenatal Yoga di Kopdar Orami, Seru!

Mom harus benar-benar mempersiapkan diri untuk kelahiran buah hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Whatsapp Group Pregnant Orami, kembali mengadakan event kopdar di Nujuh Bulan Studio, Bintaro, pada Rabu (1/5) . Dalam event kali ini, Gentle Birth and Prenatal Yoga menjadi topik pembahasannya.

Para Moms yang mengikuti event kopdar ini terlihat begitu bersemangat. Padahal, mereka harus merelakan waktu libur mereka lho Moms.

Tapi, demi mendapatkan banyak informasi baru mengenai si buah hati, mereka rela menghabiskan libur mereka dengan mengikuti kopdar ini.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Belajar Gentle Birth and Prenatal Yoga Langsung dari Ahlinya

WhatsApp Image 2019-05-01 at 11.31.23.jpeg

Sebelum acara dimulai, para Moms harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Baru kemudian pukul 11.00 WIB, acara yang ditunggu-tunggu, mulai.

Para Moms ini sudah terlihat tidak sabar mengikuti kelas ini. Ada yang memakai pakaian kasual karena akan langsung ikut praktek yoga, ada juga yang tampil rapi, hingga membawa baju ganti.

Wingke, salah satu anggota WAG Pregnant Orami mengaku sangat beruntung bisa bergabung dengan grup tersebut. Meskipun awalnya hanya diajak teman, setelah bergabung, Wingke merasakan sendiri manfaat grup tersebut.

"Saya banyak mendapat sharing dari Moms lain mengenai hal yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Selain itu saya juga menambah wawasan saya untuk lebih care pada diri sendiri dan membantu satu sama lain,” ujar Wingke.

Kopdar kali ini dimulai dengan talkshow singkat bertajuk ‘Gentle Birth and Prenatal Yoga’ yang dibawakan langsung oleh Tia Pratignyo, selaku founder Nujuh Bulan Studio.

Menurutnya, penting bagi seorang ibu menyadari bahwa kehamilan adalah momen penting karena merupakan sebuah transformasi dan transisi. Dari seorang perempuan yang belum memiliki pengalaman memiliki anak, akan berubah menjadi seorang ibu. Dari seorang pria biasa, akan berubah menjadi seorang ayah.

Meski terdengar sepele, menjadi seorang ibu dan ayah adalah hal yang sulit. Kita tidak hanya mengurus diri sendiri saja sekarang, tetapi ada tanggung jawab yang bertambah dan harus diperhatikan.

Tia juga menjelaskan secara detail apa itu Gentle Birth dan hal-hal penting apa yang perlu diperhatikan agar ibu dapat melahirkan dengan nyaman. Selain mempersiapkan fisik untuk proses persalinan, kondisi mental ibu juga sangat penting untuk dijaga.

Posisi-posisi yang benar saat ibu hamil ingin duduk bersila atau berdiri juga diajarkan. Cara untuk membalikkan tubuh saat tidur atau berbaring juga dipelajari. Hal ini penting, agar tidak terjadi kesalahan selama proses kehamilan.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan praktek prenatal yoga selama 1 jam yang dipimpin oleh Tia sendiri.

Berbagai macam pose yoga diajarkan di sini. Mulai dari pose yang dapat membantu ibu mengurangi pegal dan nyeri di pinggang, berlatih melenturkan tubuh untuk proses persalainan, hingga relaksasi yang nyaman. Semua diajarkan secara detail dan jelas.

Baca Juga: 5 Inspirasi Baju Lebaran Untuk Ibu Hamil

Nujuh Bulan Studio dan Tia Pratignyo

56913520_412424669594943_1162664336531298120_n.jpg

Foto: Instagram.com/nujuhbulanstudio

Sedikit cerita mengenai Nujuh Bulan Studio, Tia Pratignyo mendirikan studio ini dilatarbelakangi oleh pengalamannya sendiri, ketika ia mengandung anak pertamanya di tahun 2012.

Ia mengaku sangat sulit untuknya menemukan studio yoga kehamilan, yang juga dapat membantunya mendapatkan informasi mengenai apa yang harus dilakukan agar ia dapat melahirkan dengan nyaman.

Yang bisa dilakukan hanya mengikuti senam ibu hamil yang diadakan di sebuah rumah sakit. Menurutnya hal itu masih belum cukup, sehingga ia ingin mencari pengalaman lain. Melalui studio ini, ia ingin membantu para ibu hamil di luar sana, agar bisa mendapatkan informasi yang cukup tentang melahirkan.

“Saya sudah mengajar para ibu hamil sejak tahun 2012. Semakin lama, saya makin jatuh cinta dengan segala hal mengenai kehamilan. Makanya melalui studio ini saya ingin membantu para ibu hamil yang ada, agar dapat melahirkan dengan nyaman,” kata Tia.

Sebelum langsung melakukan praktek prenatal yoga, para ibu hamil diajak untuk memahami gentle birth dan prenatal yoga secara singkat.

Ia mengaku awalnya studio ini hanya ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai kehamilan dan persalinan saja. Tetapi karena banyaknya permintaan dari pelanggannya, ia pun mulai melebarkan sayapnya dengan menambah berbagai macam kelas mengenai kehamilan dan melahirkan.

Nujuh Bulan Studio bahkan juga menghadirkan kelas fertility karena banyak ibu yang mengalami kesulitan hamil.

Nama Nujuh Bulan Studio sendiri diambil dari upacara adat Jawa, Mitoni. Artinya memang merujuk pada acara tujuh bulanan ibu hamil, di mana semua orang berkumpul untuk mendoakan kelancaran ibu dan sang bayi hingga proses persalinan. Jadi, filosofinya yang digunakan.

“Nujuh Bulan Studio ingin hadir sebagai support system untuk para ibu hamil,” ujar Tia.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil?

Usai praktek acara diakhiri dengan foto bersama, dan pembagian goodie bag menarik untuk masing-masing ibu yang datang.

Nah, ternyata seru sekali yah kopdar Orami ini. Selain bisa bertemu dengan sesama bumil, para Moms juga bisa dapat banyak ilmu baru.

Untuk Moms yang mungkin tertarik untuk bergabung bersama Whatsapp Group Orami, Moms bisa langsung menambahkan WhatsApp di nomor 0811-8852-250 untuk informasi lebih lanjut.

Segeralah bergabung, agar Moms bisa mengikuti berbagai event yang diadakan untuk Moms Community Orami dan memperoleh berbagai keuntungan!

(AWD/AND)

Artikel Terkait