TRIMESTER 3
19 Desember 2018

Lakukan 3 Gerakan Ini di Rumah Agar Proses Persalinan Berjalan Lancar

Berikut tiga gerakan yang bisa Moms lakukan sebagai persiapan melahirkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Persiapan melahirkan adalah hal yang penting untuk Moms lakukan. Salah satu cara agar persalinan lancar adalah melakukan beberapa gerakan di rumah.

Ada banyak manfaat dari berbagai gerakan ini di rumah salah satunya adalah memperkuat dan meregangkan otot pada bagian punggung, paha serta panggul.

Selain membuat sendi panggul lentur, hal ini dapat memperlancar aliran darah ke tubuh bagian bahwa untuk memudahkan proses persalinan.

Ali Handley seorang spesialis pilates yang berbasis di New York mengungkapkan beberapa gerakan di rumah yang mudah untuk dilakukan.

“Latihan sederhana ini dapat membantu meregangkan otot yang sangat penting untuk dilatih agar persalinan lancar,” ujarnya.

Apa saja gerakannya? Berikut tiga gerakan yang bisa Moms lakukan sebagai persiapan melahirkan.

1. Memeluk perut

lakukan gerakan ini di rumah agar proses persalinan lancar 01

Saat melahirkan, gerakan ini sangat dibutuhkan untuk membantu otot rahim mendorong bayi keluar dari kandungan pada saat kontraksi terakhir.

Nah, cara ini juga membantu Moms untuk memulihkan bentuk perut setelah melahirkan nanti. Pertama-tama duduk dengan nyaman dan santai. Moms bisa duduk di atas phsyioball atau kursi. Tarik napas melalui hidung dan biarkan udara memasuki otot perut.

Embuskan napas panjang dan lepaskan secara perlahan. Letakkan satu tangan di atas perut tepat di bawah tulang dada dan yang lainnya di bawah pusar. 

Fokuslah untuk menarik perut dari tangan bawah agar badan tetap tegak selama proses mengambil napas panjang.

Baca Juga : Hypnobirthing, Metode Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

2. Squat

lakukan gerakan ini di rumah agar proses persalinan lancar 02

Kegiatan di rumah lainnya yakni squat. Gerakan ini termasuk persiapan melahirkan yang paling mudah dilakukan dan sangat bermanfaat terutama saat mendekati waktu melahirkan.

Gerakan ini untuk memperkuat bagian kaki dan bokong sebab dalam persalinan normal kedua bagian tubuh ini harus kuat.

Lalu, bagaimana cara melakukan gerakan di rumah ini?

Pertama-tama berdiri dengan dua kaki membuka dan merata di atas tanah. Beri jarak antara pangkal paha. Ambil napas dan ubah posisi dengan setengah jongkok (lutut ditekuk setelah dan pinggul agak didorong ke belakang).

Setelah itu, embuskan napas secara perlahan. Dorong kembali kaki dan dorong panggul ke depan untuk kembali berdiri kembali.

Posisi setengah jongkok ini adalah baik untuk menguji kontrol pikiran tubuh dan daya tahan otot.

Fokuslah pada pengaturan pernapasan dan rasakan peregangan otot yang mungkin sedikit terasa. Sebab, kontraksi saat persalinan akan mirip seperti itu sehingga perlu adalah latihan dan persiapan khusus.

Baca Juga : Tips Agar Cepat Melahirkan: Lakukan 5 Aktivitas Ini

3. Peregangan Otot di Lantai

lakukan gerakan ini di rumah agar proses persalinan lancar 03

Gerakan di rumah berikutnya adalah otot dasar panggul. Saat mencapai trimester tiga, Moms perlu meregangkan otot dasar panggul ini untuk memungkinkan bayi keluar.

Moms bisa meletakkan blok yoga atau bantal di dinding. Duduk tegak dengan punggung menempel di dinding dengan posisi kaki terbuka dengan telapak kaki bertemu sama lain. Tarik napas melalui hidung. Setelah itu, coba tekan bagian lutut dalam ke arah lantai.

Coba dorong bagian lutut dalam sampai menyentuh lantai.

Setelah itu, tahan selama 90 detik dan regangkan kembali. Handley merekomendasikan gerakan di rumah ini sebagai rutinitas dalam minggu-minggu jelas waktu persalinan. Dengan begitu, Moms akan terbiasa untuk meregangkan dan melepas otot-otot yang membantu persalinan lancar.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga yang Bantu Persalinan Normal Lebih Lancar

Kalau Moms punya cara apa untuk membantu agar persalinan agar lancar?

(GSA) 

Sumber: parents.com, shape.com

Artikel Terkait