BAYI
18 September 2019

Lebih Hemat Budget, Ini 7 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Disewa Saja!

Moms bisa kalap membeli perlengkapan bayi! Ada baiknya cek dulu apa saja perlengkapan bayi yang bisa disewa
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menyambut Si Kecil yang akan lahir ke dunia memang bisa membuat semua Moms excited dibuatnya! Menjelang kelahiran atau bahkan berbulan-bulan sebelumnya, segala perintilan bayi dari baju hingga perlengkapannya diburu oleh semua Moms.

Jika tidak membuat daftar belanja, bisa-bisa kalap! Nah, sebenarnya selain membeli, ada juga beberapa perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa saja.

Selain hemat biaya, durasi pemakaian beberapa perlengkapan bayi ini juga tidak dalam waktu lama.

Apa saja perlengkapan bayi yang bisa Moms sewa? Yuk, seimak selengkapnya!

1. Baby Bouncer

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - bouncer.jpg

Si Kecil memang suka sekali ditimang-timang, digendong, dan diayun-ayun. Namun ada kalanya Moms dan Dads tidak bisa menggendong dan memegangnya langsung. Untuk itulah ada untungnya jika mempunyai baby bouncer.

Melalui alat ini, Si Kecil serasa diayun-ayun. Biasanya jika ia rewel dengan menaruhnya di baby bouncer, rewelnya pun bisa hilang sekejap mata. Duduk di bouncer memang bisa membuatnya nyaman.

Tapi usia pemakaian bouncer biasanya maksimal sampai bayi usia 6 bulan. Karena itu ada baiknya untuk menyewa saja jika Moms berpikir dua kali untuk membelinya.

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Melakukan Perjalanan Darat

2. Car seat

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - carseat.jpeg

Bagi keluarga yang memiliki bayi dan mobilitasnya memakai mobil, ada baiknya untuk memasang car seat. Dengan car seat, Moms dan Dads sudah mengusahakan keselamatan Si Kecil saat berkendara.

"Car seat luar biasa dalam melindungi anak-anak dalam kecelakaan, dan adanya benda itulah alasan kematian dan cedera pada anak-anak dalam kecelakaan kendaraan bermotor telah berkurang," kata Dr. Benjamin Hoffman dari American Academy of Pediatric (AAP).

Karena sangat penting, Moms sebaiknya memilikinya. Sebelum membelinya, Moms dapat menyewa terlebih dahulu. Apalagi, carseat bagi newborn dan usia diatasnya bisa berbeda tipe dan model.

3. Tempat Tidur Bayi

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - boks bayi.jpg

Ada bayi yang tidak masalah tidur di boks bayi, tapi ada juga, lho, bayi yang tidak nyaman tidur sendiri di dalam boks. Nah, karena itulah Moms bisa menyewa perlengkapan bayi ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Banyak tempat penyewaan perlengkapan bayi yang memiliki boks tempat tidur bayi yang portable maupun yang paten terbuat dari kayu. Setelah dicoba dan Si Kecil memang cocok tidur di boks, Moms bisa membelinya kemudian. Harap diingat, usia pemakaian boks bayi pun juga terbatas, ya, Moms.

4. Changing Table

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - changing table.jpg

Perlengkapan bayi yang satu ini bisa dibilang tidak terlalu penting untuk dibeli. Moms hanya dapat memakainya saat bayi masih belum terlalu banyak bergerak untuk mengganti popok dan bajunya. Tapi begitu Si Kecil sudah tidak bisa diam, agak sulit untuk memanfaatkan fungsinya.

Untuk di awal-awal masa kelahiran Moms bisa menyewa changing table ini. Jika pun ingin membeli, pilih model yang bagian atasnya agak lebar dan bagian bawahnya berupa laci sehingga tetap bisa digunakan saat anak Moms sudah besar.

Baca Juga: Ini 6 Tanda Si Kecil Sudah Siap Mulai MPASI Pertama!

5. High Chair

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - high chair.jpg

Untuk membiasakan Si Kecil sedini mungkin belajar makan sesuai tempatnya adalah dengan menggunakan high chair. Tapi pemakaian perlengkapan bayi ini juga beresiko jatuh.

"Hal nomor satu yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah cedera yang berkaitan dengan high chair adalah dengan menggunakan sistem penahan keselamatan di kursi," ujar Dr. Gary Smith, Rumah Sakit Anak Nationwide Columbus, Ohio.

Sebelum berniat membeli, Moms dapat menyewa dan melihat apakah Si Kecil bisa dan betah duduk di high chair atau tidak. Kegiatan makan pun tidak harus di high chair, ya, Moms. Si Kecil bisa dipangku atau duduk di karpet lantai.

6. Push Baby Walker

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - push walker.jpg

Si Kecil mulai suka berdiri dan belajar berjalan? Moms bisa mencoba push baby walker sebagai alat untuk menstimulasi geraknya.

Kini banyak tempat sewa perlengkapan bayi yang menyediakannya karena kebutuhan cutomer yang tinggi untuk alat ini.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

7. Mainan

perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa - mainan playground.jpg

Berbagai permainan untuk bayi dan anak bahkan yang ukurannya besar seperti playground juga bisa dilirik untuk disewa saja daripada dibeli.

Apalagi untuk mainan bayi sejenis playground yang harganya cenderung mahal, Moms dapat menghemat budget dengan menyewanya. Anak senang, Moms pun senang!

Bagaimana, Moms, sudah terpikir untuk menyewa perlengkapan bayi yang mana?

(DI/ERN)

Artikel Terkait