BALITA DAN ANAK
26 Juni 2020

5 Mainan Edukasi Anak 3 Tahun yang Bisa Moms Pilih

Cocok untuk anak usia 3 tahun, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat beranjak 3 tahun atau preschool-aged, Si Kecil akan belajar melalui observasi dan eksplorasi dari sesuatu yang ada di sekelilingnya.

Memberikan mainan edukasi untuk anak 3 tahun akan membantu tumbuh kembang Si Kecil seperti koordinasi, gerak motorik, interaksi sosial atau lingkungan, dan juga kemampuan emosionalnya.

Untuk itu, Moms perlu mencari tahu banyak referensi mengenai mainan edukasi anak 3 tahun dan juga manfaat yang akan dihasilkan.

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun

Apakah Moms sedang mencari mainan edukasi untuk membantu Si Kecil dalam menghitung, membedakan warna, dan meningkatkan kemampuan koordinasi serta gerak motoriknya? Bila demikian, ulasan mainan edukasi anak 3 tahun berikut ini penting untuk Moms simak.

Seperti yang diketahui, mencari mainan edukasi bisa jadi membingungkan. Sebab, ada banyak sekali pilihan dan sulit menentukan manfaat mainan edukasi sesuai dengan usia Si Kecil.

Maka, untuk membantu Moms, berikut beberapa rekomendasi mengenai mainan edukasi untuk anak 3 tahun yang jadi rekomendasi.

1. MEGA BLOKS MB Animal Families

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun 1.png

Foto: orami.co.id

Mainan edukasi anak 3 tahun ini dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil dengan bermain menyusun balok.

Mega Bloks MB Animal Families juga dapat membuat Si Kecil mengenal berbagai macam hewan dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

Di awal penggunaannya, Moms perlu menemani Si Kecil untuk memberikan panduan dasar seputar cara bermainnya. Kunjungi Orami untuk membeli mainan ini, Moms.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Edukasi untuk Balita 0-3 Tahun

2. Construction Worker Costume

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun 2.jpg

Foto: amazon.com

Berdasarkan wawancara Profesor Doris Bergen yang dimuat di Journal of Play, salah satu mainan edukasi yang paling bermanfaat bagi anak ialah jenis mainan "pura-pura" yang melibatkan aksi, bahasa, dan tema atau konsep yang bisa bertahan lama.

Mainan edukasi tersebut dapat Moms temukan di construction worker costume, yang mendorong Si Kecil untuk berpura-pura menjadi pekerja konstruksi melalui imajinasi dan kreativitasnya yang luar biasa.

3. Bath Letters and Numbers by Munchkin

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun 2.png

Foto: muchkin.com

Waktu mandi biasanya dapat menjadi aktivitas mengasyikan bagi Si Kecil. Di momen inilah Moms dapat mengimplementasikan mainan edukasi ini melalui pengenalan huruf dan angka.

Mainan edukasi anak 3 tahun yang satu ini terdiri dari 36 huruf dan 10 angka dengan variasi warna yang beragam. Huruf dan angka tersebut dapat mengapung di bak mandi dan menempel di dinding saat basah.

Baca Juga: Cari Tempat Rekreasi Sekaligus Edukasi Anak di Jakarta? Ke 5 Museum Ini Saja

4. Robot Engineer (Level 1) by Kids First

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun 4.jpg

Foto: amazon.com

Minat atau ketertarikan setiap anak pada sesuatu yang ingin diketahui pastinya berbeda-beda. Nah, mainan satu ini merupakan cara asyik dan sederhana untuk mengenalkan konsep teknik konstruksi pada Si Kecil.

Selain itu, anak juga dapat mengenal konsep sains dasar seperti matematika, visual-spasial, penalaran, dan pemecahan masalah. Jika Si Kecil memiliki minat tersebut, mainan edukasi anak 3 tahun seperti ini dapat dicoba.

5. VTech Educational Toy Creativity Center

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun 5.jpg

Foto: amazon.com

Mainan edukasi ini sangat efektif untuk mengenalkan atau meningkatkan kemampuan menulis dan membaca Si Kecil dengan cara yang menyenangkan, Moms.

Mainan ini bisa juga digunakan sebagai media untuk menggambar. Dengan begitu kreativitas dan imajinasi Si Kecil juga ikut diasah.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mainan Edukasi untuk Anak

Nah Moms, itulah 5 rekomendasi pilihan mainan edukasi untuk anak usia 3 tahun. Agar tidak salah membeli mainan, pastikan cari tahu dulu kesenangan atau ketertarikan Si Kecil seperti apa. Kunjungi Orami.co.id untuk melihat mainan edukasi pilihan bagi Si Kecil.

Artikel Terkait