BALITA DAN ANAK
31 Juli 2020

14 Makanan Penangkal Radikal Bebas untuk Anak

Hindari radikal bebas dengan konsumsi bahan-bahan berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh Si Kecil. Selain itu, antioksidan juga penting untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Dilansir dari BetterHealth, makanan-makanan yang mengandung antioksidan dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu menetralisirnya. Kandungan nutrisi antioksidan yaitu: vitamin A, C, E dan mineral. Namun, antioksidan hanya bisa ditemui di beberapa makanan saja.

Menurut studi dari Pharmacognosy Review, kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas dapat dikontrol dengan nutrisi antioksidan yang memadai. Mengonsumsi antioksidan dengan optimal pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan tubuh Si Kecil.

14 Makanan Penangkal Radikal Bebas untuk Anak

Salah satu cara mengatasi penumpukan radikal bebas pada tubuh Si Kecil adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan. Berikut 6 makanan penangkal radikal bebas untuk anak:

1. Dark Chocolate

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Moms, ternyata cokelat hitam merupakan salah satu makanan penangkal radikal bebas untuk anak, lho. Dark chocolate dinilai mengandung lebih banyak mineral dan antioksidan daripada cokelat yang biasanya.

Selain mengandung antioksidan tinggi, dark chocolate juga dapat mencegah peradangan serta penyakit jantung. Mengonsumsi produk-produk cokelat juga bisa mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Blueberry

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Selain rendah kalori, blueberry juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan blueberry dinobatkan sebagai makanan yang kaya antioksidan paling tinggi dari buah dan sayuran lainnya.

MenurutU.S. Department of Agriculture USDA (HNRCA), blueberry memiliki konsentrasi antioksidan yang tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi.

Sesuai dengan namanya, buah ini berwarna biru tua dari senyawa kuat yang disebut anthocyanin.

Antioksidan yang terdapat dalam blueberry dapat membantu mengendalikan radikal bebas yang terjadi pada anak.

Selain itu, antioksidan dalam blueberry juga berfungsi sebagai penunda penurunan fungsi otak lho, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

3. Stroberi

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Siapa yang tidak kenal stroberi, Moms? Buah yang sangat populer ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang manis, tapi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Sehingga buah stroberi cocok dikonsumsi sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

Stroberi mengandung jenis antioksidan yang disebut anthocyanin, yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, stroberi juga memiliki suplemen antosianin yang dapat mengurangi kadar kolesterol.

Selain sebagai makanan kaya antioksidan, strawberry juga memiliki kandungan asam folat dan serat yang tinggi lho, Moms.

4. Raspberry

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Raspberi sering digunakan dalam makanan penutup dan berfungsi sebagai sumber serat yang sangat baik.

Berbeda dengan blueberi, raspberry mengandung antioksidan polifenol yang disebut ellagitannins, ini juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

Raspberi juga dapat meningkatkan leptin, hormon yang membuat Moms merasa kenyang. Sehingga cocok dijadikan camilan sehat dan sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

Baca Juga: Cantik Luar Dalam Berkat 3 Berry Ini

5. Goji Berry

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Buah tradisional yang berasal dari Tiongkok ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anak-anak.

Selain diperkaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, goji berry ternyata dapat menangkal radikal bebas.

Walaupun jarang di dengar kehadirannya di Tanah Air, buah goji berry mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B2, zat besi, dan antioksidan tinggi.

Moms bisa memilih buah goji berry yang sudah benar-benar matang, karena jika mentah justru akan menjadi racun ya Moms.

6. Acai Beri

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Acai beri tumbuh di pohon-pohon palem acai yang berasal dari wilayah Amazon Brazil. Buah ini menjadi suplemen makanan kesehatan yang populer karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Acai beri adalah salah satu sumber antioksidan polifenol terbaik, ketika dikonsumsi sebagai jus, acai beri dapat meningkatkan kadar antioksidan darah. Moms bisa menjadikan acai beri sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

7. Avokad

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Buah avokad juga termasuk salah satu makanan penangkal radikal bebas untuk anak. Beberapa senyawa antioksidan di dalam buah avokad antara lain adalah saponin, flavonoid, dan alkaloid.

Ketiga senyawa di dalam avokad inilah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Si Kecil, terutama dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya..

8. Anggur

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Anggur banyak dikonsumsi baik sebagai buah utuh, mentah atau jus, anggur, kismis atau cuka. Kulit dan biji anggur adalah sumber antioksidan polifenol yang sangat baik dan bisa dijadikan makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

Selain itu, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak polifenol pada biji anggur dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Namun, kebanyakan ini merupakan studi skala kecil.

Baca Juga: Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

9. Kacang Merah

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Tahukah Moms, dalam setengah cup kacang merah terdapat kandungan antioksidan sebanyak 13,727 TE (satuan ukuran kekuatan antioksidan).

Selain enak, kacang merah termasuk makanan kaya antioksidan yang tinggi, sehingga cocok sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

Menurut jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, dikatakan bahwa kacang merah mengandung phenolic acid dan flavonoid dalam jumlah yang besar.

Selain itu, kacang merah juga mengandung anthocyanin, yang berkaitan erat dengan aktivitas antioksidan yang sangat kuat.

Kacang merah bisa disajikan dalam olahan es kacang merah, sup, atau bubur untuk Si Kecil.

10. Bayam

makanan penangkal radikal bebas untuk anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Bayam adalah sayuran paling bergizi, Moms. Selain mengandung serat, vitamin, dan mineral, bayam juga mengandung antioksidan tinggi.

Memiliki kandungan kalori yang rendah, bayam dapat melindungi tubuh Si Kecil dari radikal bebas dan menguatkan sistem imun tubuhnya.

Si Kecil pun bisa bebas aktif bermain di luar rumah tanpa takut lagi.

Baca Juga: Selain Tinggi Antioksidan, Ini 8 Khasiat Buah Plum Bagi Anak

11. Plum

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Buah ini tidak terlalu banyak dikonsumsi orang Indonesia. Namun, rasanya yang manis membuat buah ini juga disukai anak-anak.

Menurut Journal of Food Quality, dijelaskan bahwa buah plum adalah sumber terbaik untuk mendapatkan antioksidan untuk tubuh.

Dalam satu buah plum terdapat kandungan antioksidan sebanyak 4,844 TE.

Dilansir dari USDA National Nutrient Database, buah plum sangat kaya akan sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan vitamin K.

Mereka juga merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamin E yang baik. Mineral yang terkandung didalamnya adalah kalium, florida, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng.

12. Almond

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Almond memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan sel kanker dan juga sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

The American Cancer Society telah menemukan bahwa ada kandungan asam ellagic dalam Almond . Kacang ini juga dikenal membantu pengobatan diabetes tipe 2 dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Manfaat Almond Untuk Bayi, Simak ya Moms!

13. Delima

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Pomegranate alias delima disebut sebagai makanan super yang telah dibudidayakan sejak zaman kuno.

Dalam penelitian Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cangkir jus pomegranate mengandung 5,923 TE.

Buah ini baik dikonsumsi penderita kanker dan untuk kesehatan kulit, serta sebagai makanan penangkal radikal bebas untuk anak.

14. Bayam Merah

makanan penangkal radikal bebas untuk anak

Foto: Orami Stock Photos

Bayam merah mengandung pigmen antosianin, yaitu pigmen merah keunguan yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu bayam merah mengandung senyawa antioksidan lain seperti betalain, vitamin C, karetenoid, dan flavonoid.

Di mana senyawa-senyawa inilah yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga terlindungi dari penyakit degeratif.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

Radikal bebas memang sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, jangan lupa memberikan 14 jenis makanan penangkal radikal bebas untuk anak di atas, Moms.

Pastikan juga Si Kecil mengonsumsi banyak air putih dan istirahat secukupnya agar sistem imun tubuh lebih kuat.

Artikel Terkait