KEHAMILAN
4 Juli 2020

6 Makanan dengan Probiotik untuk Ibu Hamil, Moms Perlu Tahu!

Mengonsumsi makanan dengan probiotik untuk ibu hamil tentunya ada manfaatnya bagi kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Probiotik adalah mikroorganisme hidup, kebanyakan bakteri, yang mirip dengan mikroorganisme menguntungkan yang secara alami ditemukan di usus.

Probiotik disebut sebagai bakteri ramah. Hal ini dikarenakan mereka dapat menyeimbangkan bakteri jahat dalam usus, dan membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan probiotik untuk ibu hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena eksim. Tetapi sekali lagi, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan ini memang benar.

Probiotik, baik dari makanan atau suplemen, membantu sistem pencernaan Moms bekerja lebih efisien.

Seperti disebutkan di atas, probiotik dianggap mengurangi keberadaan bakteri jahat.

Membantu usus memindahkan makanan dan mengurangi bakteri jahat membantu mengurangi kemungkinan mengalami komplikasi kesehatan.

Baca Juga: 5 Sumber Probiotik Alami untuk Ibu Hamil, Sehat!

Manfaat Probiotik Saat Hamil

7 Makanan Probiotik untuk Ibu Hamil.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Mengandung bakteri baik, probiotik memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Bahkan, salah satu penelitian yang dilakukan oleh Natural Medicine Journal melaporkan penggunaan probiotik mengurangi kemungkinan mengalami diabetes mellitus gestasional. Adapun manfaat lainnya, di antaranya:

  • Diare infeksi
  • Diare terkait antibiotik
  • Sindrom iritasi usus
  • Penyakit radang usus
  • Vaginosis bakteri
  • Eksim (hasil yang bertentangan)
  • Mengurangi dermatitis atopik anak

Baca Juga: 5 Sumber Probiotik Alami untuk Ibu Hamil, Sehat!

Seberapa Umum Penggunaan Probiotik Selama Kehamilan?

Menurut American Pregnancy Associations, sembelit dan diare menjadi dua sering mengalami ketidaknyamanan umum selama kehamilan, penggunaan probiotik selama kehamilan adalah umum.

Jurnal Obstetri dan Ginekologi Kanada menemukan 45 hingga 93% bidan meresepkan beberapa bentuk produk kesehatan alami untuk ibu hamil.

Makanan yang Mengandung Probiotik Alami Saat Hamil

Probiotik yang paling umum adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces. Banyak ibu hamil yang mengonsumsi suplemen probiotik, tetapi banyak ibu hamil yang ingin tahu dari mana mereka bisa mendapatkan probiotik secara alami. Makanan apa yang mengandung probiotik?

1. Yogurt

7 Makanan Probiotik untuk Ibu Hamil 2.jpeg

Foto: geburtszeit.com

Sumber makanan yang paling umum digunakan untuk memperoleh probiotik secara alami adalah yogurt. Yogurt hidup dan minuman yogurt hidup adalah dua pilihan yang layak. Wah, siapa yang tak suka yogurt ya Moms, selain enak rasanya pun bervariasi.

2. Kefir

Mirip dengan yogurt adalah produk susu fermentasi yang disebut kefir. Kefir melibatkan kombinasi biji-bijian kefir yang difermentasi dan susu kambing. Ini jauh lebih jarang dari pada yogurt berbudaya hidup biasa.

Baca Juga: Ketahui Manfaat dan Efek Samping Minum Kefir

3. Cokelat

7 Makanan Probiotik untuk Ibu Hamil 3.jpeg

Foto: blog.hif.com.au

Moms suka makanan manis, terutama cokelat? Nah, pasti cukup membahagiakan mengetahui bahwa probiotik sering ditemukan dalam cokelat hitam berkualitas tinggi. Tingkat probiotik seringkali jauh lebih tinggi.

4. Miso

Untuk penikmat makanan Asia, sup Miso adalah sumber lain untuk mendapatkan probiotik secara alami. Miso dibuat dari gandum, fermentasi, kacang-kacangan, beras, atau gandum hitam. Ini adalah proses fermentasi yang membawa probiotik.

Baca Juga: Enak dan Lezat, Ini 4 Masakan Berbahan Dasar Tauco

5. Acar

7 Makanan Probiotik untuk Ibu Hamil 4.jpg

Foto: goodtoknow.co.uk

Tak sedikit ibu hamil yang menginginkan untuk mengonsumsi acar dan es krim. Nah, bagi Moms yang mengidolakan keduanya, berita baiknya adalah bahwa acar merupakan sumber probiotik lainnya yang bisa kita konsumsi.

6. Teh

Teh kombucha adalah teh fermentasi yang kaya akan probiotik, memberikan kesempatan bagi ibu hamil untuk minum probiotik mereka. Kabar baiknya adalah kadar kafein dalam teh ini lebih rendah dari teh biasa, meskipun masih ada kafein.

Itulah jenis makanan berprobiotik yang bisa dikonsumsi ibu hamil. Dicoba, ya, Moms!

Artikel Terkait