GAYA HIDUP
28 Juni 2020

Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama. Ini Daftarnya!

Jika dijadikan sebagai menu sarapan, akan mencegah lapar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah perut Moms pernah berbunyi saat akan makan siang, meskipun Moms baru saja sarapan? Hal ini bisa saja terjadi jika kita tidak benar-benar makan makanan yang bisa membuat kita kenyang.

Biasanya kita malah memilih cemilan manis yang tidak membuat kenyang, namun membuat berat badan kita malah bertambah. Daripada memakan camilan tambahan, akan lebih baik jika kita makan makanan yang bikin kenyang lebih lama.

Makanan ini akan membuat kita merasa kenyang dan puas, sehingga tidak lagi merasa lapar sepanjang waktu. Apa saja jenis makanan yang bikin kenyang lebih lama ini? Simak di bawah ini yuk.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Alergi Makanan Pada Anak

Jenis Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Memilih makanan yang bikin kenyang lebih lama, kita harus memilih makanan yang mengandung lemak dan makanan sehat yang dikemas dengan serat.

Jenis makanan ini lebih lambat dicerna, tidak akan meningkatkan gula darah, dan akan memberi Moms energi dan membantu menjaga kebiasaan makan sehat kita. Yuk, langsung kita lihat saja Moms.

1. Telur

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah penelitian dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, LA, menemukan bahwa orang dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi telur untuk sarapannya akan kenyang lebih lama.

"Telur adalah kombinasi sempurna antara protein dan lemak, jadi mereka lebih memuaskan daripada menu makanan sarapan lainnya," jelas Julie Kaye, ahli diet terdaftar di New York City. Khawatir tentang kolesterol?

"Meskipun kandungan tinggi dalam kuning telur, telur bukanlah penyebab utama dalam meningkatkan kolesterol darah," jelas Dr. Julie Kaye. Jika masih khawatir, cobalah putih telur cair, yang juga mengandung protein dan dapat mencegah rasa lapar.

Baca Juga: Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?

2. Avokad

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Foto: Orami Photo Stock

Buah avokad juga membuat kita kenyang lebih lama. Menurut US National Library of Medicine National Institute of Health dalam satu buah avokad ini juga mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

"Makanan tinggi serat dan kaya lemak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, memungkinkan kita mengalami kelaparan secara keseluruhan dan mungkin mengurangi kalori," kata Erin Palinski, penulis Belly Fat Diet yang akan datang.

3. Polong-polong

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang bikin kenyang lebih lama selanjutnya adalah polong-polongan. Satu porsi kacang, lentil, buncis, atau bahkan kacang akan memberikan kombinasi protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan lemak baik.

Menurut Julie McGinnis, ahli diet terdaftar, ahli herbal bersertifikat dan pemilik The Gluten Free Bistro di Boulder, menunjukkan bahwa polong-polongan dapat menjaga gula darah stabil.

Baca Juga: Resep: Sup Kacang Polong

4. Air Putih

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak alasan mengapa kita harus minum banyak air putih. Menurut Elizabeth DeRobertis, ahli diet terdaftar di Harrison di New York, air sangat penting untuk menjaga organ, sendi, jaringan dan sistem pencernaan berfungsi dengan baik, tetapi juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Bahkan, satu studi menunjukkan bahwa partisipan yang minum dua gelas air sebelum makan makan 75 - 90 kalori lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sama sekali.

5. Yogurt

makanan yang membuat kenyang lebih lama

Foto: Orami Photo Stock

Kaya akan kalsium dan rendah gula, yogurt Yunani mengandung protein yang banyaknya dua kali jumlah dalam yogurt biasa dan hampir sama dengan sepotong daging tanpa lemak.

"Protein dalam makanan adalah salah satu faktor utama pendukung rasa kenyang lebih lama," kata Dr. Julie Kaye. Menurutnya makanan kaya protein juga mengandung beberapa lemak dalam jumlah yang bervariasi, yang juga membuat kita kenyang untuk waktyang lebih lama.

Itu dia Moms beberapa jenis makanan yang bikin kenyang lebih lama. Selamat mencoba!

Artikel Terkait