KESEHATAN
15 September 2019

Manfaat Buah Bit untuk Diet, Bisa Buat Langsing!

Si buah merah yang bisa bantu menjaga tubuh tetap langsing
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Tubuh yang langsing dan ideal adalah impian hampir semua wanita. Demi mendapatkan penampilan yang cantik dan menarik, banyak wanita rela melakukan diet ketat demi mendapatkan tubuh impiannya.

Ada yang mengikuti diet OCD, diet nasi, diet garam, diet mediteranian, dan berbagai macam jenis diet lainnya. Namun ada juga yang program diet hanya dengan mengonsumsi buah-buahan yang memang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Yuk Ikuti Tips Diet Ampuh Berdasarkan Zodiak Masing-masing!

Nah, untuk Moms yang memilih diet dengan buah-buahan, buah bit bisa dijadikan sebagai bahan yang tepat. Buah ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk diet lho.

"Buah bit merah telah digolongkan sebagai salah satu sayuran antioksidan yang paling kuat dan merupakan salah satu sumber glutamin terkaya, asam amino yang penting bagi kesehatan, dan baik untuk menjaga saluran usus," kata Faustin Machara, ahli gizi di Rwanda Biomedical Center.

Apa saja manfaat yang diberikan? Yuk kita lihat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah bit untuk diet, manfaat buah bit

Foto: quickanddirtytips.com

Manfaat buah bit untuk diet dapat membantu detoksifikasi dan menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak dan merupakan sumber serat makanan yang baik, setengah larut dan setengah tidak larut.

Kedua jenis ini membantu melawan lemak dengan mempertahankan fungsi usus yang tepat dan menurunkan kadar kolesterol untuk menurunkan berat badan.

Sementara itu, buah bit juga kaya akan magnesium, mineral yang mendukung fungsi saraf, dan otot yang optimal, yang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa kadar magnesium yang tinggi. menyebabkan kadar testosteron yang lebih tinggi. Testosteron adalah hormon yang mendorong hilangnya jaringan lemak dan peningkatan otot.

Baca Juga: Tertarik Mencoba Diet Mediterania? Intip 4 Tipsnya

Karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak, mempertahankan atau membangun otot akan membantu mengurangi berat badan.

Selain itu, buah bit mengandung fitonutrien yang dikenal sebagai betalains (betanin dan vulgaxanthin) yang efektif dalam mengurangi peradangan dan memasok tubuh dengan antioksidan. Betalains juga mendukung detoksifikasi, yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

Meningkatkan Kinerja Atletik

Manfaat buah bit untuk diet, manfaat buah bit

Foto: popsugar.com

Dieudonne Bukaba, ahli nutrisi mengatakan bahwa suplemen jus buah bit telah terbukti meningkatkan oksigenasi otot selama olahraga, jadi menunjukkan bahwa peningkatan asupan nitrat makanan berpotensi meningkatkan toleransi olahraga selama latihan ketahanan jangka panjang.

Ia juga menambahkan bahwa kualitas hidup untuk penderita penyakit kardiovaskular, pernapasan, atau metabolisme, yang merasa aktivitas sehari-hari sulit secara fisik karena kekurangan oksigenasi, dapat ditingkatkan dengan buah bit.

Baca Juga: Cegah Obesitas Pada Anak Dengan 6 Cara Ini

Menurunkan Risiko Obesitas

Manfaat buah bit untuk diet, manfaat buah bit

Foto: entrenamiento.com

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan buah bit dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung, serta meratakan warna kulit dan rambut yang sehat, peningkatan energi, dan membuat berat keseluruhan jadi lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2008 meneliti efek dari menelan 500 mililiter jus bit pada sukarelawan yang sehat dan menemukan bahwa tekanan darah secara signifikan turun setelah konsumsi.

Para peneliti berhipotesis bahwa kemungkinan karena kadar nitrat yang tinggi dalam jus bit dan sayuran nitrat yang tinggi terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengobati kondisi kardiovaskular dan tekanan darah.

Wah, ternyata manfaat buah bit untuk diet beragam ya Moms. Untuk Moms yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan masa otot, cocok mengonsumsi buah bit.

Artikel Terkait